Diperbaharui pada Kamis, 2 Februari 2023 | 09:00

Samsung Galaxy S23 Series 5G Rilis! Harga Mulai 12 Jutaan

harga samsung galaxy s23 seriesFoto: Samsung

Samsung memperkenalkan rangkaian smartphone di Galaxy S23 Series 5G yang terdiri dari model basic Galaxy S23 5G, model varian menengah Galaxy S23+ 5G, dan varian dengan spesifikasi tertinggi, Galaxy S23 Ultra 5G pada Kamis (2/2/2023).

Smartphone terbaru Samsung Galaxy S23 Series 5G resmi meluncur dengan membawa peningkatan signifikan dan inovatif pada teknologi kamera, performa gaming yang diklaim telah berada di next level, hingga desain yang lebih ramah lingkungan.

Lebih Cepat, Lebih Kuat dan Lebih Ramah Lingkungan

harga samsung galaxy s23 ultraFoto: Samsung

Seri Galaxy S terbaru ini mengedepankan teknologi kamera yang diklaim dapat memberikan kebebasan lebih kepada pengguna untuk mengeksplorasi kreativitas untuk merekam video dengan kualitas sinematik menggunakan fitur Nightography yang didukung oleh AI transformative.

Peningkatan performa terlihat dengan hadirnya prosesor Snapdragon 8 Gen 2 yang menjanjikan pengalaman mobile gaming powerful di kelasnya. Sebagai prosesor terkuat saat ini, Snapdragon 8 Gen 2 mendukung berbagai macam gameplay, dengan kemampuan grafis tercepat di dunia.

Khusus untuk Samsung Galaxy S23 Ultra 5G, hadir S Pen yang dibuat untuk mendukung produktivitas, mencatat, hobi, dan lainnya.

Samsung mengklaim bahwa seri S terbaru ini telah menetapkan standar baru di kelas flagship, terutama dalam hal kelestarian lingkungan, karena komposisi komponen perangkat yang dibuat menggunakan material daur ulangnya lebih banyak bila dibandingkan dengan smartphone Samsung Galaxy generasi sebelumnya.

TM Roh selaku President and Head of Mobile eXperience Business untuk Samsung Electronics, berharap bahwa Samsung Galaxy S23 Series 5G dapat menjadi pendobrak standar baru dalam memberikan pengalaman smartphone premium, sekaligus mendefinisikan ulang performa tertinggi melalui penyatuan inovasi dan keberlanjutan lingkungan.

Samsung Galaxy S23 Series 5G hadir ke pasaran dengan membawa 5 keunggulan utama sbb:

1. Resolusi Kamera Tinggi dengan Kontrol Kreativitas Luas

Kamera pada Samsung Galaxy S23 Series 5G dirancang untuk menghadapi berbagai kondisi pencahayaan. Peningkatan fitur Nightography mentransformasi bagaimana Galaxy S Series mengoptimalkan hasil foto dan video di berbagai keadaan. 

Noise yang biasa mengganggu saat mengambil gambar di kondisi minim cahaya pun bisa dikoreksi oleh algoritma image signal processing (ISP) berbasis AI terbaru yang mampu mempertajam detail dan warna demi meningkatkan kualitas gambar.

Untuk pertama kalinya di lini perangkat Samsung Galaxy, Galaxy S23 Ultra 5G mengusung Adaptive Pixel 200 MP terbaru yang mampu menangkap setiap momen dengan tingkat presisi yang lebih baik. 

Inovasi tersebut didukung dengan teknologi pixel binning yang mampu menjalankan berbagai tingkatan pemrosesan beresolusi tinggi dalam satu waktu.  

Kamera depan pada Galaxy S23 Series 5G memperkenalkan autofocus cepat dan Super HDR pertama dengan lompatan kapabilitas dari 30fps ke 60fps. Selain itu, Samsung juga menghadirkan pengembangan kamera lainnya yang meliputi:

  • Saat low-light atau di situasi lain yang biasanya membuat gambar jadi buram, video akan tetap stabil dengan doubled optical image stabilizer (OIS) di semua arah pada Galaxy S23 Ultra 5G.
  • Merekam video akan terasa lebih cinematic dengan peningkatan perekaman video 8K  pada 30fps dengan angle yang lebih lebar.
  • Teknologi terbarukan pada pengenal objek AI mampu menganalisis tiap detail pada frame, bahkan sampai fitur wajah yang unik seperti rambut dan mata, untuk menampilkan karakteristik individu secara realistis.
  • Untuk pengalaman perekaman video yang lebih baik lagi, fitur baru 360 Audio Recording di Galaxy Buds2 Pro hadir memberikan suara multi-dimensi.

2. Memuaskan Kebutuhan Gamer dan Kreator Konten

Samsung Galaxy S23 Series 5G ditenagai oleh chipset paling kuat saat ini, yakni Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform for Galaxy, yang diklaim jauh lebih efisien dari generasi sebelumnya.

Hadirnya CPU dengan desain micro architecture terbaru juga diklaim membuat kemampuan pemrosesan pada Galaxy S23 Series 5G meningkat sekitar 30% dibanding Galaxy S22 Series 5G.  

Untuk meningkatkan kualitas foto pada kondisi minim cahaya yang membutuhkan triliunan pemrosesan per detik, arsitektur NPU dari Samsung Galaxy telah dioptimalkan hingga 49%.

Peningkatan ini diperlukan untuk menyeimbangkan performa dan power ketika menggunakan algoritma AI untuk membantu pengguna mengambil foto dan video.

Selain itu, salah satu pengembangan paling signifikan di Galaxy S23 Series 5G adalah GPU yang telah dioptimalkan, membuatnya 41% lebih cepat dibanding Galaxy S22 Series 5G.

Khusus untuk Samsung Galaxy S23 Ultra 5G, hadir layar edge display berukuran 6.8 inci yang didesain dengan pengurangan kelengkungan untuk menciptakan area permukaan yang lebih luas dan rata. Layar ini dilengkapi fitur vision booster untuk menyesuaikan mata pada empat tingkat pencahayan.

Untuk memberikan pengalaman bermain gim yang lebih nyaman di hp Samsung terbaru ini, hadir pula teknologi vapor cooling chamber yang lebih besar di semua perangkat Samsung Galaxy S23 Series 5G.

harga samsung galaxy s23 plusFoto: Samsung

3. Menggunakan Material Daur Ulang Lebih Banyak

Rangkaian smartphone Samsung Galaxy S23 Series 5G telah mengalami meningkatkan penggunaan material daur ulang, di mana sebelumnya hanya ditemukan pada 6 komponen internal di Galaxy S22 Ultra 5G kini menjadi 12 komponen internal dan eksternal di Galaxy S23 Ultra 5G.

Galaxy S23 Series 5G juga memanfaatkan sumber material daur ulang yang lebih luas dibanding lini smartphone Galaxy lainnya, meliputi aluminium dan kaca daur ulang dari kegiatan manufaktur serta plastik daur ulang dari kegiatan konsumsi masyarakat yang didapat dari jaring ikan bekas, botol PET, dan tong air.

Selain itu, Samsung Galaxy S Series terbaru ini juga dibekali dengan Corning Gorilla Glass Victus 2 yang menawarkan daya tahan untuk penggunaan jangka panjang serta dirancang dengan rata-rata kandungan 22% material daur ulang dari kegiatan manufaktur.

4. Solusi Keamanan dan Privasi yang User-Friendly

Privasi dan keamanan jadi salah satu fondasi dari pengalaman yang ditawarkan Galaxy S23 Series 5G. Maka dari itu, tiap model dibekali dengan perlindungan Samsung Knox yang menerima lebih banyak sertifikasi industri dan pemerintahan dibanding perangkat mobile, platform, maupun solusi lain dalam industri.

Fitur Keamanan dan Privasi dalam Dashboard Samsung Galaxy memberi pengguna visibilitas penuh terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap datanya dan bagaimana data tersebut dimanfaatkan. 

Pengguna juga dengan mudah melihat jika data pribadinya terancam dan akan menerima petunjuk sederhana untuk mengubah pengaturan tertentu untuk mendapat perlindungan yang lebih ketat. 

Pengguna juga bisa menentukan aplikasi dan program apa saja yang bisa mendapat akses terhadap datanya dan bagaimana ia digunakan.

Untuk semakin menjamin keamanan pengguna, lapisan keamanan tambahan hadir melalui Knox Vault yang mampu melindungi informasi penting pada Galaxy S23 Series 5G dengan mengisolasinya dari elemen lain di dalam perangkat, termasuk sistem operasi, untuk menambah perlindungan terhadap berbagai bentuk kerentanan.

5. Menawarkan Fleksibilitas

Seluruh model Galaxy S Series terbaru memberikan pengalaman ekosistem perangkat yang saling terkoneksi, seperti Samsung Multi Control yang mampu menghubungkan fungsi mouse dan keyboard antara PC dan tablet dari Samsung Galaxy.

Khusus untuk Galaxy S23 Ultra 5G, optimalisasi antara S Pen, Google Meet, dan Samsung Notes melahirkan pengalaman panggilan video yang lebih kolaboratif.

Harga dan Ketersediaan

Samsung Galaxy S23 Series 5G hadir dalam empat varian warna matte yang terinspirasi dari alam, yakni Phantom Black, Cream, Green, dan Lavender.

Berikut daftar harga Samsung Galaxy S23 Series 5G terbaru:

Samsung Galaxy S23 5G

  • RAM 8 GB/128 GB: Rp 12.999.000
  • RAM 8 GB/256 GB: Rp 13.999.000

Samsung Galaxy S23+ 5G

  • RAM 8 GB/256 GB: Rp 15.999.000
  • RAM 8 GB/512 GB: Rp 17.999.000

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

  • RAM 12 GB/256 GB: Rp 19.999.000
  • RAM 12 GB/512 GB: Rp 21.999.000
  • RAM 12 GB/1 TB: Rp 25.999.000

Rangkaian smartphone Galaxy S23 Series 5G sudah bisa dipesan secara pre-order di samsung.com/id mulai tanggal 2 Februari 2023.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1535 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.