Dipublish Pada Rabu, 24 Jul 2024 | 10:11

All-New Kona Electric Hadirkan Hyundai Bluelink dengan Fitur-Fitur Khusus

Foto: Hyundai

Hyundai All-New KONA Electric resmi meluncur pada tanggal 17 Juli melalui gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Mobil listrik Hyundai terbaru yang menjadi Electric Vehicle (EV) pertama dengan baterai produksi Indonesia ini, telah dilengkapi dengan aplikasi Bluelink.

Hyundai Bluelink adalah bagian dari Connected Car Service yang dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan mudah. Beberapa peningkatan telah ditambahkan, dengan beberapa fitur baru yang hanya tersedia di mobil All-New KONA Electric.

Beberapa fitur pada aplikasi Hyundai Bluelink di antaranya:

  • View Around My Vehicle: Fitur ini dapat memberikan tampilan 360 derajat dari berbagai sudut pandang, termasuk atas, depan, belakang, kiri, dan kanan, saat kendaraan dalam keadaan terkunci.
  • Auto Collision Notification (ACN): Fitur yang secara otomatis mengirimkan notifikasi ke Hyundai Call Center apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalkan, jika terjadi kecelakaan dan airbag mengembang.
  • Stolen Vehicle Notification: Memberi notifikasi di smartphone ketika ada upaya membuka paksa pintu mobil.
  • Stolen Vehicle Tracking: Melacak mobil lewat informasi lokasi dan rute yang dilalui.
  • Stolen Vehicle Immobilization: Menghentikan mobilisasi kendaraan secara total setelah permintaan terverifikasi oleh Hyundai Call center.
  • Valet Mode: Melindungi informasi pribadi dengan menonaktifkan kontrol pada infotainment system serta mengawasi kondisi mobil saat sedang menggunakan jasa valet parking.
  • Remote Start dan Stop Climate Control: Pengguna bisa mengatur suhu kabin sekaligus mengaktifkan pengaturan suhu kursi pengemudi dan kursi penumpang, sehingga kendaraan bisa terasa sejuk sebelum digunakan.
  • Scheduled Charging and Climate Control: Membantu pengguna menjadwalkan pengisian daya dan pengaturan suhu kabin, memastikan baterai EV selalu terisi penuh saat dibutuhkan.
  • EV Service: Memantau serta memberikan informasi detail tentang konsumsi energi dan efisiensi daya, untuk mengoptimalkan penggunaan energi dan meningkatkan jangkauan kendaraan.
  • Vehicle to Load (V2L): Menyalakan perangkat elektronik di luar kendaraan dan menentukan persentase daya yang dapat digunakan.

Selain fitur-fitur tersebut, aplikasi Hyundai Bluelink juga akan memberikan notifikasi ke smartphone, apabila pengendara lupa menutup pintu, kap mesin, bagasi, sunroof, atau saat pengisian baterai kendaraan jika sudah melebihi daya.

Sebagai tambahan , Hyundai Bluelink pada All-New KONA Electric juga dilengkapi dengan berbagai indikator kendaraan seperti Charging Port Connection Status, Battery Level, Scheduled Charging On/Off, dan Scheduled Climate Control On/Off, melalui fitur Charging Status.

Aplikasi Hyundai Bluelink untuk All-New KONA Electric kini juga sudah menyediakan informasi Odometer kendaraan, yang memungkinkan pemilik untuk memeriksa informasi jarak tempuh kendaraan kapan dan di mana pun. 

Selain itu, data odometer kendaraan juga terintegrasi dengan aplikasi myHyundai Indonesia yang akan memberikan pengingat servis berkala ketika kendaraan telah memasuki masa servis. Untuk mendapatkan fitur-fitur tersebut, pengguna cukup melihat halaman Vehicle Report pada menu Status di aplikasi Hyundai Bluelink.

Foto: Hyundai

Hyundai Bluelink juga sudah dilengkapi dengan fitur navigasi yang lengkap dan mudah digunakan. Salah satunya melalui fitur Search Nearby, yang kini memungkinkan pengguna untuk mengetahui lebih banyak point of interest (POI), meliputi Nearby Charging Station, Nearby Parking, Nearby Shopping, dan Nearby Eat & Drink.

Fitur-fitur navigasi lainnya meliputi:

  • Send to Car: Informasi petunjuk arah ke lokasi POI yang sudah terintegrasi, sehingga pengguna bisa mengirim lokasi POI yang ingin dituju dari aplikasi ke kendaraan secara seamless.
  • EV Driving Range: Pengguna dapat melihat seberapa jauh jarak yang dapat ditempuh kendaraan berdasarkan kapasitas baterai yang tersedia, melalui dua lingkaran yang masing-masing menunjukkan radius jarak yang dapat ditempuh menggunakan 80% dan 100% dari kapasitas baterai yang tersedia.
  • Previous Destinations: Memberi informasi seputar lokasi yang pernah dikunjungi untuk memudahkan pengguna mengunjungi kembali lokasi-lokasi yang masih kurang familiar.
  • Last Mile Navigation: Pengguna dapat melanjutkan panduan navigasi yang ditampilkan di kendaraan ke aplikasi Hyundai Bluelink ketika lokasi tujuan berjarak 200 m s/d 2 km dari lokasi kendaraan diparkir.
  • Connected Routing: Menampilkan informasi terkait rute perjalanan yang lebih tepat, waktu tiba yang lebih presisi, hingga kondisi lalu lintas yang lebih akurat.

Hyundai Bluelink memungkinkan penggunanya untuk update software kendaraan secara langsung berkat teknologi over-the-air (OTA), sehingga pengguna dapat memperbarui sistem secara secara nirkabel tanpa harus datang ke bengkel resmi Hyundai.

Nantinya, pembaruan software akan diperiksa secara berkala oleh sistem dan diunduh secara otomatis saat tersedia. Karena proses download tidak mengganggu penggunaan fitur lain, dan notifikasi akan muncul di head unit, pengguna pun bisa bebas menggunakan fitur yang tidak dalam proses update tanpa gangguan yang akan muncul pada head unit.

Aplikasi Hyundai Bluelink juga bisa dioperasikan menggunakan perintah suara dengan cara menekan tombol khusus di setir, untuk mengontrol kendaraan serta mengoperasikan sistem infotainment melalui fitur Voice Command. 

Fitur ini dapat digunakan untuk mengirim pesan dan menelepon setelah pengguna menghubungkan smartphone ke sistem infotainment via Bluetooth. Sementara untuk informasi prakiraan cuaca di lokasi sekitar untuk enam hari ke depan, dapat ditemukan di fitur Weather.

Hyundai Bluelink dapat diunduh secara gratis melalui Play Store dan App Store, serta memungkinkan pengguna terhubung dengan Hyundai Call Center 7 x 24 jam untuk akses bantuan di kondisi darurat yang lebih mudah.

Content Writter

1605 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.