Diperbaharui Pada Senin, 20 Mei 2024 | 17:19

Mobil Listrik Cerdas Aion Hadir di Indonesia, Bawa 6 Inovasi Teknologi

Foto: GAC Aion

Segmen pasar mobil listrik Indonesia bertambah ramai dengan hadirnya produsen asal Tiongkok, GAC Motor, yang menawarkan solusi bagi konsumen di Indonesia melalui rangkaian inovasi dan teknologi Aion yang dibawanya. 

GAC Motor adalah perusahaan otomotif dengan misi one-step-ahead technology yang mengklaim terus berinovasi dalam menyediakan teknologi mobil listrik terdepan di berbagai aspek. Misi tersebut dihadirkan melalui enam inovasi teknologi Aion sbb:

1. AEP 4.0

AEP 4.0 diklaim sebagai platform EV yang komprehensif, canggih, dan pertama di jenisnya. Teknologi ini befokus pada modularitas, efisiensi, konektivitas, dan keberlanjutan, yang memberikan pengendara pengalaman mengendarai supercar.

Teknologi AEP 4.0 ini memungkinkan mobil untuk melaju dengan kecepatan hingga 300 km/detik, dengan 0-100kph dalam 4,9 detik menggunakan single-motor, atau 1,9 detik dengan kekuatan multi-motor.

2. Penggerak Listrik Terintegrasi 4-in-1

Aion menghadirkan penggerak listrik terintegrasi 4-in-1 yang mengintegrasikan sistem dual-motor, pengendali, serta two-speed reducers, sehingga mampu menghasilkan kekuatan 340 kW, mengefisiensi penggerak komprehensif sebesar 90%, meningkatkan daya sebesar 13%, mengurangi volume kendaraan sebesar 30%, serta mengurangi berat komponen kendaraan sebesar 25%.

3. Baterai Super-fast Charging

Teknologi baterai super-fast charging yang dimiliki Aion, diklaim memungkinkan mobil untuk melakukan perjalanan sejauh 200 km hanya dalam waktu pengisian selama lima menit. 

Temuan ini didukung oleh serangkaian inovasi teknologi, seperti adopsi porositas tingkat tinggi yang dilapisi oleh separator keramik dan pemanfaatan material grafin tiga dimensi (3DG).

4. Arsitektur Xingling

Arsitektur ini merupakan kerangka komando elektronik dan listrik milik Aion yang mengintegrasikan koneksi Ethernet berkecepatan tinggi dengan jaringan 5G, dan fitur keamanan canggih guna mendukung kinerja Kendaraan Listrik Baterai (BEV) dan hibrida menjadi lebih efisien. 

Arsitektur Xingling berbasis digital mirror cloud dan terdiri dari tiga komponen komputer core cluster dengan sistem komputasi terpusat yang secara signifikan meningkatkan pengemudian cerdas melalui sistem sensor multi-fusion yang menggabungkan 39 sensor, termasuk teknologi penglihatan jarak jauh inframerah Fengyun-3 dan LIDAR zoom generasi kedua. 

Sistem ini diklaim unggul dalam berbagai kondisi, memberikan visual yang jelas dan deteksi hambatan yang akurat, bahkan pada cuaca dan pencahayaan yang buruk.

5. ADiGO 4.0

Inovasi teknologi Aion ini merupakan sebuah sistem pengemudi cerdas yang menggabungkan sensor canggih serta peta presisi tinggi yang memungkinkan kemampuan mengemudi otomatis yang lebih baik. 

ADiGO 4.0 memiliki sistem operasi G-OS, serta menawarkan HMI yang ditingkatkan dengan layar besar 14,6/15,6 inci, dan personalisasi yang didorong oleh AI guna meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

6. Intelligent Healthy Cabin

GAC Motor (Aion) telah menginvestasikan lebih dari 500 juta yuan dalam penelitian dan pengembangan untuk memanfaatkan keunggulan BEV dalam hal kesehatan, lingkungan, dan jaringan cerdas, yang menghasilkan inovasi “Intelligent Healthy Cabin". 

Inovasi teknologi ini merupakan yang pertama di Tiongkok, di mana meliputi penyaringan udara segar dengan tenaga surya, sistem AC pompa panas aliran ganda, serta bahan interior yang menjadi standar industri dengan perlindungan elektromagnetik. 

Dengan inovasi ini, Aion memperoleh sertifikasi level-A pertama di Tiongkok untuk kabin sehat CN95 dan kabin bebas elektromagnetik. Inovasi ini meliputi sistem filtrasi dan sterilisasi medis jarak jauh pertama di dunia hanya dengan satu kali klik, serta menawarkan opsi sterilisasi terjadwal atau langsung dari jarak jauh. 

Selain itu, Aion juga memperkenalkan teknologi “Chinese Medicine Fragrance for the 24 Solar Terms”, sebuah teknologi perawatan kesehatan di dalam mobil yang pertama di dunia, yang telah lolos uji sterilisasi dan pembunuhan virus yang sudah di atas standar keamanan nasional.

CEO PT Indomobil Energi Baru, Andry Ciu mengungkapkan, “Sejalan dengan target pemerintah untuk mencapai dua juta pengguna pada 2030, Aion hadir di Indonesia untuk mendukung tercapainya agenda pemerintah tersebut dengan menghadirkan sahabat berkendara yang cerdas (intelligent companion).”

Andry Ciu berkeyakinan bahwa mobil listrik Aion dapat mendisrupsi industri otomotif nasional melalui produk yang menurutnya memiliki value for money dan sesuai dengan standar nasional.

Content Writter

1536 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.