Dipublish pada Selasa, 24 Okt 2017 | 09:00

Samsung Bixby 2.0 Diperkenalkan dengan Fitur dan Support yang Lebih Lengkap

Samsung telah menjadi produsen hp terbaik dunia selama beberapa tahun ini. Kini produsen asal Korea ini mulai mengembangkan sayapnya dengan merilis Bixby sebagai Voice Assistant. Aplikasi versi 1.0 sudah dirilis 6 bulan lalu dalam perangkat Galaxy S8.

Kini, Samsung akan merilis update terbaru dalam Samsung Bixby 2.0 sesegera mungkin. Kabar ini diperoleh dalam ajang Samsung Developer Conference yang berlangsung selama seminggu ini. Menariknya dalam versi 2.0 ini, Samsung akan mengembangkan Voice Assistant ini tidak hanya untuk smartphone saja. Aplikasi ini bahkan sudah bisa digunakan untuk Smart TV, Smart Speaker dan perangkat pintar lainnya.

Samsung Bixby 2.0 sendiri didesain lebih berkembang untuk berbagai perangkat yang bisa terhubung wifi ataupun tidak terhubung wifi. Samsung mencoba mengembangkan Bixby agar lebih terintegrasi antara hardware dan software. Hal ini berbeda dengan Voice Assistant lainnya seperi Alexa buatan Amazon, Siri buatan Apple, Cortana buatan Microsoft hingga Google Assistant buatan Google.

Samsung Bixby terbaru akan lebih memahami berbagai bahasa sehari-hari para pengguna, dapat mengerjakan tugas yang diberikan lebih efisien daripada men-tap layar atau tombol. Dalam pengenalannya kemarin, Bixby 2.0 bahkan bisa digunakan untuk memesan pizza dan mengantarkannya hingga ke rumah dalam waktu singkat.

Selain pengembangan Bixby yang bisa digunakan di perangkat selain hp, aplikasi ini juga hadir dengan kemampuan untuk support aplikasi dari pihak ketiga. Diharapkan pula, aplikasi ini bisa memahami berbagai bahasa dengan baik. Jadi pengguna tidak perlu lagi memakai Bixby menggunakan bahasa Korea atau Inggris saja.

Samsung sendiri telah memperkenalkan Bixby 1.0 pada Maret 2017 lalu. Sayangnya dibutuhkan waktu beberapa bulan untuk menyebar fitur Bixby ini keluar dari Korea. Samsung sendiri sempat dibuat repot akan keluhan berbagai pengguna yang menyebutkan Bixby terlalu sensitif. Untuk itu, Samsung sempat menghadirkan tombol khusus untuk menyalakan atau mematikan fitur ini.

Hingga saat ini memang belum jelas bagaimana performa aplikasi ini saat digunakan sehari-hari. Namun melihat dari pengembangan yang dilakukan Samsung, Voice Assistant ini akan menjadi pilihan terbaik diantara aplikasi sejenis. Apalagi, aplikasi fitur ini sudah support aplikasi pihak ketiga. Namun, sebelum aplikasi ini benar – benar disebar, pengguna Samsung tampaknya harus bersabar menggunakan Bixby 1.0. Apalagi dalam versi 1.0 ini terdapat banyak layanan yang sebetulnya tidak dibutuhkan pengguna smartphone saat ini.

Baca juga artikel:

Samsung Perkenalkan Asisten Virtual Bixby dan Kestra

Windows 10 Update Bawa Peningkatan di Cortana, Edge, dan Start Menu

Google Assistant Resmi Hadir Untuk Android Marshmallow dan Nougat

Share :
Aris Wibowo

Aris Wibowo

Contributor

0

ARTIKEL TERKAIT