Dipublish pada Jumat, 20 Okt 2023 | 16:58

Istimewa! 5 Hal Ini Cuman Ada di Galaxy Tab S9 Ultra

keunggulan samsung galaxy tab s9 ultra

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra adalah seri tablet flagship yang menghadirkan spesifikasi terbaik dibandingkan dengan dua seri lainnya, yaitu Galaxy Tab S9 dan Galaxy Tab S9+. Tablet ini memiliki layar dengan ukuran yang luar biasa besar dan harganya lebih tinggi daripada dua model lainnya.

Meskipun dari luar terlihat mirip dengan seri sebelumnya, tablet terbaru Samsung ini membawa beberapa peningkatan. Ukuran layarnya tetap sama dan kapasitas baterai juga serupa. Bahkan, konfigurasi kameranya hampir identik.

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah sejauh mana peningkatan yang dihadirkan oleh tablet ini jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra yang dirilis tahun sebelumnya? Berikut ini tim dari Pricebook telah merangkum beberapa peningkatan fitur dan spesifikasi yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Tab S9 Ultra jika dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Vision Booster

keunggulan samsung galaxy tab s9 ultra

Pada dasarnya, spesifikasi layar antara Samsung Galaxy Tab S9 Ultra dan Galaxy Tab S8 Ultra tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Keduanya menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X berukuran 14,6 inci yang sangat besar.

Layar ini bahkan lebih luas daripada mayoritas laptop 14 inci, dan memiliki aspek rasio 16:10 yang memberikan visualisasi yang lebih maksimal.

Resolusi layarnya tetap QHD+ dengan refresh rate adaptif 120Hz. Samsung juga masih menggunakan pemindai sidik jari di dalam layar pada tablet premium ini.

Perbedaan paling mencolok sebenarnya terletak pada peningkatan yang disajikan oleh Samsung melalui aspek perangkat lunak. Layar Galaxy Tab S9 Ultra mendukung fitur Vision Booster yang membantu meningkatkan kualitas warna di luar ruangan.

Fitur Vision Booster ini sendiri juga hadir dalam Samsung Galaxy S23 Ultra. Dengan kecerahan layar yang tinggi, konten pada layar tetap terlihat jelas bahkan saat digunakan di luar ruangan dalam kondisi cahaya matahari yang terang.

Tahan Air

keunggulan samsung galaxy tab s9 ultra

Meskipun smartphone tahan air dengan rating IP68 sudah menjadi hal umum, namun untuk tablet hal tersebut masih dianggap luar biasa. Samsung Galaxy Tab S9 Series menjadi seri tablet pertama dari Samsung yang memiliki rating IP68, sehingga dapat bertahan dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Walaupun terasa agak aneh membawa-bawa tablet sambil berenang di kolam renang, rating IP68 ini memberikan kepastian kepada pengguna. Terutama bagi mereka yang memiliki gaya hidup yang aktif dan sering bekerja dari mana saja (work from anywhere, WFA).

Tentu saja, kemungkinan terjadinya tumpahan air, hujan, dan situasi serupa lainnya bisa saja terjadi. Dengan adanya rating IP68, tablet ini akan tetap aman dan terhindar dari masalah apa pun.

Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy

keunggulan samsung galaxy tab s9 ultra

Prosesor Samsung Galaxy Tab S9 Ultra memiliki peningkatan signifikan dibandingkan dengan Galaxy Tab S8 Ultra. Tablet ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, sebuah system on chip (SoC) yang dikhususkan untuk perangkat flagship Samsung.

Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy dibangun dengan teknologi 4nm TSMC dan memiliki empat cluster CPU. Inti utama atau prime-core berjalan pada kecepatan 3,36 GHz, jauh lebih tinggi daripada Snapdragon 8 Gen 1 yang hanya 3 GHz.

Tablet dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 2 ini dipadukan dengan RAM hingga 12 GB dan penyimpanan internal hingga 512 GB. Baterainya juga memiliki kapasitas besar untuk menopang layar yang luas dan berbagai proses yang berjalan di dalamnya. Samsung melengkapi tablet ini dengan baterai berkapasitas 11.200 mAh yang mendukung pengisian cepat 45W.

Untuk menjaga performa tetap stabil dan optimal, Samsung menggunakan mekanisme vapor chamber untuk mengatur suhu dengan lebih baik. Ini paling tidak dapat mencegah masalah panas berlebih pada ketiga tablet ini.

Kamera Ultrawide

keunggulan samsung galaxy tab s9 ultra

Seperti sebelumnya, Samsung Galaxy Tab S9 Ultra membawa empat kamera, dua di bagian belakang dan dua di bagian depan. Konfigurasinya sebagian besar masih tetap, dengan kamera utama menggunakan sensor 13 MP dengan lensa wide yang dipadukan dengan kamera ultrawide 8 MP.

Perbedaan terletak pada kamera ultrawide yang sedikit lebih baik, karena sensor telah ditingkatkan dari 6 MP menjadi 8 MP. Dengan resolusi yang lebih tinggi ini, diharapkan hasil gambarnya akan lebih detail dibandingkan dengan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra.

Untuk kamera depan, tidak banyak perubahan. Terdapat sepasang kamera selfie 12 MP yang tetap digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas, seperti pertemuan virtual atau konten kreatif.

S Pen Creator Edition

keunggulan samsung galaxy tab s9 ultra

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra telah dilengkapi dengan S Pen sebagai bagian dari paket pembeliannya. S Pen ini dapat diisi dayanya secara nirkabel dengan menempelkannya pada bagian belakang bodi tablet.

Bagi para kreator konten, Samsung juga menawarkan S Pen Creator Edition yang dapat dibeli secara terpisah. S Pen ini memiliki bahan dengan tekstur yang lebih halus, memberikan kenyamanan saat digunakan, dan memiliki sudut kemiringan yang lebih lebar untuk pengalaman tulis-menulis yang lebih baik.

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT