Dipublish Pada Selasa, 7 Jun 2022 | 19:00

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop 4G Anti Bakteri

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), laptop konvertibel dengan bodi kuat dan serbaguna khusus dirancang untuk bekerja serta belajar.

Desain convertible yang dimiliki ExpertBook B3 Flip (B3402) memungkinkan Anda menggunakannya sebagai tablet. Dukungan stylus juga makin memperkuat gaya dinamis dari laptop ini.

ExpertBook B3 Flip kali ini hadir dengan desain yang sangat pas dan cocok untuk masa hybrid seperti saat ini. Biasanya, laptop bisnis jarang berhubungan dengan sekolah, namun ASUS berpikir bahwa menggabungkan keduanya bukanlah hal yang tabu.

Desain 360 Derajat, Lebih Fleksible

Jika dilihat dari kejauhan, Asus ExpertBook B3 Flip layaknya sebuah laptop pada umumnya. Bagian penutup terbuat dari logam, yang memberikan sentuhan dingin namun kokoh dan kuat. Hadir dengan layar 14-inci, menjadikannya terlihat lebih penuh dengan layar dibandingkan bodi.

Bezzel yang disuguhkan tak terlalu besar, namun cukup kokoh untuk menopang layar yang cukup lebar untuk tubuhnya yang mungil. Layar multisentuh memberikan masukan intuitif untuk pembelajaran modern dan pengalaman kerja.

Asus ExpertBook B3 Flip dilengkapi dengan engsel 360° untuk fleksibilitas tampilan total. Dengan begini, perspektif kamera laptop juga lebih fleksible dalam penggunaannya, terlebih karena laptop ini memiliki 2 jenis kamera berbeda.

Karena fleksibilitasnya yang unik, Asus ExpertBook B3 Flip ini dapat digunakan dalam mode tablet untuk membuat catatan dan belajar. Ada juga Tent Mode untuk memudahkan revisi dan mengambil foto.

Selain 2 mode di atas, ada juga Stand Mode yang memberi kemudahan pengguna ketika rapat atau presentasi. Agar pengalaman penggunaan layar sentuhnya maksimal, ExpertBook B3 Flip (B3402) dibekali dengan stylus yang dapat disimpan di kompartemen khusus di bodi laptop ini.

Tidak seperti stylus laptop berbasis Windows pada umumnya yang mengharuskan Anda untuk mengganti baterai atau mengisi ulang daya stylus secara berkala menggunakan charger eksternal, stylus di ExpertBook B3 Flip (B3402) otomatis diisi dayanya saat disimpan di dalam kompartemen khususnya.

Waktu pengisian dayanya pun sangat cepat. Stylus ExpertBook B3 Flip (B3402) dapat digunakan selama 45 menit dengan waktu pengisian daya hanya 15 detik saja.

Tidak hanya sekadar stylus, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga hadir dengan fasilitas input yang tidak ada di laptop pada umumnya yaitu NumberPad 2.0. Fitur yang menyatu dengan touchpad di ExpertBook B3 Flip (B3402) ini memungkinkan Anda untuk menggunakan touchpad sebagai numpad hanya dengan melalui tombol khusus di permukaan touchpad.

Aman dengan Standar Militer dan Anti Bakteri

Asus ExpertBook B3 Flip juga dirancang untuk memenuhi dan melampaui standar ketahanan industri yang ketat, termasuk standar militer (AS MIL-STD 810H). Kualitas ini cukup bisa memastikan bahwa laptop flip terbaru Asus ini dapat digunakan oleh semua jenis bidang pekerjaan.

Ditambah dengan beberapa fitur perlindungan yang nyaman, termasuk ASUS Antibacterial Guard. Lapisan anti bakteri tersebut terbuat dari bahan khusus yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri hingga 99%. Penggunaan lapisan anti bakteri ini juga telah teruji secara ilmiah berstandar ISO 22196 dan JIS Z 2801.

ASUS Antibacterial Guard juga dibuat untuk tahan terhadap produk pembersih berbasis alkohol dan air asam hipoklorit, sehingga mudah untuk menjaga permukaan B3 Flip tetap bersih dan sehat.

Berbeda dengan layar laptop pada umumnya, layar Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) bersertifikasi TÜV Rheinland untuk perawatan mata sehari-hari dengan tingkat paparan radiasi sinar biru 70% lebih rendah berkat fitur Eye Care.

ExpertBook B3 Flip (B3402) tentu telah dibekali dengan modul TPM 2.0 untuk melindungi data penggunanya. Selain itu, laptop ini juga dibekali dengan pembaca sidik jari yang tidak hanya memudahkan Anda untuk login ke dalam Windows, tetapi juga mencegah orang lain mengetahui password Anda.

Di bagian Keyboard diperkuat dengan braket internal dengan lapisan kedap air yang dapat mengatasi tumpahan cairan hingga 330 cc tanpa membahayakan.

Fitur Privasi juga terdapat di laptop ini, seperti webcam shield yang dapat menutup webcam secara fisik sehingga aman dari ancaman spionase, hingga secure file shredder yang memastikan data dapat benar-benar dihapus dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Keduanya merupakan fitur yang sangat penting bagi kalangan pebisnis yang harus selalu mamastikan datanya hanya bisa diakses oleh orang-orang yang tepat.

Semua port-nya juga hadir dengan struktur penahan khusus sehingga meminimalisir kerusakan secara fisik. Serta yang terakhir bodi laptop ini diperkuat dengan rangka khusus yang sangat tangguh sehingga tetap aman untuk dibawa bepergian.

Kecil, Gesit dan Irit

Asus ExpertBook B3 Flip hadir tanpa menahan diri, ini dibuktikan dengan keberadaan Intel Core i7-1165G7 (Tiger Lake) yang bekerja dengan clock dasar 2,8 GHz. Prosesor model ini dapat ditingkatkan menjadi 4,1 GHz (empat core) atau 4,7 GHz (satu core).

Selain i7, Asus juga menyediakan model i5 untuk harga yang lebih terjangkau, namun tetap hadir dengan fleksibilitas dan fitur terbaik yang dimiliki.

CPU yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread tersebut sudah sangat mumpuni untuk menunjang kebutuhan komputasi sehari-hari. Grafis Intel Iris X juga tersemat dengan ciamik di dalamnya.

Keberadaan grafis ini mampu menghadirkan komputasi cepat dan responsif dengan kinerja yang lebih menyenangkan. Guna mengedepankan performa, Asus juga memberikan media penyimpanan berupa NVMe PCIe SSD 3.0.

Kemampuan multitasking-nya juga sudah sangat mumpuni karena telah dibekali dengan RAM DDR4 3200MHz dengan kapasitas yang dapat di-upgrade hingga 48GB.

Anda tidak perlu khawatir kehabisan memori saat bekerja menggunakan laptop ini.

Internet Aman, Bisa Pakai 4G LTE dan WiFi 6

Ada hal unik lain yang tidak ditemukan di kebanyakan laptop, yakni sebuah slot kartu SIM layaknya smartphone. Slot kartu SIM combo yang juga berfungsi sebagai pembaca kartu MicroSD tersebut dapat menampung kartu SIM berukuran nano yang mendukung jaringan 4G LTE.

Asus sudah membekali ExpertBook B3 Flip (B3402) dengan antena dan modem 4G LTE internal sehingga laptop ini dapat langsung terhubung ke jaringan 4G LTE.

Laptop ini juga sudah dibekali dengan fitur hotspot sehingga dapat membagikan koneksi 4G LTE-nya ke perangkat lain melalui WiFi, benar-benar seperti sebuah smartphone dengan tenaga laptop dan Windows.

Tak hanya itu, teknologi WiFi 6 terbaru yang sangat cepat dan stabil juga ditanamkan untuk memperlancar kegiatan pembelajaran online dan pertemuan bisnis.

ASUS juga meningkatkan kemampuan teknologi WiFi Master mereka untuk koneksi WiFi yang lebih cepat dan andal pada jarak yang lebih jauh dari sebelumnya.

Lengkap dengan AI Noise Cancelling

Untuk meningkatkan pembelajaran jarak jauh dan konferensi profesional, di dalam Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) dibenamkan teknologi peredam bising AI dua arah yang menggunakan teknik pembelajaran mesin yang canggih.

Teknologi ini mencakup fungsi upstream untuk menyaring kebisingan di sekitar speaker, dan fungsi downstream untuk menghilangkan kebisingan dari lawan bicara. Semua fitur ditingkatkan untuk mendapatkan pengalaman menyeluruh dalam bekerja dan belajar hybrid.

Fitur lain yang tidak kalah menarik di ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah adanya kamera kedua. Kamera yang diberi nama World Facing Camera tersebut sengaja ditempatkan tepat sejajar dengan keyboard dan menghadap ke atas ketika laptop digunakan dalam mode clamshell standar.

Namun saat digunakan pada mode tent ataupun tablet, kamera tersebut berfungsi layaknya kamera utama di smartphone karena posisinya yang berada di balik layar laptop ini. World Facing Camera tersebut juga menggunakan modul kamera yang lebih baik dengan sensor beresolusi 13MP.

Kamera khusus dengan penempatan unik ini membuat ExpertBook B3 Flip (B3402) menjadi laptop asus terbaru yang sangat fleksibel dan dapat digunakan di banyak aktivitas.

Pengaturan kamera ganda yang unik ini mengatasi keterbatasan perangkat kamera tunggal, memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video dalam mode apa pun untuk tugas apa pun, seperti kegiatan belajar mengajar dimana siswa dapat merekam atau mengambil gambar papan tulis langsung dari tempat duduknya, atau digunakan untuk menampilkan konten augmented reality.

Konferensi video dan pengalaman belajar jarak jauh juga ditingkatkan dengan teknologi 3D noise-reduction (3DNR) yang inovatif pada webcam Asus ExpertBook B3 Flip.

Teknologi 3DNR ini mampu mengurangi hingga 94% efek buruk yang secara alami memengaruhi kamera, terutama dalam situasi cahaya redup, meningkatkan kualitas gambar tanpa memengaruhi tingkat eksposur atau detail.

Uji Kemampuan, Pakai Mode Turbo Makin Ngacir

Kami langsung mencoba pada pengaturan mode turbo, laptop Asus ExpertBook B3 Flip ini dapat ditingkatkan menjadi 4,1 GHz (empat core) atau 4,7 GHz (satu core). Prosesor mendukung Hyperthreading dan dapat menangani dua rangkaian per core-nya.

Selama pengujian benchmark Cinebench R15 multi-thread, prosesor berjalan pada 3,4 hingga 4,1 GHz dan selama pengujian single-thread, kecepatan clock berkisar antara 1,8 hingga 4,7 GHz.

Dengan menjalankan pengujian menggunakan benchmark Cinebench R15 dalam satu lingkaran selama minimal 30 menit, kami menentukan apakah CPU Turbo aktif secara permanen. CPU Turbo berlangsung sekitar dua menit menggunakan semua core.

Selanjutnya, tiga dari empat core berjalan pada kecepatan clock tepat di bawah clock dasar. Profil energi 'High Performance' mengarah pada peningkatan kecepatan clock.

Kesimpulan

Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah laptop paling tepat untuk Anda yang membutuhkan laptop convertible dengan yang tahan banting dan memiliki konektivitas paling lengkap.

Tidak hanya mendukung stylus, tetapi juga memiliki sasis yang kuat dan tipis. Dibekali dengan Anti Backterial yang membuatnya selalu higienis serta tambahan dual kamera yang semakin memberikan fleksibilitas tinggi.

Secara keseluruhan baik spesifikasi, fitur, dan juga kegunaan, laptop ini sangat modern dan fleksibel tentunya untuk target pelajar, guru, dan karyawan yang sekarang sudah menjalankan Work From Everywhere atau kerja di mana saja.

Content Writter

1793 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.