Diperbaharui Pada Senin, 20 Nov 2023 | 11:52

Garmin Luncurkan 2 Smartwatch Selam Baru untuk Kebutuhan Diving

Foto: Garmin

Garmin resmi mengumumkan 3 produk terbarunya, smartwatch selam Descent G1 Solar - Ocean Edition dengan elemen daur ulang dan tenaga surya, smartwatch Descent Mk3 Series, serta Descent T2 Transceiver. 

Ketiganya merupakan perangkat ekosistem diving yang dirancang untuk penyelam dari berbagai tingkat kemahiran, sehingga dapat digunakan oleh penyelam yang masih pemula hingga yang sudah profesional.

Smartwatch yang sekaligus sebagai komputer selam ini tidak hanya dilengkapi dengan fitur-fitur khusus menyelam, namun juga bisa digunakan untuk olahraga lain seperti lari trail, renang, lari, bersepeda, mendaki, mendayung, ski, dan golf.

Descent G1 Solar - Ocean Edition

Foto: Garmin

Smartwatch yang merupakan komputer selam pertama Garmin ini dibuat menggunakan material daur ulang yang diambil dari jaring ikan di lautan, sehingga menjadikannya ramah lingkungan. Selain fitur menyelam, smartwatch ini juga dilengkapi dengan fitur multisport dan smart features lainnya.

Descent G1 Solar – Ocean Edition dilengkapi dengan lensa pengisian daya tenaga surya yang memungkinkan penyelam menjelajah lebih lama dengan masa pakai baterai yang diklaim dapat bertahan hingga 25 jam dalam mode selam, dan hingga 124 hari dalam mode smartwatch. 

Menggabungkan semua fitur populer dari Descent G1 Solar sebelumnya, Ocean Edition yang baru ini merupakan penggabungan dari komputer selam dan smartwatch. Fitur-fitur smartwatch Garmin terbaru ini dibuat untuk kebutuhan di darat dan bawah air sbb:

  • Mode penyelaman untuk penyelaman single dan multiple gas (termasuk nitrox dan trimix), gauge, apnea, apnea hunter, dan closed-circuit rebreather.
  • Melacak titik masuk dan keluar penyelaman di permukaan dengan teknologi pemosisian multi-frekuensi, Multi-band GNSS.
  • Menyimpan dan meninjau data hingga 200 penyelaman melalui aplikasi Garmin Dive.
  • Penyesuaian layar untuk memberikan data tambahan pada setiap mode penyelaman.
  • Navigasi di bawah permukaan air menggunakan kompas selam 3 sumbu.
  • Pemantau pasang surut air laut.
  • Dilengkapi 30 aplikasi olahraga bawaan, recovery time advisor, training status, saran olahraga harian, dan pelacakan pernapasan sepanjang hari.
  • Fitur pemantau dan skor tidur, detak jantung berbasis pergelangan tangan, pemantauan energi melalui Body Battery, dan pelacakan hidrasi.
  • Tetap terhubung dengan smart notification, serta deteksi insiden kecelakaan.

Garmin Descent Mk3 series dan Descent T2 Transceiver

Foto: Garmin

Garmin Descent Mk3 Series dan Descent T2 Transceiver dibekali dengan teknologi sonar SubWave yang telah ditingkatkan. Pembaruan ini menambahkan fitur pesan penyelam-ke-penyelam dan Diver Assistance ke tangki pemantauan tekanan. 

Smartwatch Garmin terbaru ini dibuat khusus dengan pendekatan desain yang mengutamakan penyelaman, seri Descent Mk3 Series hadir dalam dua ukuran yaitu 43mm dan 51mm. Keduanya dibekali opsi integrasi udara dan menampilkan layar sentuh AMOLED.

Bagian bodi dari smartwatch ini dilapisi dengan casing yang dibuat khusus untuk menyelam hingga kedalaman 200 meter, dengan logam anti bocor pada bagian tombol, dan masa pakai baterai yang diklaim bisa bertahan hingga 48 jam dalam mode menyelam. 

Garmin Descent Mk3i 51mm juga dilengkapi dengan LED flashlight internal untuk visibilitas lebih baik dalam kondisi cahaya redup, bahkan di bawah air. Smartwatch ini juga dibekali dengan beberapa mode penyelaman, skor kesiapan menyelam, serta rangkaian fitur kesehatan dan kebugaran.

Harga dan Ketersediaan

Garmin Descent G1 Solar – Ocean Edition sudah tersedia dengan harga Rp 10.799.000, sementara harga Garmin Descent Mk3 Series mulai dari Rp 19.999.000. Untuk Descent T2 Transceiver, Garmin membanderolnya di harga Rp 8.399.000.

Content Writter

1537 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.