Dipublish Pada Senin, 30 Jan 2017 | 10:33

Nokia 6 Sudah Dijual di Indonesia dengan Harga Mahal

Merk Nokia memang telah menjadi legenda dalam sejarah ponsel biasa hingga smartphone. Sayangnya, dalam perkembangannya Nokia sempat tenggelam bahkan hilang dari pasar ponsel dunia. Kini memasuki tahun 2017, Nokia pun kembali melalui sebuah smartphone buatan produsen HMD Global. Melalui ponsel Android terbaru bernama Nokia 6, Nokia siap memuaskan pengguna gadget dunia.

Menariknya, smartphone kelas menengah, Nokia 6 ini sudah mulai dipasarkan di beberapa toko online indonesia. Berbeda dengan harga yang diterapkan di Tiongkok yang hanya 3,2 juta, ponsel terbaru Nokia ini justru dipasarkan lebih mahal di pasar Indonesia yakni 5 sampai 8 juta. Perbedaan harga yang sangat jauh ini tentu disayangkan oleh banyak pihak. Apalagi, ponsel ini belum dirilis untuk kawasan Asia Tenggara, yang artinya ponsel ini didistribusikan secara illegal ke Indonesia.

HMD Global selaku pembuat ponsel Nokia terbaru ini pun mengeluarkan pernyataan mengenai maraknya penjualan illegal smartphone Nokia 6 di sejumlah negara, termasuk Filipina. Dalam pernyataan tersebut, HMD memang belum meluncurkan smartphone Nokia 6 untuk pasar Filipina, penjual yang menjual Nokia 6 secara online adalah pihak ketiga dan bukan penjual resmi. HMD sendiri memperkirakan smartphone-smartphone yang dijual merupakan hasil pembelian di Tiongkok. Di akhir pernyataan resminya, HMD Global kembali menekankan bahwa Nokia 6 belum dirilis di luar Tiongkok.

Nokia 6 menggunakan desain yang cukup mewah. Nokia menggunakan unibody berlapis material aluminium. Bodi aluminium ini kabarnya merupakan aluminium seri 6000 yang terkenal ringan dan kuat. Dimensinya juga tampak kompak meski mengusung konsep phablet. Ponsel ini juga sudah menggunakan sebuah tombol home dan dua buah tombol kapasitive.

Pada bagian layar, Nokia menggunakan layar yang cukup lebar yakni 5,5 inci. Layar ini menggunakan panel IPS dan resolusi layar full HD 1080p. Layarnya disokong pula pelindung anti gores Gorilla Glass 2.5D. Spesifikasi layar ini cukup mumpuni untuk harian baik saat browsing, bermain game hingga menonton video.

Pada bagian mesin, Nokia 6 menggunakan mesin kelas menengah unggulan. Smartphone Android nokia terbaru ini mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 430. Prosesor octa-core ini akan dipadukan RAM 4GB dan GPU Adreno 505. Prosesor yang besar membuat smartphone bisa melibas game-game terbaru dengan lancar. Untuk multitasking, ponsel Android Nougat ini pun diklaim akan lancar jaya.

Ponsel Android 4G LTE ini akan menggunakan memori penyimpanan internal 64GB. Pada bagian kamera, terpasang kamera utama 16 MP dengan teknologi PDAF. Untuk kamera depan, terpasang kamera selfie 8 MP. Sayangnya, kamera utama ini cukup terbatas kemampuannya. Berbekal chipset kelas menengah, Nokia 6 hanya bisa merekam video Full HD pada 30fps saja.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.5 inch
Detail Prosesor MSM8937 Snapdragon 430
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Adreno 505
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan
Baca juga artikel:
5 Fitur Terbaik Pada Nokia 6 yang Menggoda
HP Android Nokia P1 Siap Hadir dengan Dukungan Chipset Snapdragon 835
Nokia 150 dan Nokia 150 Dual SIM Dirilis Bawa Game Snake Xenzia

Contributor

3478 Posts