Diperbaharui pada Kamis, 18 Januari 2024 | 01:01

Resmi! Spek Asli Samsung Galaxy S24 Series, Harga Mulai 13 Jutaan

Samsung Galaxy S24

Samsung secara resmi mengumumkan kehadiran jajaran produk hp Samsung Galaxy S terbaik mereka yakni Galaxy S24 Series. Berbeda dengan seri galaxy S23 sebelumnya, kali ini Samsung justru membuat Galaxy S24 lebih menjanjikan pengalaman pengguna yang revolusioner, terutama berkat kehadiran kecerdasan buatan (AI).

Desain Modern yang Tetap Klasik

Samsung Galaxy S24

Dilihat dari desain, sekilas Galaxy S24 telrihat tidak mengalami perubahan besar dari pendahulunya, Galaxy S23. Namun jika diperhatikan lebih baik, Samsung membawa sentuhan baru dengan menjadikan Galaxy S24 series ini menjadi Galaxy S Series pertama yang dirancang dengan Thermoplastic Polyurethane (TPU) dan baja daur ulang, khusus di Galaxy S24 Ultra, setidaknya 50% kobalt daur ulang digunakan pada baterai dan 100% unsur rare earth daur ulang dipakai untuk speaker.

Galaxy S24 Ultra mencakup setidaknya 40% baja daur ulang pada speaker  dan paling tidak 10% TPU daur ulang hasil dari kegiatan manufaktur pada side key dan tombol volume. Meskipun, Galaxy S24 dan S24 Plus masih menggunakan Armor Aluminium 2.0, tapi kedua serie ini dikemas dalam kotak yang terbuat dari bahan kertas daur ulang 100%.

Galaxy S24 memiliki sertifikasi UL ECOLOGO®  dan jejak karbonnya telah diukur dan diverifikasi oleh The Carbon Trust .

Performa Unggulan dengan Chipset Terkini

Galaxy S24

Samsung Galaxy S24 series kini kembali hadir dengan dua chipset, yakni Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform for Galaxy dan juga Exynos 2400. Hal ini cukup menandai kembalinya Exynos setelah eksklusivitas Snapdragon pada Galaxy S23.

Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform for Galaxy dipastikan digunakan oleh Samsung Galaxy S24 Ultra sebagai varian tertinggi dari seri ini. Chipset terbaru Snapdragon ini menawarkan peningkatan signifikan dalam kinerja CPU dan GPU, menghadirkan kecepatan dan efisiensi daya yang lebih baik.

Di sisi lain, Galaxy S24 dan juga Galaxy S24 Plus ditenagai oleh chipset Exynos 2400 di beberapa pasar, termasuk Indonesia. Samsung mengklaim peningkatan kinerja AI yang mencolok, menjadikannya 70% lebih cepat daripada pendahulunya. Keduanya menawarkan hasil benchmark yang luar biasa, meskipun Snapdragon masih memegang keunggulan.

Layar Jernih dan Canggih

Galaxy S24

Galaxy S24 Series memiliki layar Dynamic AMOLED 2X FHD+ di mana Galaxy S24 Plus mengusung ukuran 6,7 inci dan Galaxy S24 menawarkan ukuran 6,2 inci dengan spesifikasi dimensi perangkat yang tetap sama. Galaxy S24 Ultra memiliki layar yang lebih datar berukuran 6,8 inci yang tidak hanya dioptimalkan untuk menonton, tapi juga untuk produktivitas.

Sebagai tambahan, Galaxy S24 Plus kini mendukung tingkat QHD+ yang sama dengan Galaxy S24 Ultra, tentunya dengan kecerahan luar biasa hingga 2.600 nits serta visibilitas yang lebih baik di luar ruangan berkat adanya Vision Booster. Layar ini mendukung refresh rate hingga 120Hz dan dilengkapi dengan pemindai sidik jari tertanam untuk kemudahan pengguna.

Corning® Gorilla® Armor di layar Galaxy S24 Ultra telah mengalami peningkatan sedemikian rupa dan mendemonstrasikan daya tahan yang superior terhadap kerusakan akibat goresan sehari-hari. Ini memberikan pengurangan refleksi hingga 75% dalam berbagai kondisi pencahayaan, memastikan pengalaman melihat yang halus dan nyaman.

Peningkatan desain di seluruh model Galaxy S24 Series lewat bezel yang lebih ramping dan rata memberi viewing experience yang immersive dan memungkinkan ukuran layar menjadi lebih besar.

Kamera Lebih Berkualitas

kamera Galaxy S24

Galaxy S24 Series hadir dengan ProVisual Engine  berisikan tools berbasis AI yang komprehensif untuk mentransformasi kemampuan pengambilan gambar dan memaksimalkan kebebasan dalam menuangkan kreativitas, mulai dari membidik objek hingga membagikannya di media sosial.

Lupakan gambar yang shaky atau pecah saat memotret dari jarak jauh karena Galaxy S24 Ultra menawarkan Quad Tele System dengan lensa 5x optical zoom terbaru yang disandingkan dengan sensor 50MP dan dilengkapi teknologi Adaptive Pixel Sensor untuk memungkinkan kualitas optical zoom di berbagai level zoom, dari 2x, 3x, 5x, hingga 10x . Foto pun tetap jernih di level pembesaran 100x berkat peningkatan digital zoom.

Dengan Nightography yang ditingkatkan, foto dan video yang diambil dengan Galaxy S24 Space Zoom akan tampil brilian pada kondisi apa pun, bahkan saat di-zoom.

Galaxy S24 Ultra pun mampu menangkap lebih banyak cahaya dalam kondisi redup berkat ukuran piksel yang lebih besar yakni 1,4 μm, yang artinya 60% lebih besar  dibanding model sebelumnya.

Galaxy S24 Ultra juga sanggup meminimalkan blur berkat optical image stabilizer (OIS) yang lebih lebar dan hand-shake compensation yang ditingkatkan. Dedicated ISP Block untuk mengurangi noise pun tertanam baik di kamera depan maupun belakang, dan Galaxy S24 mampu menganalisa informasi yang dikumpulkan gyro untuk membedakan pergerakan perekam dengan subjek yang direkam.

Jadi, perangkat mampu mengurangi noise dengan lebih efektif dan menghasilkan video yang lebih jelas dalam kondisi gelap, bahkan saat merekam dari jarak jauh.

Untuk optimalisasi yang lebih mudah dan efisien, pengguna bisa memanfaatkan Edit Suggestion  yang telah menggunakan Galaxy AI untuk memberi saran penyesuaian yang sempurna untuk setiap foto. 

Fitur kamera di lini smartphone premium Galaxy S Series kini telah terintegrasi secara langsung di berbagai aplikasi, dengan kualitas HDR yang membawa social sharing ke level yang lebih tinggi.

Saat mencari foto di Gallery atau Instagram feed dan reels, gambar dan video juga akan tampil dalam mode Super HDR untuk rentang kecerahan, warna, dan kontras yang lebih hidup sebagai hasil analisis dari bagian yang disorot pada gambar.

Pengguna juga dapat menikmati lebih banyak kontrol dalam menuangkan kreativitas dengan Generative Edit  yang mampu mengisi bagian latar belakang gambar dengan AI generatif. 

Makin Seru dengan AI

Galaxy S24

Samsung berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman pengguna yang ditingkatkan melalui kecerdasan buatan. Galaxy S24 dijuluki sebagai "ponsel AI sejati," menjanjikan fitur-fitur inovatif. Dalam pengembangan AI yang baru, Samsung merilis AI Live Translate Call, memungkinkan pengguna melakukan percakapan telepon dalam bahasa lain secara real-time.

Selain itu, ada juga AI lainnya seperti Chat Assist, Note Assist, Transcript Assist, hingga Circle to Search with Google yang intuitif dan memahami gestur pengguna.

Dalam memberi pengguna fungsi baru yang luar biasa ini, Samsung berkolaborasi dengan Google sebagai platform pencarian online terdepan di dunia untuk menghasilkan temuan baru berbekal gestur sederhana. Ketika tombol beranda ditekan lama, pengguna bisa melingkari, menggarisbawahi, menyorot, atau menekan apa pun yang ada di layar Galaxy S24 Series untuk melihat hasil pencarian yang relevan dan membantu.

Harga Samsung Galaxy S24 Series

harga Galaxy S24

Galaxy S24 Series hadir dalam balutan warna yang terinspirasi dari mineral bumi. Varian warna Galaxy S24 Ultra  meliputi Titanium Gray, Titanium Black, Titanium Violet, dan Titanium Yellow. Pilihan warna Galaxy S24+ dan Galaxy S24 mencakup Onyx Black, Marble Gray, Cobalt Violet, dan Amber Yellow. Ketiga model ini akan hadir dengan warna tambahan yang hanya tersedia secara online.

Samsung juga resmi mengumumkan harga Galaxy S24 series mulai dari Galaxy S24. Galaxy S24 Plus, hingga Galaxy S24 Ultra sebagai berikut.

Harga Samsung Galaxy S24

  • Galaxy S24 8/256 GB Rp13.999.000
  • Galaxy S24 8/512 GB Rp15.999.000

Harga Samsung Galaxy S24 Plus

  • Galaxy S24 Plus 12/256 GB Rp16.999.000
  • Galaxy S24 Plus 12/512 GB Rp18.999.000

Harga Samsung Galaxy S24 Ultra

  • Galaxy S24 Ultra 12/256 GB Rp21.999.000
  • Galaxy S24 Ultra 12/512 GB Rp23.999.000
  • Galaxy S24 Ultra 12/1 TB Rp27.999.000
Like us!
Imam Ali

Content Writer

1725 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.