Dipublish Pada Selasa, 31 Okt 2017 | 12:12

MIUI 9 Global Stable ROM Sambangi Perangkat Xiaomi Mi 6

MIUI 9 terbaru memang telah diumumkan semenjak Juli 2017 lalu. Namun, entah mengapa Xiaomi membutuhkan waktu hingga 3 bulan untuk meluncurkan sistem operasi ini.

Menariknya, beberapa hari sebelum jadwal update via OTA dirilis, beberapa perangkat Xiaomi Mi 6 justru sudah mendapat update firmware baru yang berisi MIUI terbaru. Dalam update MIUI V9.0.1.0.NCAMEI akan menghadirkan sejumlah pengoptimalan sistem, ikon baru dan animasi baru. Versi terbaru ini juga menghadirkan fitur Split Screen, Search for Apps, Dual Apps Mode dan fitur Block yang lebih baik.

Selain menghadirkan beberapa fitur baru tersebut, Update MIUI 9 yang sudah dirasakan oleh beberapa Xiaomi Mi 6 juga menghadirkan banyak peningkatan. Termasuk peningkatan sistem keamanan baik keamanan yang mendasar hingga keamanan yang rumit. Aplikasi cleaner bawaan juga kini mampu menghapus folder kosong dengan lebih akurat. Terdapat juga silent mode yang mengalami perbaikan. Dengan desain yang minimalis, MIUI terbaru ini memang sangat menggoda. Apalagi, sistem operasi buatan Xiaomi ini juga mendesain ulang bagian home page hingga mode editing baru.

CEO Xiaomi memang menargetkan MIUI terbaru ini untuk nyaman digunakan di semua perangkat Xiaomi baik baru dan lama. Untuk itu, hadirlah sistem yang lebih optimal sehingga performa tetap unggul meski RAM perangkat tidak terlalu besar. Xiaomi juga sudah menambahkan Dynamic Resource Allocation yang merupakan sistem baru untuk mengenali aplikasi apa saja yang sering digunakan. Dengan sistem ini, aplikasi yang sering digunakan akan mendapat alokasi CPU lebih tinggi sehingga bisa berjalan lebih cepat.

Xiaomi juga menghadirkan MIUI 9 dengan fitur smart assistant. Fitur ini memungkinkan kamu mencari hampir segala sesuatu yang ada di perangkat dengan lebih mudah. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari pesan lebih detail, misal pesan pada hari tertentu atau jam tertentu. Kedepannya, Xiaomi akan mengembangkan fitur ini agar bisa bersaing dengan Google Assistant, SIRI dan Alexa.

Kabarnya Xiaomi akan resmi menggulirkan ROM MIUI 9 pada dua ponsel premium terlebih dahulu yakni Xiaomi Mi 6 dan Xiaomi Note 4X pada gelombang pertama 2 November mendatang. Untuk gelombang berikutnya yang akan mendapat update MIUI terbaru ialah Xiaomi Mi Mix, Mi Note 2, Mi 5, Mi 5s, Mi 5s Plus, Mi 5s, Mi Max dan jajaran smartphone baru Mi Max 2, Mi 4s, Mi 4c dan Redmi 4x. Kemudian pada bulan akhir tahun 2017 nanti Xiaomi akan menghadirkan update ketiga untuk Xiaomi Redmi 2a dan Redmi 1/1s.

Baca juga artikel:

Resmi Rilis, Ini Dia Fitur-fitur MIUI 9

Setelah 5 tahun dirilis, Xiaomi Mi 2 dan Mi 2s Masih Dapat Update MIUI 9

Harga Xiaomi Mi A1 Di ITC Roxy Mas dan ITC Cempaka Mas

Contributor

3478 Posts