Dipublish pada Senin, 21 Nov 2016 | 09:14

Nokia Lumia 520 Masih Menjadi Windows Phone Paling Populer

Smartphone saat ini memang didominasi oleh smartphone Android. Namun siapa sangka masih banyak pengguna Windows Phone yang bertahan. Pasalnya baru – baru ini data dari Cross promotion Network AdDuplex menyebutkan bahwa Nokia Lumia 520 masih menjadi Windows Phone yang paling banyak digunakan dengan 12,9%.

Seperti yang diketahui, Nokia Lumia 520 merupakan sebuah smartphone entry level dengan sistem operasi Windows. Windows Phone ini diperkenalkan pertama kali pada ajang pameran MWC 2013 dan dirilis pada April 2013. Smartphone ini datang dengan sistem operasi Windows Phone 8 dan bisa diupdate ke Windows Phone 8.1.

Untuk spesifikasi, Nokia Lumia 520 menggunakan layar berukuran 4 inci dengan resolusi layar sederhana 480 x 800 pixel. Tentu dimensi yang dihadirkan cukup ringkas sehingga nyaman untuk dibawa beraktifitas. Pada bagian mesin, Nokia menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon S4. Prosesor dual core ini akan disokong GPU Adreno 305 dan RAM 512MB.

Untuk memori internal, smartphone ini menggunakan memori internal 8GB dengan slot microSD 64GB untuk memori tambahan. Sayangnya, hanya ada satu kamera pada Windows phone populer ini. Nokia hanya memasang kamera utama 5 MP dengan aperture f/2.4 tanpa LED Flash. Smartphone ini juga sudah dibekali dengan baterai 1430 mAh. Untuk saat ini Nokia Lumia 520 dipasarkan dengan harga 500 ribuan.

Populernya Windows phone Nokia Lumia 520 memang menarik. Pasalnya, Nokia juga memiliki varian yang hampir mirip Nokia Lumia 520. Bedanya Nokia Lumia 521 menggunakan fitur 4G HSPA+. Padahal spesifikasi lainnya bahkan desain sangat mirip dengan Lumia 520.

Tidak bisa dipungkiri Nokia berhasil membuat produk yang disukai konsumen. Buktinya Lumia 520 bisa bertahan hingga tiga tahun sebagai smartphone Windows Phone paling populer. Diperkirakan kesuksesan Nokia Lumia 520 ini karena desain yang ringkas dan spesifikasi yang cocok untuk kebutuhan harian. Tidak hanya itu, Nokia juga menghadirkan berbagai aplikasi yang kian memudahkan penggunanya sebut saja hadirnya HERE Maps hingga Internet explorer 10 yang membuat Windows Phone ini bisa bersaing dengan ponsel Android entry level.

Kriteria Spesifikasi
4G Network -
Ukuran Layar 4 inch
Detail Prosesor -
Jumlah Core Dual Core
Kecepatan CPU 1 GHz
GPU -
RAM 512 MB
Memori Internal 8 GB
Resolusi Kamera Belakang 5 MP
Resolusi Kamera Depan -
Kapasitas Baterai 1430 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Resmi Masuk Indonesia, Nokia 216 Ready Stock di Toko Hape Jakarta
Spesifikasi Smartphone Android Nokia D1C Muncul di AnTuTu, Ini Dia Bocorannya!
Nokia Akan Rilis Dua Ponsel Android Baru, Mesin Snapdragon 820 dan Layar 2K
Share :
Aris Wibowo

Aris Wibowo

Contributor

0

ARTIKEL TERKAIT