Diperbaharui Pada Selasa, 11 Apr 2023 | 11:57

Galaxy A14, Harga 2 Jutaan Tetap Beri Performa Tangguh Tapi Irit Baterai

Kebutuhan akan smartphone sebagai teknologi penopang kehidupan sehari-hari nampaknya memang sudah tidak bisa ditawar lagi. Bahkan, beberapa pekerjaan mulai teralihkan ke dalam unit elektronik kecil berlayar ini.

Sebut saja, videografi, photografi, bahkan hingga pembayaran yang dulunya merepotkan orang karena harus mengantri, kini dengan memanfaatkan teknologi terbaru yang ada di hp terkini pun bisa dengan mudah diatasi.

Galaxy A14 hadir sebagai hp dengan harga terjangkau yang mampu memfasilitasi semua hal tersebut layaknya sebuah hp flagship dengan kemewahan fitur yang dimilikinya. Mulai dari sektor baterai, sensor, hingga performa, Galaxy A14 bisa jadi pertimbangan terdepan untuk hp murah dengan fitur lengkap.

Samsung tidak mengubah kapasitas baterai Galaxy A14. Kapasitasnya masih 5000 mAh, sama seperti Galaxy A13. Samsung mengklaim, baterai tersebut dapat membuat HP ini tahan hingga 20 jam untuk memutar video.

Kalau dipakai buat internetan via WiFi, Galaxy A14 bisa menyala sampai 21 jam. Daya tahan baterai si ponsel masuk dalam kategori baik. Nah, dari hasil uji dengan semua koneksi menyala mulai dari Bluetooth, NFC, WiFi, serta auto switch 4G, Galaxy A14 dapat bertahan selama 19 jam 24 menit untuk skenario pemutaran video lokal 1080p.

Bagi orang yang hobi dengan kegiatan di luar rumah atau kantor, Galaxy A14 bisa jadi pilihan yang pas jika dilihat dari karakter hemat daya yang dimiliki. Tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang suka memanfaatkan hp mereka untuk menonton film maupun bermain game casual sambil ngabuburit seperti saat puasa sekarang ini.

Galaxy A14 yang dijual di Indonesia tetap diberikan charger. Hanya saja, kemasannya berada di kotak terpisah. Charger yang disertakan memiliki output 15W, sesuai dengan kapasitas maksimum yang bisa diserap sang ponsel.

Meski hemat energi alias punya kinerja baterai yang hemat, namun performa dari Galaxy A14 tidak bisa dipandang sebelah mata untuk hp 2 jutaan. Samsung Galaxy A14 dirancang dengan performa yang pasti dapat diandalkan.

Hp ini diperkuat dengan prosesor Octa-Core dan RAM hingga 6GB yang bisa diperluas dengan RAM Plus hingga 6GB, sedangkan penyimpan data internal 128GB lebih dari cukup untuk keseharian chatting dan konten foto atau video.

Di harga dua jutaan, ini menjadi standar performa yang sudah pasti mendukung produktivitas dan kreativitas Anda. Ponsel ini juga sudah didukung layanan dua kali OS upgrade dan dukungan security update selama 4 tahun untuk keamanan maksimal.

Samsung juga menyematkan banyak sensor pada Galaxy A14. Ada sensor akselerometer, proksimitas, cahaya, fingerprint, dan kompas. Sensor cahaya membuat HP ini bisa mengatur kecerahan layar secara otomatis. Sensor fingerprint letaknya ada di tombol power. Gunanya untuk membuka kunci layar. Sensor kompas, sesuai namanya, untuk menentukan arah mata angin.

Aspek konektivitas dan percolokan di HP ini juga oke. Galaxy A14 masih punya audio jack 3,5 mm, sudah mendukung port USB C, dan punya NFC yang bisa dipakai untuk kebutuhan top-up saldo kartu e-money.

Content Writter

1725 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.