Dipublish pada Kamis, 15 Agt 2024 | 15:03

Trafik Data Telkomsel Melonjak Hingga 650 Persen, Apakah Efek IKN?

Trafik Data Telkomsel Melonjak Hingga 650 Persen

Sejak awal tahun 2023, Telkomsel telah menunjukkan komitmen kuat dalam pembangunan dan pengembangan konektivitas broadband di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebagai bagian dari upaya ini, Telkomsel telah menghadirkan dan menyiapkan 55 Base Transceiver Station (BTS) berteknologi 5G dan 4G di berbagai lokasi strategis di IKN. Langkah ini tidak hanya meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi, tetapi juga mendukung transformasi digital di IKN.

Selain menghadirkan infrastruktur BTS, Telkomsel juga fokus pada penguatan jaringan di area-area penting yang menghubungkan IKN. Hal ini diwujudkan dengan menambah dan mengoptimalisasi jaringan di dua ruas tol utama, yaitu Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Tol Baru IKN.

Langkah ini memastikan para pelanggan tetap mendapatkan konektivitas terbaik saat memasuki wilayah IKN, sehingga mendukung kelancaran aktivitas sehari-hari.

Trafik Data Telkomsel Melonjak Hingga 650 Persen

Keberadaan infrastruktur yang terdepan ini telah memberikan dampak signifikan, di mana Telkomsel mencatatkan lonjakan trafik data hingga 650 persen. Dengan total payload harian rata-rata mencapai 37,4 Terabyte, peningkatan ini menjadi bukti nyata semakin tingginya aktivitas digital di kalangan pekerja, masyarakat, dan pengunjung di IKN.

Infrastruktur yang andal memungkinkan mereka menjalankan berbagai aktivitas dengan lebih efisien dan terhubung secara digital. Dengan cakupan jaringan yang luas dan andal serta inovasi yang terus berkelanjutan, Telkomsel semakin mempertegas perannya dalam mendukung pemerintah mewujudkan IKN sebagai pusat pemerintahan baru yang berkapabilitas smart city berbasis teknologi.

Langkah strategis ini tidak hanya mendukung pengembangan IKN, tetapi juga menjadi bagian dari upaya Telkomsel dalam membangun ekosistem digital yang maju dan berkelanjutan di Indonesia.

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT