Dipublish pada Jumat, 1 Des 2017 | 09:30

Review ASUS Zenfone 4 Selfie: Dual Kamera Depan Handal Untuk Selfie

Asus zenfone 4 selfie
Dalam beberapa bulan ke belakang, ASUS telah merilis beberapa varian terbarunya ke pasar Indonesia. Setelah membawa ASUS Zenfone 4 Max Pro, Tidak berselang lama, ASUS merilis Zenfone 4 Series yang mengandalkan pada dual kamera depan. 

Dari rangkaian hp ASUS terbaru tersebut, dua diantaranya lebih dikhususkan untuk para pecinta selfie, mencakup ASUS Zenfone 4 Selfie dan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. Keduanya sama-sama sudah dibekali dual kamera depan yang akan memanjakan penggemar selfie. Namun, ada beberapa perbedaan ASUS Zenfone 4 Selfie dan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro yang cukup signifikan.

Saat ini, kami berkesempatan untuk menguji kemampuan ASUS Zenfone 4 Selfie yang juga memiliki desain menarik. Berikut pengalaman kami saat menggunakan ASUS Zenfone 4 Selfie :

Desain

Asus Zenfone 4 selfie
Dibanding ASUS Zenfone Selfie sebelumnya, Zenfone Selfie series generasi terbaru ini mengalami perubahan desain yang cukup signifikan. Bentukanya kekinian dengan bodi yang ramping  dan menggunakan layar lengkung 2,5D. Tepian cover belakang dibuat  agak lengkung yang  menyesuaikan dengan telapak tangan. Bobotnya pun ringan berkisar 144 gram, nyaman digenggam dan dibawa kemana-mana. ASUS Zenfone 4 Selfie juga memiliki garis antena yang melintang dibagian belakang atas dan bawah.  

Dibagian depan tampak layar berukuran 5,5 inci yang siap menjadi media tatap muka  untuk aktivitas Anda. Diatasnya tersemat dual kamera depan beresolusi masing-masing  20MP + 8MP yang mengapit flash LED dan speaker call. Sementara dibawah layar ASUS menempatkan tombol home yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Tidak ketinggalan dua tombol virtual ‘back’ di kiri dan ‘recent’ di kanan.

Tombol power dan volume tetap diletakkan disamping kanan dan port microSD disamping kiri.  Perangkat. Menariknya, ASUS ZenFone 4 Selfie menggunakan triple slot SIM tray yang memungkinkan pengguna memasang dua kartu SIM dan sekaligus slot MicroSD di dalamnya. Jadi Anda tidak harus harus mengorbankan salah satu di antaranya seperti layaknya slot berjenis hybrid. 

Layar

asus zenfone 4 selfie
ASUS ZenFone 4 Selfie menggunakan layar 2.5D berjenis IPS ini berukuran 5,5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720p dan density 268ppi. Tampilan layarnya terlihat lebih luas berkat penggunaan bezel yang tipis hanya berkisar 1.65mm. Anda masih bisa menikmati tampilan layar dari sudut pandang dengan kemiringan tertentu. Hanya saja, layarnya tidak nyaman saat dilihat di bawah sinar matahari yang cerah.

Meski demikian, layar ini masih cukup baik saat digunakan untuk browsing, bermain game, melihat foto, dan menonton video. Apalagi sudah disediakan fitur Bluelight filter yang akan membantu mengurangi kelelahan mata saat beraktivitas dalam waktu yang lama. 

OS dan ZenUI

asus zenfone 4 selfie
Sebagai hp generasi terbaru, ASUS Zenfone 4 Selfie tentunya sudah berjalan dengan OS Android 7.1.1 Nougat menggunakan kustom ZenUI. Kabar baiknya, ASUS tidak menanam banyak aplikasi bawaan yang bisa mengurangi memori perangkat. Anda hanya akan menemukan aplikasi bawaan Google serta 2 aplikasi sosial media (Facebook dan Instagram).

Meski demikian, untuk sistem saja memori internal sudah terpangkas lebih dari 12GB. Untungnya, ASUS membekali perangkat ini dengan ruang penyimpanan internal yang besar yaitu 64GB. Sehingga masih menyisakan ruang yang cukup lapang untuk menginstal aplikasi favorit lain.

Tidak hanya itu, ASUS masih menyertakan beberapa fitur berguna yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan penggunaan sehari-hari. Ada fitur Twin Apps untuk menduplikasi aplikasi menjadi 2, seperti Facebook, Whatsapp, Instagram dan lainnya. Keuntungannya Anda bisa menggunakan 2 akun pada aplikasi tersebut secara bersamaan.

asus zenfone 4 selfie

Lalu ada juga Zen Motion yang membawa banyak fitur menarik, seperti mengetuk layar 2x untuk membuka dan mengunci layar serta menuliskan huruf tertentu untuk membuka aplikasi favorit saat layar keadaan terkunci. Cukup berguna, terutama saat ingin mengakses aplikasi dengan cepat tanpa harus membuka kunci layar.

Atau bagi yang lebih banyak menggunakan sepeda motor, bisa mengaktifkan fitur Glove Mode agar tetap bisa menggunakan perangkat meski menggunakan sarung tangan. Semua fitur ini bisa Anda temukan pada menu ASUS Customized Setting.

Dual Kamera Selfie

asus zenfone 4 selfie
Kamera selfie menjadi daya tarik dari ASUS Zenfone 4 Selfie. Sesuai namanya yang membawa embel-embel selfie, perangkat ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Karena ASUS telah memasang sistem dual kamera dibagian depan yang akan memanjakan pecinta selfie. Tidak main-main, konfigurasi yang ditanamkan sudah memakai kamera beresolusi 20MP + 8MP.

Hasil foto yang ditawarkan kamera depan ini sangat baik, foto terlihat tajam dan detail. Foto selfie didalam ruang pun tidak masalah, objek masih terlihat jelas meski kualitasnya berbeda saat diluar ruangan. Apalagi sudah tersedia flash LED yang akan berguna saat berselfie di ruang minim cahaya.  

Tersedia pula pilihan selfie dengan efek bokeh (Portrait Mode). Dengan Portrait mode, efek depth-of-field semakin terasa karena background bisa tampak lebih blur dan membuat subjek menjadi titik fokus dalam hasil fotonya. Caranya, saat berada didalam aplikasi kamera, Anda cukup tekan ikon yang ada dimenu atas. Jika muncul notifikasi portrait pada layar, itu tandanya kamera siap memotret dalam modus efek bokeh.

Hasil Foto ASUS Zenfone 4 Selfie

hasil foto asus zenfone 4 selfieHasil foto outdoor

hasil foto asus zenfone 4 selfieHasil foto low light

hasil foto asus zenfone 4 selfieHasil foto selfie

Atau ingin berfoto selfie dengan lebih banyak orang, Anda cukup beralih ke kamera wide-angle 120 derajat (8 MP) dengan menekan ikon khusus dibagian bawah.  Selain itu, ASUS Zenfone 4 Selfie sudah memiliki aplikasi Master Selfie yang telah mengintegrasikan beauty mode untuk video, foto, hingga streaming.  

Sektor imaging makin lengkap dengan keberadaan kamera belakang yang memiliki resolusi 16MP yang memiliki sudut pandang cukup luas, hingga 80 derajat. Kamera ini dilengkapi sistem Phase Detection AutoFocus (PDAF) yang dapat menemukan fokus dengan sangat cepat, hanya dalam 0,03 detik. Tidak ketinggalan, ASUS turut menyertakan fitur efek bokeh di kamera belakang hanya menyentuh menu khusus portrait.  

Secara umum, kualitas kamera depan dan belakang di ASUS Zenfone 4 Selfie ini sangat baik. Karena sudah ditenagai teknologi PixelMaster 4.0 untuk pengambilan gambar dalam beraga, variasi modus. Seperti auto, beauty, portrait, selfie panorama, GIF animation, dan 9 filter. Tersedia pula opsi modus Pro untuk Anda yang gemar bereksplorasi dengan kamera. Hanya saja pilihan masih cukup terbatas. Anda hanya dimungkinkan untuk mengatur shutter speed, ISO (100- 3200) dan white balance. 

Performa

asus zenfone 4 selfie
ASUS memang tidak membekali Zenfone 4 Selfie dengan prosesor yang bertenaga. Namun, mereka lebih memilih prosesor hemat daya yang bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan performa baterai. ASUS Zenfone 4 Selfie ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 430, sebuah prosesor octa ore yang memiliki kecepatan clock 1.4GHz. Memang bukan prosesor yang cepat, tapi masih cukup oke untuk penggunaan sehari-hari.

Apalagi sudah disokong memori RAM 4GB yang menjamin kelancaran saat beraktivitas secara multitasking. Membuka banyak tab di browser sambil mendengarkan musik, beraktivitas di sosial media, hingga aktif melakukan chat di aplikasi pesan instan masih cukup lancar. Hanya saja, kemampuan prosesor ini benar-benar diuji ketika memainkan game dengan grafis tinggi. Dimana selama bermain masih ditemui beberapa lag. Meski demikian, ASUS Zenfone 4 Selfie memang tidak diciptakan untuk menangani game berat.

Di sektor  sumber daya, ASUS Zenfone 4 Selfie menggunakan baterai berkapasitas 3.000 mAh. Sebuah kapasitas baterai yang bisa dikatakan cukup standar, namun performanya diimbangi dengan manajemen daya yang cukup baik. Untuk penggunaan normal sehari-hari, baterai ASUS Zenfone 4 Selfie sanggup menyuplai daya hingga 14 jam lebih. Sedangkan untuk pemakaian yang lebih aktif baterainya bisa bertahan selama 10 jam.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 7
Ukuran Layar 5.5 inch
Screen Resolution 1280 x 720 Pixel
Detail Prosesor Snapdragon 430
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Adreno 430
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Depan 20 MP
Resolusi Kamera Depan 2 8 MP
USB microUSB
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

ASUS Zenfone 4 Selfie memang sangat menonjol pada kemampuan kamera depannya. Dengan konfigurasi resolusi 20MP + 8MP, dual kamera depannya memberikan kualitas yang mumpuni. Apalagi didukung banyak fitur yang makin memanjakan penggemar selfie. Jadi jika Anda adalah pecinta selfie yang mengutamakan desain yang memikat, mungkin ASUS Zenfone 4 Selfie bisa masuk ke dalam daftar pertimbangan Anda.

Baca juga artikel :

Review Asus Zenfone 4 Max Pro: Dual Kamera dan Baterai Besar Jadi Daya Tarik 

Review Asus Zenfone Zoom S: Pelopor Hape Dual Kamera di Lini Zenfone Series 

Review Asus Zenfone 3 Max ZC553KL: Layar Lebih Lebar, Baterai Tetap Gahar 

Share :
Nur Abdillah

Nur Abdillah

Content Writer

1361 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.

ARTIKEL TERKAIT

HARGA TERENDAH DENGAN PRODUK TERKAIT