Dipublish pada Selasa, 20 Jun 2023 | 14:27

Selamat Tinggal 3G! Telkomsel Ratakan 4G di Wilayah Indonesia

4G Telkomsel

Telkomsel telah berhasil memastikan pemerataan dan kesetaraan akses jaringan broadband di seluruh negeri dengan mengupgrade seluruh layanan jaringan 3G menjadi 4G/LTE di 504 kota/kabupaten di Indonesia.

Proses pengalihan teknologi jaringan 3G ke 4G/LTE dimulai pada Maret 2022 dan berhasil diselesaikan secara bertahap dan terukur pada Juni 2023. Lebih dari 96 persen wilayah populasi Indonesia saat ini telah tercover oleh jaringan 4G/LTE dari Telkomsel.

Inisiatif ini memperkuat posisi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka yang selalu menghadirkan konektivitas digital terdepan melalui layanan inovatif berkelas dunia, yang melebihi harapan pengguna dan menciptakan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan, sambil mendukung pertumbuhan ekonomi negara.

Dengan selesainya pengalihan teknologi jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten, Telkomsel mencatat peningkatan jumlah pelanggan yang menggunakan uSIM 4G sebesar 84 persen (YoY) dan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 14 persen (YoY).

Selain itu, dengan semakin meratanya jaringan broadband 4G/LTE di seluruh wilayah Indonesia, Telkomsel juga mencatat peningkatan sebesar 51 persen (YoY) dalam jumlah perangkat yang beralih ke perangkat 4G.

Keberhasilan ini tidak lepas dari berbagai inisiatif Telkomsel dalam mempermudah pelanggan untuk menukarkan atau mengganti kartu non-4G dengan uSIM 4G melalui berbagai kanal layanan pelanggan, serta penawaran program dan produk menarik seperti promo tambahan kuota data 4G/LTE dan program bundling smartphone 4G yang terjangkau.

4G Telkomsel

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo RI, Wayan Toni Supriyanto, menyampaikan apresiasi terhadap Telkomsel atas keberhasilannya dalam mengupgrade seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten wilayah populasi Indonesia. Pemerintah menetapkan percepatan transformasi digital sebagai salah satu program prioritas, dan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dalam bentuk pemerataan jaringan telekomunikasi menjadi kunci dalam percepatan transformasi digital di Indonesia. Telkomsel diharapkan dapat memberikan pengalaman internet yang lebih cepat, stabil, dan andal bagi seluruh masyarakat, serta mendukung pertumbuhan inklusi ekonomi digital Indonesia.

Telkomsel berhasil melakukan seluruh proses pengalihan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten berkat komitmen perusahaan mulai dari tahap pengkajian, perencanaan, persiapan yang matang, hingga pelaksanaan yang lancar.

Upaya ini mencakup pembaruan infrastruktur dan teknologi, penjaminan kenyamanan pelanggan selama proses upgrade, penguatan ekosistem layanan yang mendukung, serta kepatuhan terhadap perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen yang berlaku di Indonesia.

4G Telkomsel

Direktur Network Telkomsel, Nugroho, menjelaskan bahwa Telkomsel selalu mengutamakan kenyamanan pelanggan dalam setiap tahapan pengalihan jaringan 3G ke 4G/LTE. Telkomsel mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan dan dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang telah memastikan kelancaran seluruh proses pengalihan jaringan. Telkomsel optimis bahwa peningkatan layanan jaringan ini akan meningkatkan pengalaman gaya hidup digital masyarakat, membuka potensi kemajuan di berbagai aspek kehidupan, serta mendorong transformasi perekonomian nasional melalui pemanfaatan konektivitas digital yang merata dan setara di seluruh negeri.

Selain itu, untuk memberikan pengalaman aktivitas gaya hidup digital yang lebih seamless dan nyaman, Telkomsel terus meningkatkan kualitas, kapasitas, dan teknologi di seluruh jaringannya.

Salah satunya adalah dengan memperkuat teknologi VoLTE yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan panggilan telepon melalui jaringan 4G/LTE tanpa terputus dari internet, seperti browsing, bermain game, dan streaming video.

Layanan VoLTE Telkomsel telah tersedia di lebih dari 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone dari berbagai merek terkenal.

4G Telkomsel

Nugroho juga mengajak pelanggan segmen korporasi/enterprise serta industri yang menggunakan layanan Machine-to-Machine (M2M), seperti perangkat Electronic Data Capture (EDC) untuk layanan perbankan atau pembayaran elektronik, dan perangkat berbasis Internet of Things (IoT) yang memerlukan koneksi broadband, untuk mempercepat migrasi perangkat ke teknologi yang mendukung jaringan 4G/LTE Telkomsel. Langkah ini akan memastikan pemanfaatan layanan yang optimal melalui dukungan jaringan broadband 4G/LTE Telkomsel.

Keberhasilan Telkomsel dalam meningkatkan jaringan broadband menjadi 4G/LTE di seluruh wilayah populasi didukung oleh komitmen perusahaan mulai dari pengkajian awal, perencanaan, persiapan yang matang, hingga pelaksanaan yang lancar.

Langkah strategis ini juga telah mendapatkan penghargaan tertinggi dari Ookla® Speedtest Awards™ 2022 untuk performansi jaringan Telkomsel selama kuartal Q3-Q4 2022, termasuk Fastest Mobile Network, Best Mobile Coverage, dan Best Mobile Network.

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT