Diperbaharui Pada Kamis, 1 Feb 2024 | 16:05

Galaxy AI dalam Bahasa Indonesia Akan Hadir Kuartal Kedua


Samsung resmi meluncurkan perangkat smartphone flagship terbarunya Galaxy S24 Series yang menonjolkan Ai. Sayangnya fitur AI ini belum mendukung bahasa Indonesia.

Beragam fitur yang didukung oleh teknologi AI pada Samsung Galaxy S24 Series  yang terdiri dari Galaxy S24, Galaxy S24+ dan Galaxy S24 Ultra dapat ditemukan di antaranya pada fitur ‘Circle to Search with Google’ yang memudahkanmu untuk mencari tahu tentang objek yang ditemui di sekitar, dengan cara melingkari objek tersebut di layar smartphone.

Selain itu, Samsung Galaxy S24 Series juga dibekali dengan teknologi komunikasi lintas bahasa menggunakan fitur ‘Live Translate’ dan ‘Chat Assist’.

Lalu ada juga ‘Web Assist’ yang mengubah cara membaca informasi online, ‘Transcript Assist’ yang memudahkan pembuatan transkrip saat meeting atau wawancara, dan ‘Note Assist’ yang menyederhanakan proses membuat Minutes of Meeting (MoM).

Hanya saja untuk Live translate, chat assist, web assist dan fitur AI yang berbasis teks belum mendukung bahasa Indonesia. Meski Samsung mengklaim mendukung 13 bahasa namun tidak ada bahasa Indonesia. 

Terkait hal ini, Selvia Gofar, Head of Product Marketing Mobile Experience (MX) Team, Samsung Electronics Indonesia (SEIN), mengatakan semua sedang dipersiapkan.

Karena bahasa Indonesia memiliki kerumitan tersendiri. "Ai dalam bahasa Indonesia sedang dipersiapkan, karena memiliki keunikan tersendiri," ujar Selvia Gofar dalam peluncuran Galaxy S24 series di Jakarta.

Ia mencontohkan adanya penggunaan bahasa slang yang tidak ada di bahasa baku. "Jadi masih butuh waktu." Ketika ditanya kapan AI bahasa Indonesia ini akan dihadirkan, Selvia mengatakan, “AI bahasa Indonesia akan dihadirkan di kuartal kedua.”

Content Writter

2486 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.