Dipublish Pada Rabu, 18 Sep 2024 | 16:53

Hands-On Acer Swift Go 14 AI, Laptop AI Snapdragon X Plus di Bawah 16 Juta!

Acer mengumumkan perangkat laptop terbarunya di Indonesia beberapa waktu lalu, yaitu Swift Go 14 AI yang ditenagai prosesor Snapdragon X Plus, dan membawa beragam fitur AI dengan Copilot+ PC. Laptop ini dibekali dengan CPU 8 core yang kecepatannya hingga 3,4 GHz.

Pricebook mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung laptop Acer Swift Go 14 AI terbaru di sesi media hands-on yang digelar Acer pada Rabu (18/9), bertempat di On3 Senayan. Kesan pertama yang kami rasakan ketika melihat laptop ini adalah desainnya yang sangat elegan. Berikut pengalaman kami mencoba laptop Acer terbaru ini.

Desain Acer Swift Go 14 AI

Acer Swift Go 14 AI membawa desain ramping premium dan stylish. Beberapa elemen desain yang kami perhatikan di antaranya adalah bahan aluminium pada sasisnya. Terdapat logo ikon AI pada cover untuk menandakan bahwa laptop ini sudah AI ready, serta logo Acer yang dapat berubah warna bila terkena cahaya.

Desain ultra-portable laptop Acer terbaru ini menawarkan ketebalan 1,79 cm, dengan bobot 1,32 kg. Selain material alumunium dan tepian diamond cut, bagian touchpad Acer Swift Go 14 AI sudah dilapisi Corning Gorilla Glass dengan Lighting Icon yang akan menyala ketika NPU bekerja.

Acer Swift Go 14 AI didukung layar dengan bezel tipis berukuran 14,5 inci yang mampu menampilkan visual beresolusi WUXGA. Layarnya sudah dilengkapi dengan Color Gamut 100% sRGB dan mendukung refresh rate 120 Hz. Warna yang dihasilkan terlihat memiliki akurasi yang tinggi, dengan transisi konten yang terlihat lebih halus.

Prosesor Snapdragon X Plus Pertama di Laptop On-the-go

Acer Swift Go 14 AI adalah laptop on-the-go pertama dengan prosesor Qualcomm Snapdragon X Plus. Laptop ini menawarkan kecepatan dan respon tinggi dengan dukungan arsitektur berbasis ARM. Prosesornya sendiri sudah mendukung Qualcomm AI Engine untuk berbagai pemrosesan fitur AI.

Teknologi ARM terbaru juga memastikan konsumsi daya yang jauh lebih efisien dibanding laptop lainnya, dengan klaim bahwa masa pakai baterainya hingga 24 jam. Ini dapat meningkatkan produktivitas untuk kebutuhan kerja hingga kreatif.

Selain itu, Acer Swift Go 14 AI juga merupakan Copilot+ PC pertama dari Acer yang mengandalkan kinerja unggulan dari prosesor Snapdragon X Plus. Prosesor besutan Qualcomm yang dibuat dengan teknologi ARM terbaru ini memiliki 8 cores dan clock speed maksimum hingga 4.0 GHz dan didukung pengolahan grafis dari GPU Adreno hingga 1.7 TFLOPs.

Untuk mendukung berbagai pemrosesan berbasis AI, prosesor Snapdragon X Plus sudah dibekali dengan Neural Processing Unit (NPU) Qualcomm Hexagon dengan Qualcomm AI Engine yang memberikan performa AI tinggi hingga 45 TOPS.

Fitur AI yang sempat kami coba di laptop ini adalah Microsoft Copilot+ PC yang dilengkapi dengan beragam tools untuk kebutuhan video dan foto. Namun sayang karena waktu yang terbatas, kami belum sempat mengeksplornya secara lebih mendalam.

Beragam aktivitas kreatif dapat dilakukan dengan fitur AI ini, karena sudah mendukung aplikasi-aplikasi editing populer seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Davinci, Luminar Neo, GIMP, dan Stable Diffusion.

Acer Swift Go 14 AI hadir dengan konfigurasi RAM hingga 16GB LPDDR5X dan penyimpanan 1TB SSD NVMe Gen4. Teknologi Acer TwinAir, yang dilengkapi dengan kipas ganda, menjaga suhu hingga 10% lebih dingin dalam berbagai kondisi, dan performa dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Hadir dengan Dukungan QHD AI Camera 1440

Acer Swift Go 14 AI sudah dibekali dengan Superclear QHD AI Camera bersolusi 1440p. Ketika mencobanya, gambar terlihat jernih. Satu fitur yang menurut kami sangat bermanfaat adalah privacy shutter yang memberikan kenyamanan dan rasa aman.

Selain itu, Acer Swift Go AI juga didukung Acer PurifiedView 2.0 yang menawarkan beragam fitur AI canggih seperti resolusi video yang lebih tajam, dan Automatic Framing.

Fitur-fitur lain di antaranya:

  • Acer User Sensing: Mendeteksi ketika kita berada di depan laptop atau menjauh dari laptop. Fitur ini akan mematikan kamera secara otomatis ketika kita tidak terlihat di depan kamera, lalu aktif kembali saat kita mendekat.
  • Acer PurifiedVoice 2.0: Menggunakan teknologi AI Noise Cancellation dan 3-array microphone untuk meredam kebisingan latar belakang, dan dapat mendeteksi pengguna yang hanya di depan laptop saja (bukan orang-orang di sekitar).

Harga dan Ketersediaan

Pre-order dibuka mulai tanggal 17-27 September 2024. Acer Swift Go 14 AI dibanderol dengan harga promo Rp 14.999.000 dari harga normal Rp 16.999.000. Setiap pembelian sudah termasuk sistem operasi Windows 11 Home dan Office Home Student 2021. Selama masa pre-order, Acer memberikan promo:

  • Diskon Rp 2 juta.
  • 0% installment di Acer eStore dan Acer Official Store di Tokopedia.
  • Gratis akses Microsoft PC Game Pass 3 bulan.
  • Gratis Microsoft Office 365 Basic selama 1 tahun.
  • OneDrive 100 GB. 

Matius Tirtawirya, Consumer Notebook Product Manager, Acer Indonesia, mengatakan, ”Acer Indonesia terus berinovasi guna menghadirkan produk terbaik untuk pelanggan di tanah air. Hadirnya Swift Go 14 AI dengan desain ekslusif khas laptop seri Swift, diharapkan bisa mendukung produktivitas dan kreativitas pelanggan di mana dan kapan pun.”

Content Writter

1606 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.