Dipublish pada Selasa, 4 Apr 2023 | 10:40

Samsung Tech Institute Lakukan Uji Kompetensi Tingkatkan Kualitas

Samsung Tech Institute

Samsung Tech Institute (STI) merupakan lembaga yang menyediakan pelatihan vokasi bagi para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia. Salah satu program yang diselenggarakan oleh STI adalah Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Hand Held Product (HHP), yang diikuti oleh ribuan siswa kelas 12 program STI.

UKK HHP 2023 dilaksanakan dari tanggal 9 Maret 2023 hingga 13 April 2023 mendatang. Pada tahun ini, Program STI menambahkan pilihan untuk promotor HHP selain kompetensi teknisi HHP. Total peserta yang mendaftar UKK HHP tahun ini adalah sebanyak 1.156 siswa dari 37 SMK di seluruh Indonesia.

Penyelenggaraan UKK ini merupakan kelanjutan dari komitmen Samsung untuk memajukan pendidikan vokasi di Indonesia. Program STI bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi para siswa SMK sehingga dapat mencetak tenaga teknisi dan promotor yang mumpuni dan dibutuhkan oleh industri, khususnya dalam era digitalisasi yang semakin berkembang.

Pelaksanaan UKK HHP dilaksanakan dengan ujian teori dan praktik, sehingga melahirkan lulusan SMK STI yang piawai secara teori dan praktik. Untuk ujian teori, para peserta harus menjawab 25 soal pilihan ganda dalam waktu 60 menit dengan tingkat kesulitan yang bervariasi.

Sedangkan untuk ujian praktik, akan diuji langsung oleh tim dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPPMPVP BOE) Malang, tim Support Teknisi dari Samsung Service Center, dan tim Retail dari Mobile Xperience Samsung.

Samsung Tech Institute

Direktur Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Dr. Drs. Wardani Sugiyanto, M.Pd., mengapresiasi program STI dan pelaksanaan UKK sebagai salah satu model pembelajaran link and match antara SMK dan dunia usaha untuk mencetak talenta dengan kompetensi tinggi.

Pemerintah akan terus mendorong kolaborasi antara SMK dan dunia usaha untuk meningkatkan upaya pengembangan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Didirikan sejak 2013, Samsung Tech Institute telah berhasil meningkatkan kualitas lulusan SMK dan menciptakan tenaga kerja muda yang berkualitas dan siap kerja.

Program STI meliputi kurikulum STI (Hand Held Product, Audio Video, dan Home Appliance), training of trainers untuk para guru, sinkronisasi kurikulum, uji keterampilan dan kompetensi, serta sertifikasi bagi para peserta yang dinyatakan kompeten sesuai dengan kompetensi keahlian yang ditempuh.

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT