Diperbaharui Pada Jumat, 26 Apr 2024 | 18:41

Samsung Solve for Tomorrow Kembali Digelar, Siapkan Inovasimu!

Samsung Solve for Tomorrow (SFT) kembali digelar pada tahun 2024 sebagai program pembelajaran dan kompetisi Science, Technology, Engineering, and Math (STEM) bagi talenta muda yang ingin mewujudkan solusi inovatif untuk memecahkan masalah masyarakat. Tahun ini, program ini diperluas untuk mencakup kalangan mahasiswa (D3, D4, dan S1), serta siswa Sekolah Menengah Atas dan sederajat (SMA, SMK, dan MA).

“Setelah keberhasilan tahun lalu, kami memperluas cakupan peserta program SFT tahun 2024 untuk mahasiswa tingkat D3, D4, dan S1, sebagai bagian dari visi kami untuk mendukung dan membentuk talenta digital muda Indonesia. Sejalan dengan agenda Indonesia Emas 2045, kami berkomitmen untuk berperan aktif dalam membentuk generasi muda yang mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar mereka,” ujar Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia.

Pada tahun 2023, program ini diikuti oleh 309 tim yang terdiri dari 1.087 peserta dari Sekolah Menengah Atas dan sederajat (SMA, SMK, dan MA). Keberhasilan program Samsung SFT 2023 mendapatkan penghargaan Platinum Award untuk kategori Best in Provision of Literacy and Education Award di ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit and Awards™ 2024 pada 25 April 2024 di Hanoi, Vietnam.

Salah satu tim perempuan, Qalam Malaq, menjadi salah satu dari tiga pemenang SFT 2023. Tim ini berasal dari SMAN 78 Jakarta dan mengembangkan inovasi pembersih udara menggunakan MALAQ (MicroALgae AQuarium). Solusi mereka sudah diimplementasikan di salah satu hotel bintang 5 di Jakarta dan akan terus dikembangkan.

Para peserta lainnya dari tahun sebelumnya juga sedang mengembangkan prototipe inovasi mereka untuk digunakan lebih luas. Misalnya, tim dari SMA Negeri 16 Surabaya mengembangkan superapps Tresurian yang dilengkapi dengan AI untuk pengelolaan sampah secara berkelanjutan.

Tahun ini, Samsung SFT akan fokus pada tema Education & Learning, Environment & Sustainability, serta tema baru Health & Wellness. Para peserta diundang untuk menggunakan STEM dalam menciptakan inovasi, aplikasi teknologi kreatif, dan cara-cara baru untuk belajar dan mencapai masa depan yang lebih baik.

“Pentingnya keterampilan AI didasari oleh studi yang menunjukkan bahwa teknologi ini akan terus memacu produktivitas di dunia usaha. Dengan potensi AI yang besar, dunia usaha perlu fokus mempersiapkan talenta AI untuk mencapai aspirasi masa depan yang lebih cerah,” tambah Ennita Pramono.

Pendaftaran program Samsung SFT 2024 akan dibuka pada bulan Mei 2024 melalui website resmi program Solve for Tomorrow. Program ini akan berlangsung selama sekitar lima bulan dengan tiga fase kompetisi: preliminary, semi-final, dan final. Selain keterampilan teknis, peserta juga akan menerima pelatihan komprehensif dalam soft skill penting seperti kerja sama tim, berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi melalui workshop Design Thinking dan sesi mentoring bersama pakar dari Samsung dan mitra program.

Content Writter

1717 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.