Dipublish Pada Kamis, 1 Feb 2024 | 17:38

Samsung Innovation Campus Batch 5, Daftar Disini!

Di era digital seperti sekarang, pemanfaatan teknologi semakin menjadi fokus utama. Bukan hanya untuk mempercepat pekerjaan, tetapi juga berkontribusi besar terhadap Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB). Penggunaan kecerdasan buatan (AI) menjadi salah satu pendorong utama dalam hal ini. Di Indonesia, antusiasme terhadap produk dan layanan berbasis AI cukup tinggi karena dianggap dapat membantu mempermudah berbagai tugas dan pekerjaan.

Namun, masih ada kekurangan dalam hal ketersediaan tenaga kerja digital yang mahir, khususnya dalam bidang AI. Laporan menunjukkan bahwa Indonesia membutuhkan sekitar 600 ribu talenta digital baru setiap tahunnya untuk mencukupi kebutuhan industri hingga tahun 2030. Saat ini, hanya sekitar 1% tenaga kerja Indonesia yang memiliki keterampilan digital tingkat lanjutan, sementara 50% lainnya hanya memiliki keterampilan digital dasar dan menengah.

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 68 tahun 2022 tentang revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi. Tujuannya adalah meningkatkan kualitas dan kompetensi generasi muda di pasar tenaga kerja domestik dan internasional. Sebagai bagian dari upaya tersebut, Samsung terus memajukan program Samsung Innovation Campus (SIC) untuk melatih talenta digital muda di Indonesia.

Program SIC telah memasuki batch 5 tahun ini dan terus berfokus pada pengembangan pengetahuan digital di bidang AI, IoT, dan Coding & Programming. Para peserta program ini tidak hanya diajarkan keterampilan teknis, tetapi juga keterampilan lunak dan pengembangan karir. Di akhir program, mereka diharapkan dapat menciptakan prototipe produk teknologi yang dapat memecahkan masalah sehari-hari di sekitar mereka.

Melalui program SIC, Samsung berharap untuk mempersiapkan talenta muda Indonesia dengan keterampilan AI yang kompetitif di pasar kerja yang semakin berkembang. Program ini juga bertujuan untuk membantu guru dan dosen meningkatkan kemampuan TIK mereka, sehingga proses belajar mengajar dapat menjadi lebih berkualitas.

Pihak Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan Kementerian Agama Republik Indonesia menyambut baik kelanjutan program SIC. Mereka berharap bahwa melalui pelatihan AI, siswa dan mahasiswa dapat menjadi lebih kreatif, analitis, dan mampu menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Saat ini, pendaftaran untuk SIC Batch 5 telah dibuka untuk siswa SMA/MA, mahasiswa aktif (D3-S1), dan guru yang berminat. Program ini menawarkan berbagai pelatihan baru, termasuk kursus AI, pelatihan soft skill, dan pengembangan karir. Di akhir program, peserta akan menerima sertifikat resmi dari Samsung.

Dengan demikian, program SIC Batch 5 diharapkan dapat membantu menghasilkan lebih banyak talenta digital yang siap bersaing di era digital ini. Dengan peningkatan keterampilan AI dan dukungan dari berbagai pihak, generasi muda Indonesia akan siap menghadapi tantangan di masa depan dan menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Content Writter

1793 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.