Diperbaharui Pada Senin, 4 Apr 2022 | 16:42

Bedanya Cinematic Video Samsung Galaxy S22 Ultra 5G dari Smartphone Lain

Membuat konten video menggunakan kamera smartphone dengan kualitas profesional kini bisa terwujud berkat kemajuan teknologi kamera yang semakin pesat. Apalagi Samsung baru saja meluncurkan Galaxy S22 Ultra 5G yang mempertegas posisinya dalam lini smartphone dengan kemampuan kamera terbaik di kelasnya.

Pengguna Samsung Galaxy S22 Ultra 5G dapat membuat konten-konten video yang setara dengan hasil rekaman kamera profesional, berkat empat upgrade yang diberikan pada kualitas kameranya, untuk meningkatkan kemampuannya ketika merekam konten di lokasi yang minim cahaya (low light).

Keempat upgrade tersebut adalah fitur Nightography, sensor kamera 108 MP, Cinematic Video, dan akses ke aplikasi Expert RAW yang akan memastikan kualitas standar tinggi untuk setiap konten video.

Khusus untuk Cinematic Video, pengguna Samsung Galaxy S22 Ultra 5G dapat membuat video sinematik untuk berbagai kebutuhan, mulai dari merekam momen berharga Bersama keluarga dan sahabat, bahkan hingga membuat film pendek.

Lalu, apa saja yang membuat Cinematic Video ini bisa diandalkan? Berikut perbedaan utama Cinematic Video pada kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G dari smartphone lainnya.

Pegang Kendali dengan Pro Video Mode

Selain dapat merasakan langsung kelebihan merekam video dengan kualitas yang jauh di atas rata-rata, pengguna Samsung Galaxy S22 Ultra 5G juga bisa merasakan pengalaman sebagai videografer profesional dengan menggunakan Pro Video Mode.

Fitur Pro Video Mode memungkinkan pengguna untuk memegang kendali penuh dalam pengoperasian kamera. 

Melalui mode ini, pengguna diberikan kontrol penuh untuk membuat pengaturan pada setiap video yang direkam, mulai dari mengatur ISO, kecepatan rana (shutter speed) dan tingkatan eksposur.

Selain itu, pengguna juga bisa mengatur white balance untuk disesuaikan dengan kondisi cahaya yang berbeda di setiap lokasi, sehingga hasil rekaman videonya sesuai dengan preferensi.

Pro Video Mode ini juga bisa dimanfaatkan untuk belajar videografi, karena berbagai fitur yang ditawarkan sudah mendukung fungsi selayaknya mengoperasikan kamera video. 

Dengan terus berlatih melakukan pengaturan video secara manual, maka secara perlahan pengguna akan terbiasa dan memiliki insting untuk merekam video dalam berbagai situasi dan kondisi.

Anti Goyang dengan Super Steady System (AI VDIS + OIS)

Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G yang dibekali dengan kemampuan Cinematic Video juga mendapatkan dukungan Super Steady System yang telah melalui proses pengembangan dari generasi sebelumnya. 

Teknologi yang bertumpu pada Artificial Intelligence Video Digital Image Stabilization (AI VDIS) dan Optical Image Stabilization (OIS) akan memastikan setiap hasil video yang direkam stabil dari goyangan.

AI VDIS memiliki kemampuan untuk menganalisa pergerakan perangkat dan kondisi penggunaan, hingga empat kali lebih cepat dari sebelumnya. 

Fitur ini bahkan dapat membedakan gerakan berjalan atau berlari. Data tersebut kemudian diolah untuk memberikan stabilisasi yang lebih optimal, sehingga hasil rekamannya lebih smooth karena minim getaran.

Untuk melengkapi teknologi tersebut, Samsung Galaxy S22 Ultra 5G juga memiliki OIS dengan kemampuan untuk menangkap lebih banyak variasi arah datangnya cahaya hingga 58 persen lebih luas.

Teknologi ini akan sangat membantu ketika kondisi cahaya pada lokasi perekaman video tidak memiliki cahaya yang cukup, sehingga hasil rekaman terlihat lebih jernih, termasuk ketika perekaman dilakukan di malam hari.

Super Steady System pada Samsung Galaxy S22 Ultra 5G akan sangat berguna untuk pengguna yang menyukai kegiatan di luar ruangan, karena bisa digunakan untuk mengabadikan berbagai momen seru selama berpetualang.

Selain itu, kreator konten yang kerap merekam video vlogging juga akan diuntungkan karena tidak perlu membawa kamera DSLR atau mirrorless dengan peralatan gimbal yang akan merepotkan. Samsung Galaxy S22 Ultra 5G sangat ringkas dan mudah disimpan.

Bokeh Keren dengan Portrait Video

Mengabadikan momen dengan merekam video selfie untuk diunggah ke akun media sosial telah menjadi kebiasaan banyak orang, dan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G dilengkapi dengan fitur AI terbaru untuk membuat hasil video potret terlihat profesional.

Portrait Mode pada Samsung Galaxy S22 Ultra 5G didukung oleh AI Stereo Depth Map yang mampu menampilkan subjek yang direkam agar tampil lebih baik, dengan detil-detil kecil yang terlihat lebih tajam dan jernih berkat algoritma AI terbaik di kelasnya.

Khusus bagi penggemar pet seperti kucing atau anjing, Portrait Mode ini dapat membuat foto hewan yang jauh lebih detil dari sebelumnya, karena AI pada kameranya mampu memisahkan bulu-bulu hewan dari latar belakang, sehingga bokeh yang dihasilkan juga terlihat lebih halus dan natural.

Berbcara soal bokeh, Portrait Video juga bisa digunakan oleh pengguna yang gemar bermain TikTok atau Instagram Reels, karena hasil rekamannya akan terlihat sangat bagus dan profesional, selayaknya direkam dengan menggunakan kamera DSLR atau mirrorless.

Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G mampu menghasilkan video yang super stabil dengan Portrait Mode, sehingga bokeh yang dihasilkan juga akan terlihat natural, terutama pada kondisi yang minim cahaya.

Selain itu, hadir pula teknologi Multi Object Tracking yang didukung oleh auto frame rate yang lebih besar, sehingga mampu mendeteksi hingga 10 orang di dalam satu frame.

Bayangkan kamu sedang nongkrong bareng teman-teman dan memutuskan untuk membuat video potret untuk TikTok atau Reels. Sensor Laser AutoFocus (AF) yang dibekali dengan AI terbaru akan secara otomatis menantukan fokus dengan lebih cerdas dan lebih cepat.

Ketiga keunggulan dari kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G tersebut akan membuat waktumu bersama keluarga dan sahabat jadi semakin seru dan menyenangkan. Pastinya, tidak akan ada momen spesial yang terlewatkan dengan sia-sia.

Content Writter

1536 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.