Dipublish Pada Jumat, 24 Jul 2020 | 14:39

5 Alasan Enaknya Nonton Film Pakai Samsung Galaxy Tab S6 Lite


Samsung Galaxy Tab S6 Lite punya layar berukuran 10.4 inci yang luas banget. Karena itu, kami penasaran untuk menonton video streaming pakai tablet ini. Setelah mencoba, kami cukup puas dan menurut kami, tablet ini adalah salah satu yang terbaik di kelasnya karena 7 alasan berikut ini.

Setelah membuat ulasan secara keseluruhan, kini kami akan fokus mengulas kualitasnya ketika dipakai untuk menonton film.

1. Layarnya Luas

Kenikmatan nonton video streaming pasti akan bertambah kalau layar yang dipakai menonton, besar dan luas. Jadi dengan layar berukuran 10.4 inci, menurut kami Samsung Galaxy Tab S6 Lite ini memenuhi kriteria tersebut.

Tablet ini memiliki layar LCD berjenis TFT. Agak aneh memang, karena biasanya Samsung menggunakan layar berjenis AMOLED untuk perangkat mobile mereka. Tapi kami tidak banyak komplen, karena kualitas yang diberikan sudah lebih dari cukup.

Bezel yang dimiikinya lumayan tipis, jadi pengalaman menonton juga jadi bertambah. Jarak antara layar dan pinggiran bezel tidak terlalu besar. Rasio screen-to-body tablet mencapai 81.6%.

2. Tampilan Layar Memuaskan

Resolusi layar 1200 x 2000 piksel yang dimilikinya juga memberikan ketajaman gambar yang pas menurut kami. Bila dipakai untuk menonton video berkualitas tinggi di Netflix dan Youtube, gambarnya baik. Kami bahkan mencoba video dengan kualitas 60fps dan tampilannya cukup memuaskan.

Walau begitu, ini juga bukan tanpa kekurangan, karena dengan resolusi video yang tinggi, kami masih menemukan beberapa piksel yang pecah, terutama ketika menampilkan adegan cepat yang umumnya ada di film-film action.

Ketika kami mencobanya di dalam dan luar ruangan, tampilan layarnya tidak menunjukkan banyak perbedaan. Bahkan ketika berada di bawah matahari yang terik pada siang hari, kami tidak perlu terlalu banyak menambah tingkat keterangan layar. Gambarnya cukup baik di 50-60% kecerahan.

Layarnya yang berjenis LCD membuat bagian hitam pada tampilannya menjadi sedikit lebih cerah, karena pada dasarnya, layar LCD akan menciptakan bayangan dengan menampilkan semua warna yang tersedia secara bersamaan. Ini bedanya layar LCD dan LED.

Makanya ketika kita melihat bagian gelap pada video yang sedang ditonton, hasil tampilannya tetap terlihat cerah. Buat beberapa orang, tampilan ini membuat mata cepat lelah, dan dari segi performa, ini cepat memakan daya baterai.

3. Speaker Stereo yang Jernih

Untuk mendukung performa layarnya ketika menonton video streaming, Samsung Galaxy Tab S6 Lite dibekali dengan speaker AKG-tuned. Speaker stereo ini menghasilkan suara yang jernih. Letaknya yang berada di kiri kanan layar juga menambah kenyamanan ketika menonton.

Kenapa kami bilang nyaman, karena ada beberapa tablet yang menempatkan speaker di bagian bawah, jadi ketika menonton dengan posisi horizontal, handheld, speakernya akan tertutup telapak tangan, sehingga suara yang dihasilkan kurang maksimal.

Dengan posisi speaker diatas, hal ini tidak terjadi pada Samsung Galaxy Tab S6 Lite. Tapi lain halnya ketika kami menonton dengan menggunakan headphone. Memang hadirnya colokan headphone adalah sesuatu yang kami sukai, tapi posisinya yang ada di sudut kiri bawah pada posisi horizontal, membuat pegangan kurang nyaman.

4. Daya Baterai Besar untuk Nonton Seharian

Untuk pengguna yang hobinya nonton film pakai tablet, Samsung Galaxy Tab S6 Lite yang dibekali baterai Li-Po berkapasitas 7040 mAh jadi kepuasan tersendiri, karena kita bisa puas nonton satu hari penuh hanya dengan sekali pengisian daya saja.

Kami mencoba tablet ini seharian untuk menonton beberapa episode TV series di Netflix, dan hasilnya, baterai melemah dan perlu diisi ulang ketika penggunaan sudah menyentuh waktu sekitar 10 – 11 jam penggunaan. Bagi kami, waktu ini sudah cukup membuktikan daya tahan baterainya bila digunakan secara non-stop.

5. Bebas Sidik Jari dengan S Pen

Pernah kan ketika sedang menonton, kita harus melakukan sesuatu, atau ada orang yang mengajak bicara, sehingga film yang sedang ditonton harus di pause dulu, atau adegan yang terlewat perlu kita ulang lagi?

Dengan melakukan hal tersebut, biasanya sidik jadi kita akan tertinggal di layar, dan hal ini bisa mengurangi kenikmatan menonton, apalagi kalau kita harus membersihkannya terlebih dahulu. Kehadiran S Pen bisa mengatasi masalah ini.

S Pen pada Samsung Galaxy Tab S6 Lite memiliki tingkat responsive yang cukup tinggi, sehingga bisa kita gunakan sebagai pengganti jari untuk melakukan pengaturan pada video yang sedang ditonton, seperti play dan pause, atau menggeser durasi film ke depan atau belakang.

Worth It untuk Kelasnya


Tablet Samsung Galaxy Tab S6 Lite ini sudah lebih dari cukup untuk mendukung aktifitas menonton film yang kami cari. Ada kelebihan, tentunya juga ada kekurangan, itu hal yang wajar. Secara keseluruhan, pengalaman menggunakan yang kami rasakan cukup worth it dengan spesifikasi yang ditawarkan. Tertarik untuk mencobanya juga?

Content Writter

1607 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.