Dipublish Pada Jumat, 22 Jul 2022 | 11:45

Review POCO Buds Pro Genshin Impact Edition: Cuma Gimmick?


Dalam review POCO Buds Pro special edition Genshin Impact ini, Pricebook akan test beberapa fitur TWS ini, mulai dari Active Noise Cancellation, konektivitas, sampai performanya.

Apalagi POCO Buds Pro Special Edition ini banyak yang bilang mirip Redmi Buds 3 Pro. Bahkan ada juga yang bilang kalo TWS special edition ini cuma gimmick.

Benarkah demikian? Berikut hasil review POCO Buds Pro special edition Genshin Impact.

Desain


POCO Buds Pro Special Edition ini punya desain ergonomis dengan bentuk casing oval di tepian sudutnya. Ukurannya yang compact membuatnya mudah untuk dimasukkan ke kantong baju atau celana.

Apalagi dilengkapi dengan backpack Klee, jadi bisa digantung juga biar lebih keren, Material TWS-nya menggunakan bahan plastik polikarbonat dengan build quality nya yang cukup kokoh.

Karena ini Special Edition Genshin Impact dengan karakter Klee, jadi POCO Cuma nyediain satu varian warna, yaitu merah. Masih mirip dengan Redmi Buds 3 Pro, TWS ini juga keliatan banget stylish dan elegan. 

Finishing material permukaan matte pada charging case jadi gak gampang ninggalin bekas sidik jari. Di bagian depan bodi ada LED indikator dan tombol kecil untuk mengaktifkan proses pairing Bluetooth, port USB-C untuk charging yang ada di bawah, dan juga ada logo Klee di bagian belakangnya.

Untuk Buds-nya, POCO juga menggunakan tekstur glossy, persis Redmi Buds 3 Pro. Kalo di Redmi Buds 3 Pro ngasih kesan mewah, nah di sini kesannya jadi agak girly pemberani.


Untuk eartip-nya, POCO Buds Pro menyediakan 3 jenis ukuran yang bisa kalian sesuaikan nantinya di telinga. Dan hasilnya bagus semua. Karena pakai teknologi terbaru Bluetooth 5.2, jadi pas buka case-nya proses deteksi gak nyampe 3 detik untuk di-pairing.

Jika sudah kesambung dengan device nantinya muncul pop up TWS yang menunjukkan status baterai. Untuk hp selain Xiaomi bisa install aplikasi Mi Buds M8 untuk kustomisasi pengaturannya.

Dengan kustomisasi ini, ada salah satu menu yang menarik perhatian, yaitu Find My Earbuds. Jadi misalnya lupa bisa gunakan fitur ini, dengan catatan baik case maupun kedua Buds-nya harus terkoneksi bluetooth.

Selain udah pake Bluetooth 5.2, POCO Buds Pro Special Edition ini juga punya Dual Device Connectivity yang memungkinkan Buds digunakan di device yang lain tanpa memutuskan sambungan di device yang pertama. 

Tapi jangan lupa untuk pencet tombol kecil yang ada di depan untuk pairing ke device kedua.

Kualitas Audio


Bicara soal kualitas audio memang subjektif, tergantung pada preferensi masing-masing pengguna. Untuk yang punya spesifik kebutuhan mendengerkan musik, POCO Buds Pro Special Edition ini bukan TWS yang tepat.

Tapi kalo cuma buat dijadikan aksesoris pelengkap sekaligus geek Genshin Impact, ini adalah pilihan yang tepat. TWS ini cocok dipakai di luar ruangan atau untuk aktivitas olahraga, karena dilengkapi dengan rating IPX4 yang aman dan tahan percikan air.

Spesialnya, POCO Buds Pro masih mempertahankan fitur Active Noise Cancellation hingga 35dB yang ada di Redmi Buds 3 Pro. Dengan fitur ini, TWS bisa meredam suara bising yang ada di luar dengan setingan mulai dari Adaptive sampe Deep.

Untuk kualitas peredaman suaranya juga bisa dibilang oke. Saat digunakan mendengarkan musik di setingan Deep mode, kita bisa fokus dengerin suara musiknya saja. Untuk kualitas musiknya, sayang suara bass masih kurang.

Suaranya cenderung flat dan dominan treble. Tapi untuk urusan vokal, mau High, Mid, atau Low semuanya kedengaran dengan baik.

Walaupun latensinya ada di sekitaran 50ms, ternyata saat main Genshin Impact dengan setingan grafis low 30fps, masih ada delay. Tapi ini masih wajar, karena di luaran sana yang klaim-nya TWS gaming, tapi latensinya ada di sekitaran 90ms dan delay-nya lumayan daripada POCO Buds Pro ini.

POCO Buds Pro juga punya fitur In-Ear Detection untuk mendeteksi Buds sudah masuk ke telinga atau belum. Jadi saat salah satu Buds di lepas dari telinga maka otomatis akan mati sendiri. 

Daya Tahan

POCO Buds Pro mempunyai kapasitas baterai 35mAh untuk masing-masing Buds-nya yang bisa bertahan hingga 6 jam. Sementara dengan charging case memiliki kapasitas 470mAh yang bisa menopang penggunaan hingga 28 jam. 

Untuk pengisian daya case nya sudah didukung dengan fitur fast charging menggunakan kabel USB Type-C. Yang menarik, POCO Buds Pro sudah mendukung wireless charging dimana logo Klee-nya sebagai indikator charging.

Spesial Edition


Selain fitur noise cancellation, sebenarnya printilan Genshin Impact bisa menjadi nilai tambah. Mulai dari backpack case Klee yang punya build quality oke.

Bahannya kulit dengan finishing matte yang tidak meninggalkan sidik jari, logo Pyro-nya yang warna merah, terus jaitan backpack-nya juga rapi.

Kesimpulan

POCO Buds Pro Special Edition ini adalah gimmick dari Xiaomi untuk nge-treat gamers Genshin Impact. Secara spesifikasi di buku panduannya terlihat seri model TWS ini yaitu TWSEJ01ZM. Saat googling nomor modelnya, yang muncul adalah Redmi Buds 3 Pro. 

\Meski demikian, tidak ada masalah kok dengan gimmick ini, soalnya POCO juga tidak menghilangkan semua kualitas yang ada di Redmi Buds 3 Pro. Mulai dari fitur ANC-nya, Dual Connectivity Device, kualitas audio, sampai yang terbaru yaitu ada suara Klee-nya yang jadi suara notifikasi.

Untuk fungsional disarankan memilih Redmi Buds 3 Pro karena memang tidak ada yang berubah dari POCO Buds Pro Special Edition ini. Tapi untuk penggemar Genshin Impact dan punya hobi jadi kolektor juga, maka POCO Buds Pro ini sangat layak untuk dimiliki.

Simak juga video review POCO Buds Pro Special Edition di channel Youtube Pricebook dibawah ini :

Content Writter

2543 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.