Diperbaharui pada Rabu, 21 Juni 2023 | 18:32

Acer Predator Helios 16, Minimalis Tapi Performa Bikin Meringis

Acer Predator Helios 16

Acer perkuat lini laptop gaming Helios mereka dengan menghadirkan Acer Predator Helios 16. Usut punya usut, laptop ini sempat viral beberapa waktu lalu sebelum diluncurkan di Indonesia dikarenakan wujud atau desainnya yang kini mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Ditambah dengan dukungan prosesor 13th Gen Intel® Core™ i9-13900HX yang dipadukan dengan kartu grafis varian RTX 40 Series membuat Acer Predator Helios 16 2023 ini semakin pantas digunakan para gamer profesional, konten kreator, hingga developer meski sepintas tampilannya tetap membumi.

Desain Minimalis Tapi Komplit

Acer Predator Helios 16

Bicara soal tampilan, Acer menampilkan Predator Helios 16 ini dengan desain yang segar dan berbeda dari generasi sebelumnya. Tampilannya tidak lagi bulky seperti laptop Helios 300 sebelumnya. Berbalut warna hitam dengan bentuk lebih minimalis layaknya laptop profesional atau laptop standar tapi dengan lampu LED khusus yang menyala di bagian belakang saat digunakan.

Logo Predator yang terdapat di bagian atas laptop kini berukuran lebih kecil dan terlihat dengan jelas dalam warna silver. Layar laptop ini memiliki panel LED Mini WQXGA berukuran 16 inci dengan resolusi tinggi. Layar ini juga mendukung DCI-P3 100% Gamut Warna dan memiliki refresh rate hingga 240 Hz, memberikan pengalaman visual yang lebih tajam dan detail.

Acer Predator Helios 16

Laptop ini dilengkapi dengan touchpad dan keyboard yang memiliki lampu latar per-key RGB dengan lampu LED Mini. Lampu ini lebih hemat daya dan memberikan pencahayaan yang lebih seragam dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Keyboard-nya responsif dan nyaman digunakan, sama halnya dengan touchpad-nya.

Tidak lupa, keyboard ini dilengkapi dengan tombol pintas mode dan tombol cepat untuk aplikasi utilitas PredatorSense. PredatorSense memudahkan pengguna dalam menyesuaikan pengaturan laptop sesuai keinginan, dan juga memungkinkan pemilihan mode operasi seperti Quiet (Senyap), Balanced (Seimbang), Performance (Performa), dan Turbo (overclock total, kipas total) untuk memaksimalkan performa laptop dan mengontrol pencahayaan serta kipas saat digunakan.

Performa Canggih dan Lebih Buas

Acer Predator Helios 16

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Acer menghadirkan prosesor 13th Gen Intel® Core™ i9-13900HX yang secara signifikan mampu meningkatkan performa laptop saat digunakan untuk berbagai aktivitas seperti bermain game, mengedit video, dan tugas-tugas intensif lainnya.

Tapi tidak hanya itu, Predator Helios 16 ini juga menggunakan arsitektur hibrida terbaru yang mampu menyesuaikan diri dengan beban kerja.

Memiliki total 24 core dan 32 thread, Acer memberikan peningkatan performa sebesar 46% pada Helios 16 2023 ini dibandingkan generasi sebelumnya. Lebih mengagumkan lagi, dengan peningkatan tersebut Acer Predator Helios 16 ini memiliki waktu rendering video 43% lebih singkat.

Laptop ini juga sudah dilengkapi dengan penyimpanan SSD NVMe PCIe berkecepatan tinggi hingga 2TB, serta dilengkapi dengan GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 40 Series, termasuk RTX™ 4070 terbaru yang sangat cepat. Sebagai informasi, GPU jenis ini diklaim menjadi salah satu kartu grafis andalan terbaru pada laptop high-end.

Acer Predator Helios 16

Teknologi NVIDIA Ada Lovelace Architecture memberikan pengalaman visual yang tajam dan detail saat bermain game AAA. Laptop ini juga dilengkapi dengan Tensor Cores generasi ke-4 terbaru dan Optical Flow Accelerator di GPU GeForce RTX 40 Series, serta DLSS 3 yang memanfaatkan kecerdasan buatan sehingga membuat laptop ini menghasilkan frame tambahan berkualitas tinggi serta mampu menciptakan pengalaman dunia virtual yang menakjubkan.

Beberapa game AAA terbaru seperti Call of Duty: Modern Warfare II dan Monster Hunter Rise: Sunbreak pun mampu dimainkan dengan lancar tanpa lag yang mengganggu. Visual yang ditampilkan juga halus dan memukau.

Laptop Acer Predator Helios 16 ini memiliki sistem pendinginan yang canggih dan lengkap, dengan fitur #PastiDingin. Sistem ini termasuk kipas 3D AeroBlade Generasi ke-5 terbaru, pipa pemanas vektor, dan efek pendinginan dengan pelumas termal logam cair pada CPU. Hal ini menjaga suhu laptop tetap dingin dan baterai tidak cepat terkuras saat digunakan dalam berbagai aktivitas.

Koneksi juga tidak perlu dikhawatirkan, karena laptop ini didukung oleh Intel® Killer™ Ethernet E2600 Controller dan Intel® Killer™ Wi-Fi 6E AX1675i. Koneksi internet yang cepat ini memungkinkan pengguna untuk bermain game online, mendownload file, browsing internet, mengakses media sosial, dan aktivitas lainnya yang membutuhkan koneksi yang stabil dan cepat.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 16 inch
Resolusi Layar 2560x1600 Pixel
Tipe Prosesor Core i9
Jumlah Core -
Nomor Prosesor 13900HX
Kecepatan Prosesor 5.4 GHz
RAM 16 GB
Kecepatan RAM 5600 MHz
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis NVIDIA
Weight 2.7 kg
Dimensions 3570 x 2780 x 2690 mm
Battery 4-cell, 90WHrs
Tipe Kartu Grafis GeForce® RTX4070
Processor Brand Intel
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Harga Acer Predator Helios 16

Acer Predator Helios 16

Dengan banyaknya perubahan serta tambahan performa, Acer Predator Helios 16 yang memiliki kombinasi 13th Gen Intel® dengan Core™ i9-13900HX dan GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 4070 dibanderol di harga mulai dari Rp 37.999.000. Laptop gaming Acer terbaru ini bisa didapatkan melalui Acer Official Store Indonesia secara online maupun offline.

Acer juga menyertakan paket garansi yang menarik selama 3 tahun yang mencakup 3 tahun service, 3 tahun jaminan suku cadang serta 1 tahun Acer Priority Care (accidental damage protection serta layanan prioritas) dalam setiap pembelian Acer Predator Helios 16 Series. 

Selain itu, jangan lupa untuk mengecek terkait informasi seputar produk terbaru Acer dan promo terkini yang bisa kamu cek tiap bulannya dengan mengakses Acer eStore dan website Acer Indonesia.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1724 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.