Diperbaharui Pada Kamis, 19 Des 2019 | 10:49

4 Fitur Galaxy A30s Untuk Nge-Live Biar Hidupmu Auto Happy


Samsung Galaxy A30s merupakan salah satu smartphone Samsung terbaru dari lini Galaxy As series yang sudah hadir di Indonesia. Menjadi generasi dari Galaxy A30, smartphone ini menawarkan sejumlah peningkatan di sisi spesifikasi. 

Menariknya, harga Galaxy A30s justru tidak berbeda jauh dari Galaxy A30 saat pertama diluncurkan. Sama-sama berada di kisaran Rp3 jutaan. Peningkatan ini tentu membuat Galaxy A30s memiliki spesifikasi yang cukup lengkap dengan harga yang terjangkau. 

Apa saja peningkatan fiturnya? Ada beberapa fitur di Galaxy A30s yang yang mengalami peningkatan dari Galaxy A30. Fitur-fitur tersebut mencakup penggunaan teknologi NFC, fitur fingerprint lebih canggih hingga kamera yang lebih baik. Untuk lebih jelasnya, yuuk simak ulasan lebih lengkapnya!

4 Fitur Keren Samsung Galaxy A30s

1. Sudah Dibekali NFC dan Samsung Pay


Tren pertumbuhan pembayaran digital di Indonesia yang telah bertumbuh pesat sebesar 77,9% di respon oleh Samsung dengan antusias. Salah satunya dengan mengintegrasikan fitur NFC (Near Field Communication) di Galaxy A30s.

Fitur akan menawarkan kemudahan kepada pengguna dalam urusan pembayaran digital. Jadi dengan adanya NFC di Galaxy A30s, kamu bisa melakukan cek saldo kartu e-money sekaligus mengisi ulang saldonya. Cukup tempelkan kartu e-money pada bagian belakang Samsung Galaxy A30s.

Bagi yang belum tahu, berikut cara mudah mengecek dan mengisi saldo e-money menggunakan NFC di Galaxy A30s :

Cara cek saldo e-money

  • Pastikan kamu sudah menginstal aplikasi pendukung untuk mengecek saldo e-money (misal aplikasi Cek Saldo).  
  • Tempelkan kartu e-money di belakang Galaxy A30s
  • Pada layar akan muncul aplikasi Cek Saldo lalu pilih
  • Dalam hitungan kurang dari 1 detik akan muncul jumlah saldo e-money

Cara mengisi saldo e-money

  • Pastikan kamu sudah menginstal salah satu aplikasi e-commerce (misal, Tokopedia, BUkalapak dan lainnya)
  • Tempelkan kartu e-money di belakang Galaxy A30s
  • Pada layar akan muncul beberapa aplikasi, pilih sesuai keinginan (contoh Tokopedia)
  • Pilih topup sekarang
  • Pilih nominal saldo, lalu pilih bayar (jika ada kamu bisa memasukkan promo)
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan
  • Setelah bayar saldo akan otomatis terisi

Selain itu, terdapat Samsung Pay yang siap diaktifkan menjadi e-wallet. Hanya dengan swipe up layar saat di home screen maupun ketika layar terkunci, pengguna dapat memilih e-wallet untuk pembayaran.

Samsung Pay telah bekerja sama dengan partner terpercaya seperti DANA dan dalam waktu dekat juga bisa terhubung ke GoPay yang senantiasa menjaga kemudahan pengguna agar dapat melakukan transaksi dengan nyaman dan aman.

Samsung Pay di Indonesia ini merupakan Samsung Pay pertama yang berbasis QR code yang dikembangkan oleh developer Indonesia, bermitra dengan dompet elektronik Indonesia dan untuk masyarakat Indonesia.

2. On Screen Fingerprint


Samsung telah menambahkan opsi keamanan terbaru dan terkini untuk Galaxy A30s. Jika di Galaxy A30 masih menggunakan sensor fingerprint konvensional, di Galaxy A30s sudah menyematkan fitur on screen fingerprint. Fitur ini melengkapi sektor keamanan yang ada seperti password, PIN dan Pattern. 

Itu artinya kamu bisa membuka kunci hp hanya dengan menyentuh permukaan layar. Salah satu kelebihan on screen fingerprint tidak harus mengangkat hp, karena bisa langsung di akses melalui layar. Selain itu juga mempercantik perangkat, karena tidak harus mengorbankan tampilan belakang dengan membuat ‘lubang’ untuk penempatan sensor sidik jari di bagian belakang. 

Apalagi tampilan Samsung Galaxy A30s cukup menarik dengan penggunaan pola prisma segitiga pada cover belakang. Tersedia 3 pilihan warna yaitu Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green.

3. Tiga Kamera dengan Resolusi Besar


Peningkatan yang cukup signifikan di Samsung Galaxy A30s ada pada kameranya. Dimana smartphone ini sudah memasang tiga kamera di bagian belakang, padahal di generasi sebelumnya hanya menggunakan dua kamera belakang. Dengan keberadaan tiga kamera ini kemampuan foto Galaxy A30s tentu lebih bervariasi dengan penambahan satu sensor. 

Tidak hanya itu, resolusi kameranya pun lebih besar. Tiga kamera di Galaxy A30s memiliki konfigurasi 25MP + 8MP + 2MP (Galaxy A30 hanya beresolusi 16MP + 5MP). Untuk sensor 25MP ini menggunakan sensor Sony IMX576 dengan aperture f/1.7 dan PDAF. Lalu kamera 8MP merupakan lensa f/2.2, 13mm (ultrawide) dan 2MP adalah depth sensor. Untuk kamera depannya masih sama yaitu beresolusi 16MP dengan aperture f/2.0.

4. Audio Dolby Atmos


Kamu bisa menjadikan Samsung Galaxy A30s partner audio andalan. Karena Samsung membawa pengalaman audio memukau pada Galaxy A30s dengan pembenaman teknologi Dolby Atmos. 

Kamu bisa mengatur output audio berdasarkan aktivitas yang dilakukan, seperti music, movie dan voice. Lebih mudahnya bisa juga memilih auto dan biarkan system yang mengoptimalkan keluaran audio. Kamu juga masih bisa mengatur equalizer dengan 6 pilihan, mulai dari normal, rock, pop, jazz, klasik serta custom untuk mengatur preset yang diinginkan.

Bahkan bisa disesuaikan berdasarkan usia. Cukup sambungkan headset ke perangkat maupun menggunakan Bluetooth speaker, lalu aktifkan Dolby Atmos melalui panel utama atau masuk ke dalam menu system.

Adanya fitur ini menawarkan audio dengan kualitas cinema yang membuat pengalaman entertainment menjadi lebih seru mulai dari bermain game, streaming musik kesukaan hingga menonton film favorit. Apalagi Galaxy A30s sudah di dukung dengan baterai besar berkapasitas 4000mAh yang menjamin aktivitas multimedia berjalan lebih lama tanpa khawatir kehabisan baterai.

Berdasarkan pengalaman selama menggunakan Samsung Galaxy A30s, mencoba video streaming HD berdurasi 1 jam baterainya hanya berkurang 11 persen. Bila diambil angka rata-rata, kamu bisa menonton video HD lebih dari 9 jam nonstop.

Menarik bukan!

Kriteria Spesifikasi
OS Version 9
Ukuran Layar 6.2 inch
Screen Resolution 1560 x 720 Pixel
Detail Prosesor 7885
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.8 GHz
GPU Mali-G71
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 25 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8, 5 MP
Resolusi Kamera Depan 16 MP
USB microUSB
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Content Writter

2485 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.