Diperbaharui Pada Rabu, 3 Jul 2024 | 16:45

Sharp dan IDI Sosialisasikan Pentingnya Udara Sehat Dalam Ruangan

Sharp Indonesia bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI)

Sharp Indonesia bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama -sama mensosialisasikan penting-nya menciptakan udara sehat di dalam ruangan di tengah masyarakat.

Hal ini tidak terlepas dari permasalahan polusi udara sudah menjadi polemik global yang tak kunjung usai. Tidak hanya terjadi di luar ruang, polusi udara dalam ruang pun merupakan ancaman bagi kesehatan yang perlu di waspadai. 

Melansir informasi yang dikeluarkan oleh United States Enviromental Protection Agency (EPA), jika kadar polutan dalam ruangan memiliki tingkat 2 hingga 5 kali, bahkan hingga sampai 100 kali lebih tinggi daripada kadar polutan di luar ruangan. 

Namun sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum menyadari hal tersebut, mereka masih menganggap bahwa kondisi di dalam ruangan akan lebih aman dari berbagai ancaman polusi yang berbahaya.  

Nyatanya, kondisi kualitas udara dalam ruang yang buruk, memiliki dampak yang lebih berbahaya dari polusi udara di luar ruangan karena kebanyakan orang menghabiskan sekitar 90 persen waktu mereka di dalam ruangan. 

Banyak penyebab polusi udara dalam ruang terjadi, salah satunya adalah ventilasi udara buruk yang menyebabkan debu, proses pembakaran dalam rumah tangga seperti rokok, memasak, bahan kimia pembersih, bulu binatang, tungau, jamur dan serbuk terjebak dalam ruangan.

Sehingga menyebabkan polusi udara dalam ruangan memiliki dampak yang lebih mematikan, kualitas udara yang buruk dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti  pneumonia, sakit kepala, sakit tenggorokan, sesak nafas, bersin, iritasi pada mata, stroke hingga Jantung. 

Pneumonia merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang menyerang organ paru-paru yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur yang ada di udara.

Selama beberapa dekade terakhir terjadi peningkatan kasus ISPA baik secara global dan menjadi penyebab utama kematian pada bayi dan balita.  

Polusi udara juga memiliki dampak serius pada anak - anak yang dapat menyebabkan gangguan kognitif yang mempengaruhi perkembangan otak anak, seperti sulit berkonsentrasi yang menyebabkan turunnya kemampuan belajar dan daya ingat, pengembangan paru yang tidak optimal hingga gangguan pada pertumbuhan.

Shinji Teraoka, Presiden Direktur, PT Sharp Electronics Indonesia, mengatakan “Sudah lebih dari 20 tahun Sharp mengembangkan teknologi Plasmacluster, selama itu pula Sharp terus melakukan penelitian guna meningkatkan fungsi dari produk penjernih udaranya agar dapat memberikan ekstra perlindungan dalam menjaga kesehatan konsumen setianya."

“Melalui kerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia, kami berharap kami dapat berkontribusi lebih banyak dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menciptakan udara yang sehat di rumah mereka,” ujar Shinji Teraoka. 

“Ciptakan Udara Sehat Untuk Indonesia’ menjadi slogan yang diangkat guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menghadirkan kualitas udara yang bersih, sehat dan segar di dalam rumah. 

Pesan ini sangat sesuai dengan fungsi air purifier dan teknologi Plasmacluster milik Sharp. Seluruh produk air purifier Sharp dibenamkan ion generator yang menghasilkan Ion Plasmacluster bermuatan positif (H + (H2O) m) dan ion bermuatan negatif (O2– (H2O) n) yang dilepaskan ke udara secara bersamaan.

Ion positif dan negatif secara instan mengikat pada permukaan bakteri di udara, jamur, virus, alergen, dan sejenisnya, kemudian mengubahnya menjadi radikal OH (hidroksil) yang memiliki daya oksidasi sangat tinggi.

TeknoIogi Plasmacluster menjadi teknologi pemurnian udara unik yang bekerja untuk menekan aktivitas bakteri, dll, dengan memecah protein di permukaan tubuh mereka melalui reaksi kimia.

Teknologi Plasmacluster mampu menghilangkan bau, melumpuhkan virus, bakteri dan kuman serta mengurangi pertumbuhan jamur dan listrik statis.

Teknologi ini telah dipatenkan oleh Sharp dan sudah lebih dari 40 lembaga riset di dunia melakukan uji coba kemampuan Plasmacluster dalam melumpuhkan 99.9% beragam virus penyakit pernafasan dan mampu meningkatkan konsentrasi pada pengemudi kendaraan.

Saat ini Sharp menjadi satu-satunya brand elektronik yang memiliki jajaran produk air purifier terlengkap di Indonesia yang memiliki beragam fungsi, seperti pengatur kelembaban ( humidifier / dehumidifier ) pada ruangan, memurnikan ruang  kabin kendaraan, dan personal care.

“Kami dari Ikatan Dokter Indonesia sangat mengapresiasi Sharp Indonesia yang memiliki komitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kualitas udara di dalam ruangan.

Dampak polusi udara dalam ruang ini menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan yang utama di Indonesia,” jelas . Dr. Ulul Albab, Sp.OG, Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Ia menambahkan, sesuai dengan program kesehatan pemerintah Republik Indonesia, IDI berharap melalui kampanye ini mereka dapat meningkatkan kesadaran masyarakat hingga dapat menyukseskan program pemerintah dalam mengurangi kasus angka kematian akibat Pneumonia yang terjadi di Indonesia.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Sharp, sembilan dari sepuluh dokter di lima kota besar Indonesia pengguna produk air purifier Sharp, merekomendasikan produk air purifier dengan teknologi Plasmacluster dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruang. Penelitian ini dilakukan melalui kerjasama antara  Sharp dan lembaga survei medis dan farmasi, MIMS.

Sharp Purefit Mini Series

Yang terbaru, Sharp meluncurkan Purefit mini series. Sharp Purefit mini series dihadirkan untuk memenuhi permintaan pasar dengan coverage area yang lebih kecil.

Hadir dalam tiga tipe yaitu Sharp Purefit FP-S40Y-T, Sharp Purefit FP-S40Y-W dan Sharp Purefit FP-S42Y-L, Sharp Purefit mini series dibenamkan beragam fitur yang tak kalah canggihnya guna meningkatkan kualitas udara yang lebih bersih, sehat dan segar dalam ruangan.

Sharp Purefit mini-series sudah tersedia dipasaran dengan tiga pilihan warna off white, brown dan Gray. Ketiga tipe produk ini dilempar ke pasaran dengan kisaran harga 2 Jutaan.

JIka tertarik Anda dapat membeli secara offline di toko Best Electric, Electronic City dan Informa kemudian untuk online store di Blibli.

Setiap transaksi pembelian Sharp Purefit mini series tipe apapun selama periode 3 – 5 Juli 2024 akan mendapatkan cashback e wallet sebesar Rp 200.000.

Content Writter

2486 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.