Dipublish pada Jumat, 11 Okt 2024 | 14:35

Intel Luncurkan Core Ultra 200S series untuk AI PC

Intel Luncurkan Core Ultra 200S series untuk AI PC
Intel meluncurkan keluarga prosesor Intel® Core™ Ultra 200S series terbaru, yang akan meningkatkan kemampuan AI PC ke platform desktop dan menghadirkan AI PC desktop yang pertama untuk kalangan enthusiast.

Dipimpin oleh prosesor Intel® Core™ Ultra 9 285K, generasi terbaru prosesor desktop untuk para enthusiast ini terdiri dari lima prosesor desktop yang unlocked, yang dilengkapi dengan hingga 8 Performance-cores (P-core) generasi berikutnya.

Ini merupakan core tercepat yang tersedia untuk PC desktop, dan hingga 16 Efficient-cores (E-core) generasi berikutnya, semuanya secara keseluruhan memberikan performa yang lebih besar hingga 14% dalam beban kerja multithreaded dibandingkan dengan generasi sebelumnya.  

Rangkaian prosesor baru ini merupakan prosesor desktop dengan kemampuan NPU pertama untuk kalangan enthusiast dan hadir dengan GPU Xe bawaan dengan dukungan media yang canggih.

"Prosesor Intel Core Ultra 200S series terbaru ini memenuhi tujuan kami untuk mengurangi penggunaan daya secara signifikan sekaligus mempertahankan performa gaming yang luar biasa dan menghadirkan komputasi terdepan,” ujar Robert Hallock, vice president and general manager of AI and Technical Marketing, Client Computing Group. 

“Hasilnya adalah pengalaman pengguna yang lebih dingin dan lebih senyap, yang ditingkatkan oleh kemampuan AI gaming dan kreasi AI, berkat NPU dan performa media terdepan yang memanfaatkan portofolio grafis kami yang terus berkembang."

Intel Luncurkan Core Ultra 200S series untuk AI PC
Berkat inovasi terkini pada Intel core dan efisiensi, prosesor desktop Intel Core Ultra 200S menghasilkan penghematan daya yang besar dengan package power yang lebih rendah hingga 58% dalam penggunaan sehari-hari4 dan system power yang lebih rendah hingga 165W saat bermain game. 

Rangkaian prosesor baru ini menggabungkan efisiensi yang lebih baik dengan performa yang meningkat, juga memberikan performa single-threaded hingga 6% lebih cepat dan performa multithreaded hingga 14% lebih cepat2 dibandingkan dengan generasi sebelumnya. 

Dengan kemampuan AI yang lengkap, yang didukung oleh CPU, GPU, dan NPU, para enthusiast akan mendapatkan performa yang cerdas dan powerful, yang mereka butuhkan untuk pembuatan konten dan gaming, semuanya didapatkan dengan jejak energi yang lebih rendah. 

Dengan menghadirkan AI PC bagi para enthusiast untuk pertama kalinya, prosesor Intel Core Ultra 200S series memberikan performa hingga 50% lebih cepat dalam aplikasi kreator yang didukung AI dibandingkan prosesor flagship pesaing. 

NPU yang baru memungkinkan pemanfaatan fungsi-fungsi AI. Contohnya meliputi pembebasan discrete GPU untuk meningkatkan framerate game, atau secara signifikan mengurangi penggunaan daya dalam beban kerja AI, dan mendukung aksesibilitas seperti pelacakan wajah dan gestur dalam game sekaligus meminimalkan dampaknya pada performa.

AI PC Pertama Intel untuk para Enthusiast

Intel Luncurkan Core Ultra 200S series untuk AI PC
Dengan hingga 36 platform TOPS, prosesor Intel® Core™ Ultra 200S series terbaru ini adalah prosesor desktop pertama dan terbaik dari Intel untuk AI PC.

Solusi Lengkap bagi para Enthusiast

Prosesor Intel® Core™ Ultra 200S series menawarkan performa luar biasa untuk AI, pembuatan konten, dan mendukung pengalaman gaming yang imersif, dengan peningkatan performa gaming hingga 28% dibandingkan prosesor flagship pesaing8.

Chipset Intel® 800 Series Terbaru

Chipset Intel 800 Series terbaru pada prosesor Intel® Core™ Ultra 200S series akan meningkatkan kompatibilitas platform dengan hingga 24 lane PCIe 4.0, hingga 8 port SATA 3.0, dan hingga 10 port USB 3.2, yang memungkinkan para enthusiast untuk memanfaatkan konektivitas, penyimpanan, dan teknologi terbaru lainnya.

Overclocking Ditingkatkan

Prosesor Intel Core Ultra 200S series menghadirkan fungsi overclocking terbaru dengan kontrol yang sangat mendetail, dengan frekuensi turbo teratas dalam 16,6 MHz step untuk P-Core dan E-core.

Sebuah controller memori baru mendukung memori XMP dan CUDIMM DDR5 yang cepat dan baru, hingga 48 GB per DIMM dengan total hingga 192 GB, dan Intel Extreme Tuning Utility kini menyertakan peningkatan overclocking dalam sekali klik.

Konektivitas Terdepan

Prosesor Intel Core Ultra 200S dilengkapi dengan 20 lane CPU PCIe 5.0, 4 lane CPU PCIe 4.0, dukungan untuk 2 port Thunderbolt 4 yang terintegrasi, Wi-Fi 6E, dan Bluetooth 5.3.

Wi-Fi Intel® Killer™ memberikan performa nirkabel yang sangat baik dan memungkinkan gaming online yang lancar dan mendalam melalui deteksi otomatis prioritas aplikasi, analisis dan manajemen bandwidth, serta pemilihan dan switching AP yang cerdas.

Keamanan Multi-Engine

Intel® Silicon Security Engine membantu melindungi kerahasiaan data dan integritas kode sambil mempertahankan performa yang tinggi untuk beban kerja AI yang demanding. 

Prosesor Intel Core Ultra 200S series akan tersedia di toko ritel online dan di toko, serta melalui sistem mitra OEM mulai 24 Oktober 2024.

Share :
Nur Abdillah

Nur Abdillah

Content Writer

1361 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.

ARTIKEL TERKAIT