Dipublish Pada Jumat, 23 Agu 2024 | 18:33

Indosat Selesaikan Konsolidasi Jaringan dan Transformasi Cloud Core

Indosat, bekerja sama dengan penyedia solusi ICT global, Huawei, telah berhasil menyelesaikan konsolidasi jaringan inti terbesar di Indonesia. Pencapaian ini menjadi tonggak penting bagi kedua perusahaan, sekaligus memperkuat inovasi teknologi komunikasi seluler yang dihadirkan oleh Indosat.

Dengan cakupan lebih dari 100 juta pengguna dan 26 lokasi di seluruh Indonesia, proyek konsolidasi dan transformasi ke cloud core ini diselesaikan hanya dalam 14 bulan, menjadikannya pencapaian pertama di dunia.

Konsolidasi dan transformasi ini secara signifikan meningkatkan kualitas pengalaman jaringan bagi pengguna Indosat di seluruh Indonesia, terutama di daerah pedesaan dan terpencil.

Sebagai contoh, pengguna di Kalimantan akan menikmati peningkatan kecepatan unduh rata-rata sebesar 15%, sementara waktu round trip time (RTT) untuk penggunaan Facebook berkurang hingga 11%. Selain itu, laporan pihak ketiga menunjukkan bahwa pelanggan di Jawa Tengah juga merasakan peningkatan performa dalam bermain game dan menonton video secara langsung.

Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Kami merasa terhormat dapat menciptakan tolok ukur baru bagi industri telekomunikasi. Proyek konsolidasi jaringan inti ini adalah bukti komitmen kami dalam memberikan pengalaman digital kelas dunia kepada pelanggan. Dengan inisiatif ini, kami optimis dapat terus memberikan pengalaman luar biasa sekaligus mencapai misi kami untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia.”

Proyek ini menunjukkan kekuatan teknologi, kerja keras, dan tekad dari kedua belah pihak dalam menghadapi berbagai tantangan. Tim Indosat dan Huawei bekerja tanpa henti untuk melakukan analisis mendalam dan menentukan solusi terbaik untuk konsolidasi jaringan ini.

Mengadopsi teknologi cloud-native terdepan di industri telekomunikasi, Indosat dan Huawei menawarkan solusi dual-engine container yang inovatif guna mendukung jaringan inti 5G dalam skala besar. Solusi ini memungkinkan Indosat mengintegrasikan container secara efisien, mengurangi waktu peluncuran layanan, dan mempercepat time-to-market (TTM).

George Gao, President Huawei Cloud Core Network Product Line, menambahkan, “Berkat kerja sama yang erat, kami sangat senang menyaksikan pencapaian besar dalam menyelesaikan konsolidasi jaringan berskala besar dan kompleks ini dalam waktu yang singkat. Huawei akan terus mendukung Indosat dalam meningkatkan konektivitas jaringan, mempercepat inovasi layanan, dan menciptakan nilai industri dalam transformasi digital, sehingga mencapai kesuksesan bisnis yang lebih besar.”

Indosat juga memperbarui standar kecerdasan dan pengalaman pengguna. Bersama Huawei, Indosat telah membangun jaringan inti yang siap untuk masa depan dan dapat beradaptasi dengan arsitektur cerdas dan hiper-terdistribusi 5G-A.

Ini tidak hanya memenuhi kebutuhan jaringan saat ini, tetapi juga membuka jalan bagi fitur dan layanan 5G yang semakin beragam untuk pengguna toC dan toB.

Ke depannya, Indosat dan Huawei akan terus berkolaborasi dalam membangun jaringan komunikasi seluler yang lebih cerdas, efisien, dan aman, serta memberikan pengalaman layanan yang lebih baik bagi seluruh pengguna di Indonesia.

Kedua perusahaan juga berkomitmen untuk mengatasi tantangan industri dan mendorong perkembangan serta inovasi teknologi komunikasi seluler di Indonesia.

Content Writter

1788 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.