Dipublish pada Rabu, 14 Jun 2023 | 17:56

Cara Ini Bisa Bikin Laptop dan PC Menyala Meski Tombol Power Rusak

cara menyalakan pc dan laptop tanpa tombol power

Komputer/PC dan laptop, seperti memiliki banyak masalah kerusakan pada mesin seperti kerusakan pada tombol power dan lainnya. Untuk itu Kami akan membahas cara menyalakan laptop dan Komputer tanpa tombol power? Ada beberapa cara untuk menyelesaikan masalah kerusakan tersebut.

Anda dapat menggunakan salah satu metode di bawah ini untuk menghidupkan kembali laptop dan komputer. Metode tersebut antara lain menggunakan keyboard windows eksternal, Mengaktifkan wake on LAN untuk windows, membuka casing, atau pilihan terakhir adalah memperbaiki tombol di motherboard.

Cara Menyalakan Laptop dan PC Tanpa Tombol Power

Berikut ini merupakan beberapa metode terkait cara menyalakan laptop dan komputer tanpa menggunakan tombol power atau ketika tombol power rusak. Untuk lebih meyakinkan, metode yang akan Kami jelaskan sepenuhnya aman dan tidak akan merusak perangkat keras laptop jika diikuti dengan benar.

Menyalakan Laptop melalui Motherboard

cara menyalakan pc dan laptop tanpa tombol power

Metode ini dapat digunakan untuk menyalakan laptop dengan sangat baik, bahkan jika tombol daya utama rusak total.

  • Langkah pertama adalah mencabut kabel pengisi daya dari laptop dan membuka casing laptop untuk menemukan lokasi tombol daya.
  • Lepaskan tombol daya untuk mengakses 3 hingga 6 pin (pada motherboard) yang berada di bawahnya.
  • Hubungkan pin-pin tersebut dengan kawat atau konduktor lain, seperti obeng.
  • Laptop akan menyala ketika pin-pin tersebut terhubung dengan konduktor.

Catatan: Jika baterai laptop Anda habis dan Anda ingin menyalakan laptop menggunakan adaptor listrik AC, metode ini harus dilakukan dengan hati-hati. Saya sarankan menggunakan obeng untuk menghubungkan pin-pin tersebut guna menyalakan laptop.

Menyalakan Laptop Menggunakan Keyboard

cara menyalakan pc dan laptop tanpa tombol power

Sebagian besar laptop atau komputer memiliki opsi ini diatur sebagai pengaturan default. Namun, jika sistem Anda tidak memiliki opsi ini, Anda dapat mengaktifkannya melalui BIOS (Basic Input/Output System).

Aktifkan opsi ini sebelum mengalami kerusakan tombol daya, sehingga Anda memiliki tombol cadangan untuk menyalakan laptop jika tombol daya utama rusak.

Untuk mengakses pengaturan BIOS, saat Anda pertama kali menyalakan komputer, tekan tombol khusus seperti "DEL", "F2", atau "F10" tergantung pada pabrikannya.

Temukan pengaturan yang sesuai, biasanya terletak di bawah tab "Manajemen Daya" dalam BIOS dan diberi nama "Power On By Keyboard" atau sejenisnya. Ubah pengaturan ini dan tentukan tombol yang akan digunakan sebagai tombol darurat untuk menyalakan laptop jika tombol daya utama rusak. Simpan pengaturan dan keluar dari BIOS.

Terakhir, pastikan pengaturan tersebut telah dikonfigurasi dengan benar. Matikan laptop dan tekan tombol yang telah Anda atur di BIOS untuk menyalakan laptop.

Menyalakan Laptop Melalui Stop Kontak

cara menyalakan pc dan laptop tanpa tombol power

Metode ini mudah dilakukan jika Anda menggunakan laptop merek HP, Dell, Toshiba, ASUS, Acer, atau Lenovo.

  • Temukan kabel yang menghubungkan tombol daya ke motherboard.
  • Putuskan sambungan kabel tersebut dan biarkan terlepas.
  • Lepaskan baterai laptop.
  • Hubungkan laptop ke sumber daya listrik atau stop kontak yang tersedia.

Catatan: Pada beberapa laptop, Anda mungkin perlu masuk ke BIOS dan mengatur agar laptop menyala saat terhubung dengan adaptor AC.

Menyalakan Laptop Menggunakan Baterai Jam (CMOS)

cara menyalakan pc dan laptop tanpa tombol power

Baterai jam atau lebih dikenal dengan baterai CMOS yang terdapat pada laptop bisa digunakan untuk menyalakan laptop jika tombol daya tidak berfungsi. Untuk metode ini, ikuti langkah-langkah berikut untuk menyalakan laptop Anda.

  • Cabut kabel konektor pada baterai (bukan kabel pengisi daya) dari motherboard.
  • Lepaskan baterai jam dari motherboard.
  • Laptop Anda akan kehilangan daya dan sumber daya apa pun akan menghidupkannya. Pasang kembali baterai jam dan jangan khawatir tentang urutan penghubungannya saat Anda menghubungkan laptop ke pengisi daya. Laptop akan menyala.

Cara Mengganti Tombol Power Laptop dan PC

cara menganti tombol power laptop

Nah, setelah kembali menyala atau melewati fase cara menyalakan laptop dan komputer tanpa tombol power biasanya sering timbul pertanyaan kecil yang sering diajukan, yakni bagaimana cara mengganti tombol power laptop dan komputer? Atau mungkin bukan hanya mengganti melainkan Bagaimana cara memasang tombol daya baru pada laptop?

Jika Anda ingin memasang tombol daya baru sendiri untuk mengganti sakelar yang rusak, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Keluarkan baterai atau sumber daya lainnya dari laptop.
  • Lepaskan hard drive dan RAM.
  • Lepaskan bagian keyboard.
  • Lepaskan casing atas dan cari tombol daya.
  • Ganti sakelar lama dengan yang baru.
  • Pasang kembali semua komponen laptop.

Setelah menerapkan cara menyalakan laptop atau komputer tanpa menggunakan tombol power dengan beragam metode di atas, jika laptop atau komputer Anda masih tidak dapat dinyalakan, langkah selanjutnya adalah memeriksa perangkat keras (hardware) laptop dan memeriksa adanya kerusakan eksternal.

Dengan mengikuti metode-metode di atas, Anda memiliki peluang yang baik untuk menyalakan laptop Anda ketika tombol daya utama tidak berfungsi. Pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati dan mengikuti instruksi yang tepat untuk menjaga keamanan perangkat keras laptop Anda.

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT