Dipublish Pada Rabu, 21 Agu 2024 | 15:36

Indosat AI Experience Center Pertama di Indonesia Resmi Dibuka!

Indosat lanjutkan komitmennya dalam mewujudkan tujuan besar memberdayakan Indonesia dengan meluncurkan AI Experience Center pertama Indonesia yang bertempat di Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah.

Fasilitas dengan teknologi termutakhir ini didukung oleh konektivitas 5G, menjadi bentuk nyata komitmen Indosat dalam membentuk masa depan Indonesia sebagai negara berdaya AI, serta memposisikan Indonesia sebagai pemain kunci di komunitas AI global.

Peresmian AI Experience Center ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, seperti Wijaya Kusumawardhana, Staf Ahli Menteri Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya yang mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia; Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison; dan Walikota Surakarta, Teguh Prakosa.

Momentum ini menandai kemajuan Indonesia dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045 melalui pemanfaatan teknologi canggih, dengan konektivitas 5G sebagai tulang punggung transformasi ini.

Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya, Wijaya Kusumawardhana, mengatakan, “Kami mengucapkan selamat bagi Indosat Ooredoo Hutchison sebagai pionir dalam menghadirkan AI Experience Center pertama di Indonesia. Inisiatif ini merupakan momentum penting bagi evolusi industri telekomunikasi. Kami percaya bahwa experience center ini akan menjadi katalisator inovasi di berbagai sektor, dan kami secara penuh mendukung kesuksesannya.”

Bermitra dengan perusahaan teknologi global seperti Huawei, Indosat AI Experience Center memamerkan teknologi AI terkini yang dapat diaplikasikan di berbagai sektor, termasuk smart city management yang mengoptimalkan jaringan 5G Indosat, seni, industri makanan, serta industri kreatif.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, menegaskan, “AI Experience Center ini menjadi penanda penting dalam perjalanan kami memberdayakan Indonesia melalui AI. Hal ini mempertegas komitmen kami dalam mentransformasi lanskap digital dan telekomunikasi Indonesia. Kami mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Indonesia dan mitra strategis yang memiliki kesamaan visi dalam mendorong Indonesia ke panggung global. Ini barulah permulaan dari berbagai perkembangan menarik lain dalam membuka peluang tanpa batas bagi jutaan masyarakat Indonesia.”

Tidak hanya untuk menunjukkan inovasi terkini dari AI, experience center ini juga akan berfungsi sebagai pusat pelatihan yang menawarkan program bagi pelajar, aparatur sipil negara, hingga masyarakat luas untuk mempelajari manfaat AI untuk meningkatkan produktivitas dan membuka peluang baru.

Walikota Surakarta, Teguh Prakosa, menekankan, “Kami merasa terhormat dengan dipilihnya Solo oleh Indosat sebagai tempat AI Experience Center pertama di Indonesia. Fasilitas ini tidak hanya akan meningkatkan keunggulan Solo Technopark tapi juga memicu efek berganda bagi ekonomi lokal dan digitalisasi, membawa manfaat bagi edukasi, pariwisata, dan penciptaan lapangan pekerjaan.”

Fasilitas ini akan menjadi awal bagi AI Center of Excellence yang direncanakan didirikan oleh Indosat dalam waktu dekat, yang mana juga akan didukung oleh teknologi 5G.

Komitmen Indosat dalam memajukan teknologi termutakhir di Solo diawali pada tahun 2021 melalui peluncuran layanan 5G, yang diikuti oleh penetapan Solo Safari sebagai kebun binatang 5G pertama di Indonesia.

Berlandaskan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia, AI Experience Center ini akan menjadi katalis bagi inovasi, memperkuat pengembangan sumber daya manusia siap AI, dan membawa manfaat bagi masyarakat dari pemanfaatan AI.

Indosat AI Experience Center tidak hanya hadir sebagai simbol era baru perjalanan revolusi teknologi di Indonesia, namun juga awal perjalanan kebangkitan Indonesia sebagai pemimpin AI.

Dengan fasilitas ini, Indosat tidak hanya berinvestasi pada teknologi, namun juga bagi masa depan bangsa, memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk membuka peluang tanpa batas yang didukung oleh AI dan 5G, serta mendorong masa depan Indonesia yang lebih cerah dan inovatif.

Content Writter

1789 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.