Dipublish pada Kamis, 24 Agt 2023 | 11:33

Kerja Lebih Praktis dengan Galaxy Z Fold5 dan Galaxy Tab S9 Series, Ini Caranya

fitur multitasking galaxy z fold5

Galaxy Z Fold5 menetapkan standar yang lebih tinggi lagi di industri berkat beragam kelebihan yang lahir sebagai buah dari pengalaman dan konsistensi Samsung dalam mengembangkan inovasi perangkat lipat.

Sebagai informasi, Galaxy Z Fold5 hadir dengan ukuran layar utama besar, yakni 7,6 inci. Galaxy Z Fold5 tetap menawarkan keringkasan layaknya smartphone berukuran normal berkat teknologi engsel (hinge) atau Flex Hinge terbaru yang membuatnya dapat terlipat tanpa celah.

Hadirnya multi-window yang memungkinkan konsumen membuka lebih dari 3 aplikasi sekaligus membuat setiap penggunanya dimudahkan dalam urusan memeriksa dokumen, melakukan riset di internet, dan mencatat ide-ide dalam satu waktu.

Ada juga Advanced Taskbar yang membuat konsumen bisa membuka 4 recent apps hanya dengan sekali klik. Menariknya, seluruh kemudahan multitasking itu dapat dilakukan menggunakan gawai lipat yang ramping.

Lantas, apa hanya itu keunggulan yang dimiliki Hp Lipat Samsung terbaru ini? Tunggu dulu, ada hal spesial lain yang ternyata telah dipersiapkan oleh Samsung pada produk terbarunya Galaxy Z Fold5 jika kita bicara tentang kemampuan multitasking yang dimiliki.

Penasaran? Berikut ini beberapa keunggulan multitasking yang dimiliki Galaxy Z Fold5 terbaru dan pastinya bikin kerja lebih praktis.

Multi Control

fitur multi control galaxy z fold5

Samsung Multi Control adalah fitur yang memungkinkan Anda mengendalikan perangkat Galaxy Tab atau smartphone Galaxy Anda, bahkan memungkinkan Anda menggunakan Galaxy Tab S9 dengan keyboard dan mouse terhubung untuk mengontrol Galaxy Z Fold5.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur Multi Control:

  • Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Galaxy Tab atau smartphone Galaxy Anda.
  • Pilih opsi "Perangkat yang terhubung" atau "Connected devices" dari daftar pengaturan.
  • Cari opsi "Multi Control" dan aktifkan fitur ini.
  • Biarkan jendela pengaturan terbuka, karena ini akan digunakan pada langkah selanjutnya.
  • Buka halaman pengaturan Multi Control di perangkat Galaxy Tab S9 Anda.
  • Tunggu hingga daftar perangkat terdekat muncul di halaman ini.
  • Klik pada perangkat yang ingin Anda kendalikan.

Setelah Anda memilih perangkat, tunggu beberapa detik. Anda akan merasakan getaran dan melihat layar berkedip pada kedua perangkat, menunjukkan bahwa koneksi berhasil. Anda akan melihat bilah semi-transparan muncul di kedua sisi layar perangkat, menunjukkan bahwa Multi Control aktif.

Anda dapat mengontrol hingga dua perangkat tambahan secara bersamaan, seperti mengendalikan Galaxy Z Fold5 dan Tab S9 menggunakan keyboard dan mouse.

Dengan mengaktifkan Multi Control, Anda dapat dengan mudah mengendalikan perangkat Galaxy Anda dan melakukan multitasking dengan nyaman menggunakan perangkat tambahan seperti keyboard dan mouse.

Drag And Drop

drag and drop galaxy z fold5

Dengan fitur drag and drop pada Z Fold 5, Anda dapat melakukan multitasking yang lebih efisien. Misalnya, saat Anda menggunakan satu aplikasi dan ingin memindahkan sesuatu ke aplikasi lain, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi pertama, seperti Galeri.
  • Tekan lama item yang ingin Anda pindahkan, misalnya gambar.
  • Dengan jari yang menekan item, gunakan tangan lain untuk membuka aplikasi kedua, seperti Pesan atau Google Dokumen.
  • Pada aplikasi kedua, navigasikan ke area yang dituju, seperti dokumen atau file lainnya.
  • Kemudian, Anda dapat melepaskan jari dari gambar yang Anda tahan pada aplikasi pertama, dan item akan ditransfer dan jatuh ke lokasi yang ditentukan di aplikasi kedua.

Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengambil konten dari satu aplikasi dan meletakkannya di tempat yang sesuai di aplikasi lain, hanya dengan menggunakan dua tangan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk bekerja lebih efisien dalam multitasking pada Z Fold5.

Galaxy Ecosystem

galaxy ecosystem

Galaxy Ecosystem menjadi satu keunggulan yang selalu konsisten Samsung kembangkan dari generasi ke generasi. Pengguna bisa merasakan seamless ecosystem yang semakin mengesankan.

Dan beragam hal di atas bisa terjadi karena adanya Galaxy Ecosystem yang sudah ciamik dari ragam produk milik Samsung.

Dengan memadukan Galaxy Z Fold5 dan Galaxy Tab S9, pengguna bisa membagikan file ataupun data secara lebih praktis hanya dengan memanfaatkan fitur Drag and Drop, tak tertutup kemungkinan hal tersebut juga dapat diaplikasikan pada produk Samsung Galaxy lainnya.

Tentunya dengan beberapa syarat, minimal device Samsung Galaxy yang Anda miliki memiliki One UI 4.0 atau yang terbaru One UI 5.1. Hal tersebut menjadi syarat tak tertulis sebagai sarana untuk lebih memperlancar konektivitas dari setiap perangkat yang terhubung.

Anda bisa mengirimkan file hingga mengupdate semua pekerjaan secara realtime bersama-sama saat sedang melakukan virtual meeting. Memberikan experience yang lebih simpel dibandingkan menggunakan laptop ketika harus bekerja sembari melakukan mobilitas.

Seperti diketahui, pada tahun ini selain menghadirkan Galaxy Z Fold5 dan Galaxy Z Flip5, Samsung juga membawa Galaxy Ecosystem terbaru yang turut dihadirkan meliputi Galaxy Tab S9 Series dan Galaxy Watch6 Series.

Nah, kabar baiknya, seperti yang sudah terjadi pada edisi Galaxy Z Flip dan Fold sebelumnya, Samsung tahun ini akan kembali berkolaborasi dengan Thom Browne. Brand fashion ternama global yang identik dengan warna biru,putih, dan merah ini dikabarkan kembali menjadi pilihan Samsung untuk menghadirkan Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 dengan perwujudan yang berbeda dari tampilan standarnya.

Hal tersebut juga telah dipastikan keabsahannya lewat sebuah video teaser yang dihadirkan YouTube Official Samsung dengan caption "Take a seat at the #ThomBrowne table for a celebration of a new experience in design and innovation".

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT