Dipublish pada Selasa, 10 Sep 2024 | 16:18

Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6, Ada Cerita di Balik AI Listening Mode

Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6, Ada Cerita di Balik AI Listening Mode

Teknologi AI yang hadir di perangkat Galaxy, seperti Galaxy Z series, memberikan kemudahan maksimal bagi pengguna dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Salah satu keunggulan utama yang membedakan perangkat Galaxy dari lainnya adalah fitur On-device AI, di mana model AI terintegrasi langsung di smartphone tanpa memerlukan koneksi internet. Hal ini membuat pengalaman menggunakan perangkat lebih cepat, aman, dan nyaman.

Salah satu fitur terbaru On-device AI yang tersedia di Galaxy Z Fold6 adalah Listening Mode. Fitur ini memungkinkan terjemahan transkrip secara real-time langsung di dalam perangkat, sehingga lebih praktis dan menjaga privasi pengguna dengan lebih baik.

Pengembangan fitur ini dilakukan oleh para insinyur muda berbakat dari Samsung R&D Institute Indonesia (SRIN), yang menganalisis dan memproses data serta model AI untuk menghasilkan terjemahan kontekstual yang lebih akurat.

Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6, Ada Cerita di Balik AI Listening Mode

Dalam menyempurnakan fitur Listening Mode, SRIN mengembangkan model AI yang lebih memahami konteks percakapan, dengan fokus pada peningkatan data dalam beberapa kategori baru.

Menurut Yanuar Rahman, Software Platform Group Head di SRIN, terdapat tujuh kategori utama yang sering dibahas oleh pengguna smartphone Galaxy, yaitu ekonomi, kesehatan, psikologi, AI, sejarah, lingkungan, dan politik. Selain itu, SRIN juga menambahkan kategori agama/kepercayaan untuk memenuhi kebutuhan pengguna di Indonesia.

Fitur Listening Mode di Galaxy Z Fold6 sangat bermanfaat untuk menerjemahkan pembicaraan panjang, mirip dengan subtitle, dan ideal digunakan saat mengikuti pertemuan atau seminar dalam bahasa asing. Proses terjemahan dilakukan secara cepat dan aman langsung di perangkat, sehingga privasi pengguna terjaga.

Samsung Galaxy AI Listening Mode

Keunggulan lain dari On-device AI Listening Mode adalah kemampuan untuk menerjemahkan rekaman penting tanpa perlu khawatir tentang privasi. Misalnya, seorang pengusaha dapat memastikan bahwa informasi bisnis yang sensitif tetap aman karena semua proses dilakukan di perangkat, tanpa bergantung pada server eksternal.

Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, mengungkapkan bahwa penggunaan teknologi Galaxy AI terus meningkat, dari 19% saat pertama kali diperkenalkan di Galaxy S24 series menjadi 27% di Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6. Teknologi AI di Galaxy memberikan pengalaman yang lebih aman, cepat, dan nyaman karena tidak memerlukan koneksi internet.

Galaxy Z Fold6 juga didukung oleh prosesor Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform for Galaxy, yang menawarkan performa CPU, GPU, dan NPU terbaik, serta Vapor Chamber yang menjaga perangkat tetap dingin selama penggunaan intensif. 

Galaxy Z Fold6 tersedia dalam varian 12GB/256GB seharga Rp26.499.000, 12GB/512GB seharga Rp28.499.000, dan 12GB/1TB seharga Rp31.999.000, dengan pilihan warna Crafted Black, White, Silver Shadow, Pink, dan Navy.

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT