Diperbaharui Pada Jumat, 16 Sep 2022 | 15:48

50 Ribu Unit Set Top Box TV Digital Telah Diproduksi, Tahap 2 Menyusul

Foto: INTI

Dalam upayanya untuk memenuhi penugasan proyek Analog Switch Off (ASO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), PT INTI (Persero) telah mencatat produksi perangkat Set Top Box INTI DVBT2 sebanyak 58.357 dalam dua pekan.

Menurut Direktur Utama PT INTO (Persero) Edi Witjara, angka produksi Set Top Box INTI DVBT2 ini masih akan ditingkatkan, untuk memenuhi permintaan yang tinggi dari Kominfo dan berbagai institusi lainnya.

Foto: INTI

Set Top Box Digital adalah sebuah perangkat yang dibuat sesuai dengan ketentuan dari program pemerintah terkait migrasi siaran televisi analog menjadi digital.

Saat ini, PT INTI telah memproduksi dengan kapasitas terpasang sekitar 5000-8000 unit per hari, yang dijalankan dalam dua shift. Kapasitas produksi tersebut merupakan peningkatan signifikan dari realisasi sebelumnya yaitu sekitar 630-1000 unit per hari.

Per tanggal 21 Agustus 2022, jumlah realisasi produksinya telah mencapai angka 58.357 unit yang dibagi menjadi:

  • Proyek ASO Kominfo: 50.000 unit
  • Reseller dan Penjualan Online: 8357 unit

Seluruh perangkat Set Top Box INTI DVBT2 yang terjual tersebut, saat ini sedang dalam pengiriman ke alamat para pemesan. Selain itu, sebanyak 21.052 unit juga telah didistribusikan dan diinstalasi di tujuh kecamatan di Kabupaten Bogor, dengan rincian per 14 September 2022, yaitu:

  • Kecamatan Sukamakmur: 4594 unit
  • Kecamatan Sukaraja: 4106 unit
  • Kecamatan Tajur Halang: 1385 unit
  • Kecamatan Tamansari: 4517 unit
  • Kecamatan Tanjungsari: 2422 unit
  • Kecamatan Tenjo: 2264 unit
  • Kecamatan Tenjolaja: 1765 unit

Selanjutnya, pembelian Set Top Box INTI DVBT2 tahap 2 melalui e-Catalog per 15 September 2022 sebanyak 10.251 unit, akan didistribusikan dan diinstalasi di Kota Depok.

Foto: INTI

Fungsi utama dari Set Top Box INTI DVBT2 adalah sebagai perangkat penerima siaran digital berbasis teknologi DVBT2 yang merupakan standar Digital Video Broadcasting Terrestrial generasi kedua dan ditambahkan fitur Early Warning System (EWS). 

Set Top Box INTI DVBT2 ini diproduksi dengan mengacu pada:

  • Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 04 Tahun 2019 tentang Persyaratan Teknis Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi untuk Keperluan Penyelenggaraan Televisi Siaran dan Radio Siaran.
  • Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 3 Tahun 2014 tentang Persyaratan Teknis Sistem Peringatan Dini Bencana Alam pada Alat dan Perangkat Penerima Televisi Broadcasting Terrestrial-Second Generation.

Pembelian Set Top Box INTI DVBT2 dapat dilakukan melalui INTI Official Store yang tersebar di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia, atau langsung dengan mengunjungi situs resminya di https://marketplace.inti.co.id/

Set Top Box INTI DVBT2 dapat disambungkan dengan perangkat televivi lama untuk memberikan siaran televisi digital secara gratis, tanpa perlu mengganti antenna UHF.

Content Writter

1537 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.