Dipublish pada Kamis, 7 Apr 2022 | 21:45

Review Xiaomi 12 Pro, Bodi Sandwich Performa Galak

Review Xiaomi 12 Pro

Xiaomi sukses menempati posisi ketiga dalam pangsa pasar smartphone di seluruh dunia (12%), di belakang Apple (22%) dan Samsung (20%) di Q4 2021 menurut Counterpoint. Sederet produk smartphone flagship terbaik pun sudah dilahirkan Xiaomi.

Sebelumnya, ada Xiaomi 11T Pro dan juga jajaran Xiaomi Mi 11 hingga Mi 11 Ultra yang menjadi bukti kualitas terbaik dari smartphone flagship Xiaomi yang dilengkapi dengan pengisian daya cepat 120W hingga sensor kamera 1 inci yang fenomenal.

Kali ini, tepat di tahun 2022, generasi hp flagship terbaru seri Xiaomi 12 yang dipersenjatai dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 resmi dihadirkan di Indonesia. Kali ini kami diberi kesempatan untuk mengulik langsung versi Xiaomi 12 Pro yang kami yakini merupakan versi tertinggi seri hp flagship terbaru Xiaomi ini jika tidak ada versi 12 Ultra.

Banyak hal menarik yang ditanamkan Xiaomi pada tubuh 12 Pro selain prosesor terbaru yang bekerja lebih cepat.

Desain

Review Xiaomi 12 Pro

Xiaomi memberikan sentuhan tipis dan ramping dengan layar luas pada seri 12 Pro kali ini. Menariknya, ada unsur Gorilla Glass 5 yang membalut bodi bagian belakang Xiaomi 12 Pro, ini menjadikannya cukup aman dari bekas sidik jari.

Hanya saja, keberadaan lapisan Gorilla Glass 5 sedikit membuat bagian belakang Xiaomi 12 pro terasa licin, terbukti saat pengujian sempat beberapa kali hampir terlepas dari genggaman.

Tapi meski demikian, model desain sandwich kaca dan logam alumunium ini cukup menyegarkan mata bagi kami karena ini datang dari Xiaomi.

Tidak hanya itu, bobot hp Xiaomi 12 Pro ini juga hanya 105 gram, bahkan lebih ringan dari sebuah powerbank 10.000mAh.

Xiaomi 12 Pro berukuran lebar 74.6mm dengan kedalaman 163.6mm dan tebal 8.16mm serta tambahan tonjolan rumah kamera belakang yang sedikit lebih tebal.

Layar

Review Xiaomi 12 Pro

Layar AMOLED 6,73 inci dengan rasio 20:9 menghasilkan format tinggi, sangat bagus untuk membaca teks dan melihat halaman web serta streaming dan bermain game dalam waktu yang lama.

Desain Curved-nya juga sangat halus di sepanjang tepi layar yang panjang memberikan tampilan bezel nol, sedangkan bezel di tepi bawah sangat kecil. Semua ini menghasilkan rasio screen to body sebesar 89,5%.

Panel yang digunakan juga termasuk jenis LTPO 2.0 OLED, yang berarti kecepatan refreshnya dapat bervariasi dari 1Hz hingga 120Hz. Teknologi ini cukup memberi keuntungan pada baterai, terutama saat layar statis, bahkan mampu memperhalus pergeseran layar dan juga tampilan animasi.

Review Xiaomi 12 Pro

Resolusi WQHD+ (1.440 x 3200, 522ppi) menghasilkan teks dan gambar yang tajam dan jelas. Tingkat sampling sentuh 480Hz layar membuatnya terasa sangat responsif, sementara dukungan warna 10-bit berarti dapat menampilkan 1,07 miliar warna, ditambah keberadaan HDR 10 Plus, Dolby Vision, dan TrueColor.

Layar ini juga mendukung tingkat pengambilan sampel sentuh hingga 480Hz, yang berarti tampilan merespons input sentuh lebih cepat. Sangat berguna untuk para gamer, itu sebabnya kemampuan ini hanya bisa diaktifkan ketika pengaturan Game Turbo telah aktif selama bermain game.

Ponsel ini mengusung upconverter Resolusi Super yang tersedia pada Mi 11 tahun lalu. Alat ini meningkatkan konten SD ke HD, dan konten HD ke WQHD+. Idenya adalah untuk membuatnya lebih menyenangkan untuk menonton video lama yang direkam pada resolusi yang lebih rendah.

Kamera

kamera Xiaomi 12 Pro

Di atas kertas, kamera Xiaomi 12 Pro adalah salah satu yang terlemah dari semua flagship. Pada kenyataannya, campuran kamera triple 50MP ponsel ini masih berfungsi dengan baik, dengan perangkat lunak cerdas yang membantunya menangkap hasil yang andal, meskipun tidak terdepan di kelasnya. 

Dimulai dengan spesifikasi, kamera utama 50MP Xiaomi 12 Pro ditenagai oleh sensor Sony IMX707. Berukuran 1/1,28 inci, meskipun tidak sebesar sensor 1/1,12 di Mi 11 Ultra, itu masih salah satu sensor kamera terbesar di pasar, melebihi ukuran Galaxy S22 Ultra dan Sony Xperia Pro.

Tiga kamera belakang 50MP terdiri dari kamera sudut lebar f/1.9, sudut ultra lebar f/2.2 (115 °) dan telefoto f/1.9 (2x optical zoom).

Review Xiaomi 12 Pro

Fotografi point-and-click sangat bagus. Zoom optik 2x bekerja dengan cepat dengan ketukan layar sederhana, dan zoom digital mengambil pendekatan serupa, dengan satu cubitan tombol pembuka layar yang dapat disentuh yang memperbesar secara bertahap 5x, 10x, dan 20x.

Ada juga penggeser yang memungkinkan untuk memperbesar gradien yang lebih halus. Ini jauh lebih mudah daripada mencubit layar, meskipun itu juga merupakan opsi.

Kamera selfie 32MP menggunakan sensor OmniVision, Xiaomi 12 Pro menghasilkan foto yang mengesankan darinya, terutama dalam pemandangan yang cukup terang.

hasil foto Xiaomi 12 Pro

Ada beberapa opsi video yang menarik, termasuk fokus pelacakan gerak, pemotretan gerakan lambat pada 120fps, 240fps, 480fps, 960fps, dan 1920fps, mode video ganda yang menggunakan kamera selfie dan kamera utama, dan mode perekaman video ultra malam. dirancang untuk memaksimalkan penangkapan cahaya.

Spesifikasi

Review Xiaomi 12 Pro

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, Xiaomi 12 Pro didukung oleh chipset Snapdragon 8 Gen 1 terbaru. Hp flagship terbaru Xiaomi ini juga menawarkan RAM 12GB untuk yang kami gunakan serta penyimpanan tetap 256GB yang tidak dapat diperluas.

Hp Xiaomi 12 Pro ini memiliki kinerja cepat dan mulus dalam penggunaan sehari-hari, lebih dari mampu melakukan tugas hp standar termasuk mobile game yang serius dengan tingkat grafis yang berat.

Kinerja itu tercermin dalam tolok ukur, yang menunjukkan bahwa 12 Pro jelas setara dengan para pesaingnya, meskipun seperti yang telah kita lihat dengan ponsel lain tahun ini.

Secara alami, 12 Pro juga menawarkan konektivitas 5G, dengan dukungan dual-SIM, dan ini bergabung dengan Bluetooth 5.2, NFC, dan Wi-Fi 6 atau 6E.

Review Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro menjalankan MIUI 13 di atas Android 12 . Ada banyak hal yang terjadi di sini, dan penggemar antarmuka pengguna yang bersih mungkin kesulitan.

Ada aplikasi belanja dan media sosial yang sudah diinstal sebelumnya serta duplikat dari beberapa aplikasi Android.

Hasil Uji

Review Xiaomi 12 Pro

Hasil uji performa menunjukkan bahwa Xiaomi 12 Pro jelas setara dengan para pesaingnya. Performanya hampir identik dengan Oppo Find X5 Pro yang serupa, meski di sisi lain realme GT 2 Pro dan Galaxy S22+ yang ditenagai Exynos mengungguli Xiaomi dalam benchmark grafis, tapi itu hanya karena chip mereka mendorong tampilan resolusi lebih rendah.

Benchmark cocok dengan Hp Snapdragon 8 Gen 1 lainnya, dengan skor 12 Pro rata-rata dikisaran 3600 pada GeekBench 5.1 (multi-core), dan 8.000 hingga 9.899 pada beberapa kali pengujian menggunakan 3DMark Wild Life.

Tidak ada lag saat beberapa kali menggunakannya untuk bermain game sekelas Genshin Impact dan juga PUBG pada settingan Ultra. Hanya saja, konsen kami sedikit terganggu akibat keberadaan panas dari Hp, tapi jika kalian bukan gamer yang seharian menggunakan hp untuk bermain game mungkin ini tidak menjadi masalah.

Terlebih Xiaomi memiliki sistem pendingin terbaru yang mencakup "three large heat dissipation graphite sheets" atau tiga lembar grafit pembuangan panas yang bekerja dengan cepat.

Cukup terasa ketika panas mulai datang, sistemnya cukup bisa diandalkan sebagai pendingin super cepat.

Review Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro dilengkapi dengan empat speaker dua tweeter, dua subwoofer, serta dukungan Dolby Atmos oleh Harmon Kardon yang menghasilkan kualitas suara mengesankan.

Audionya lantang, enak didengar, dan tak pecah saat volume dimaksimalkan. Suara low-mid ataupun mid-high tetap terdengar dengan amat baik. 

Baterai

Review Xiaomi 12 Pro

Kapasitas baterai dan kecepatan pengisian daya Xiaomi 12 Pro tidak besar, hanya 4600mAh. Namun dioptimalkan untuk melewati satu hari penuh dengan sisa daya antara 10-20 persen. 

Yang lebih mengesankan dari daya tahan baterai Xiaomi 12 Pro adalah kecepatan pengisian dayanya. Mengisi daya hanya dalam 18 menit, pengisian daya 120W adalah yang tercepat di ponsel mana pun saat ini.

Di bawah uji daya tahan baterai PC Mark for Android Work 3.0 , telepon terus berjalan hanya selama 10 jam dan 9 menit. Ketika kami meminta handset yang terisi penuh untuk memutar video YouTube selama tiga jam, dayanya turun 40%, menunjukkan daya tahan baterai total sekitar 7,5 jam.

Review Xiaomi 12 Pro

Ketika kami menjalankan tes untuk kedua kalinya, hasilnya sedikit lebih baik, turun 37% selama tiga jam (~ total 8 jam). Bahwa Xiaomi 12 Pro juga memiliki pengisian nirkabel 50W hanyalah pemanis untuk campuran spesifikasi smartphone yang sangat bulat.

Baterai terisi dengan cepat berkat dukungan 120W HyperCharge 0% hingga 100% dalam 18 menit, menurut Xiaomi. Ketika kami mulai menggunakan adaptor daya 120W dengan daya baterai ponsel 13%, naik menjadi 48% setelah lima menit, menjadi 68% setelah 10 menit, 85% setelah 15 menit, dan 99% setelah 20 menit.

Kesimpulan

Review Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro dibuat dengan baik dan menampilkan layar AMOLED yang luar biasa, chipset kelas atas, dan tiga kamera belakang 50MP dengan mode zoom yang dapat digunakan, ia juga menawarkan pengisian daya yang sangat cepat dan blaster IR yang berguna.

Xiaomi 12 Pro sudah bisa didapatkan melalui pre-order yang dilakukan 7-13 April di official store Xiaomi Indonesia di Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.ID, dan Akulaku dengan harga Rp12.999.000 RAM 12GB Memori 256GB.

Untuk Xiaomi 12, kalian bisa dapatkan dengan harga Rp9.999.000 RAM 8GB dan memori 256GB. Sementara untuk offline bisa didapatkan di Erafone, Xiaomi Store dan Xiaomi Shop. Penjualan perdana dilakukan pada 14 April. All-New Xiaomi Watch S1 Active sendiri akan mengawali pre-order pada tanggal 14-24 April.

Dapatkan penawaran spesial saat pre-order untuk VIP order dan prioritas after sales berupa layanan antar jemput gratis saat service.

Lebih dari itu, Xiaomi memberikan perlindungan hingga 3 juta rupiah yang meliputi garansi 24 bulan, 1x screen replacement gratis, dan layanan garansi internasional untuk Xiaomi 12 Pro. 

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT