Diperbaharui Pada Jumat, 14 Jun 2024 | 14:14

Samsung Solve for Tomorrow 2024: Mendorong Inovasi AI di Indonesia

Samsung Electronics Indonesia mengumumkan kembalinya kompetisi bergengsi "Samsung Solve for Tomorrow" (SFT) di tahun 2024. Kompetisi ini bertujuan untuk memotivasi talenta muda Indonesia dalam bidang Science, Technology, Engineering, and Math (STEM) untuk menciptakan solusi inovatif yang bisa menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat. 

Dengan tema yang lebih luas, SFT 2024 diharapkan dapat menjangkau lebih banyak peserta dan menghasilkan ide-ide brilian yang berkelanjutan.

Tentang Kompetisi

Samsung Solve for Tomorrow 2024 akan terbagi dalam tiga tema utama yang relevan dengan isu-isu global saat ini.

Pendidikan & Pembelajaran

Berkontribusi dalam dunia pendidikan dengan menciptakan terobosan baru yang menggunakan inovasi AI untuk membuat proses belajar mengajar lebih menarik dan efektif.

Lingkungan & Keberlanjutan

Memberikan ide dan solusi berbasis AI yang dapat meminimalkan masalah lingkungan dan perubahan iklim.

Kesehatan & Kesejahteraan

Menggunakan teknologi AI untuk memastikan bahwa setiap orang dapat hidup sehat dan sejahtera.

Tahun ini SFT dibuka untuk dua kategori, yakni kategori Siswa (SMA, SMK, MA dan setara), lalu kategori mahasiswa (D3, D4, dan S1) dari jurusan pendidikan apapun, selama masih berstatus aktif.

Nantinya, setiap tim terdiri dari 2-4 peserta dan berasal dari sekolah atau perguruan tinggi yang sama dan tiap institusi pendidikan (sekolah maupun kampus) dapat mendaftarkan maksimal 3 tim.

Wajib Tahu Sebelum Mendaftar Samsung Solve for Tomorrow 2024

Sebelum mendaftarkan diri menjadi peserta Samsung Solve for Tomorrow 2024 ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar bisa lolos sampai tahap final

Mekanisme Kompetisi

Peserta mengajukan concept paper yang menjelaskan ide dan konsep penggunaan AI untuk memecahkan masalah yang relevan dengan tema yang dipilih.

Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dibuka mulai 29 Mei hingga 22 Juni 2024. Peserta dapat mendaftar di situs resmi Samsung Solve for Tomorrow. Ada beberapa tahapan mulai dari pendaftaran hingga menjadi finalis yang harus diperhatikan bagi setiap peserta.

Untuk mendaftar dalam Samsung Solve for Tomorrow 2024 di Indonesia, berikut adalah langkah-langkahnya:

Keseluruhan tahapan kompetisi akan berjalan selama kurang lebih enam bulan yang dimulai dengan tahap Seleksi. Pada tahap seleksi awal ini, Panitia SFT 2024 akan mengevaluasi kelengkapan administrasi dari para peserta termasuk konsep ide yang diajukan untuk dapat mengikuti Design Thinking Workshop yang akan dilakukan dalam 4 sesi pertemuan.

Selanjutnya, setelah mengikuti Design Thinking Workshop, para peserta dipersilakan untuk menyempurnakan konsep idenya dengan menambahkan insight dan pengetahuan baru yang mereka dapatkan dari Design Thinking Workshop.

Kemudian Panitia SFT 2024 akan melakukan seleksi untuk 40 tim dari masing-masing kategori untuk dapat melanjutkan ke babak semifinal, dimana para peserta akan mendapatkan pelatihan AI Amplification dan Mentoring Session yang akan diberikan oleh para pakar di bidangnya untuk melanjutkan pengembangkan ide solusi mereka dengan lebih lanjut dan merancang prototipe untuk pilihan tema utama yang dipilih dengan fokus solusi isu saat ini. 

Nantinya, para peserta dari 15 tim (dari masing-masing kategori) yang terpilih ke babak final akan diberikan kesempatan mempresentasikan solusi mereka di hadapan para juri dan proses penilaian akan dilakukan oleh para juri. Adapun para juri yang terlibat meliputi Samsung, serta perwakilan dari Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi serta dari Partner Industri.

Penilaian pemenang SFT 2024 akan ditentukan berdasarkan kreativitas, kelayakan, relevansi & potensi dampak solusi yang diajukan, STEM & Integrasi AI, dan lainnya. Para pemenang dari masing-masing kategori (ksategori SMA, SMK, MA, setara dan kategori universitas) akan mendapatkan hadiah berupa rangkaian produk-produk menarik dari Samsung, yaitu juara 1 senilai Rp170.000.000, Juara 2 senilai Rp75.000.000, dan Juara 3 senilai Rp30.000.000. Sebagai tambahan, Samsung juga memberikan pemenang terpilih yaitu People’s Choice Awards yang akan menerima hadiah serupa dengan nilai Rp23.000.000.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kompetisi, termasuk syarat dan ketentuan, serta tips dalam menyusun proposal, kunjungi situs resmi Samsung Solve for Tomorrow

Ayo wujudkan inovasi AI dan berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik melalui Samsung Solve for Tomorrow 2024!

Content Writter

1717 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.