Dipublish pada Jumat, 7 Jan 2022 | 19:37

4 Strategi Utama Xiaomi Indonesia di Tahun 2022

strategi utama xiaomi 2022Foto: Xiaomi

Xiaomi Indonesia menyambut tahun 2022 dengan memaparkan 4 strategi utama mereka tahun ini, yang berfokus pada kegiatan untuk semakin dekat dengan para Xiaomi Fans di Tanah Air, dengan meluncurkan produk-produk di kelas high-end.

Selain memperkuat portfolio produk high-end, Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia mengungkapkan bahwa 3 strategi lainnya adalah menghadirkan pengalaman ritel AIoT, memastikan pemisahan merek Xiaomi dan POCO, serta memperkuat pasar regional.

Xiaomi akan melanjutkan komitmen untuk menghadirkan produk high-end untuk pasar Indonesia setelah tahun 2021 hadir dengan produk smartphone maupun AIoT di kelas ini.

Beberapa produk unggulan mereka tahun lalu diantaranya Xiaomi Mi 11, Xiaomi Mi 11 Ultra, RedmiBook 15, dan Xiaomi Pad 5. Lebih jauh, rencana untuk menghadirkan pengalaman baru ritel akan melibatkan produk AIoT sebagai edukasi kepada konsumen tentang manfaat dari gaya hidup pintar.

Pada momentum tahun baru ini, Xiaomi juga menegaskan pemisahan dengan POCO yang sebelumnya telah mengumumkan diri sebagai brand independen sejak bulan Januari 2021. 

Mulai tahun 2022, Xiaomi dan POCO di Indonesia akan beroperasi dengan strategi dan pendekatan yang berbeda meskipun masih berbagi infrastruktur seperti layanan purna jual, manufaktur, serta quality control.

Strategi keempat adalah memperkuat pasar regional yang akan dilakukan dengan meningkatkan kehadiran ritel di lebih banyak tempat sehingga makin mudah mendapatkan produk smartphone maupun AIoT. 

Begitu pula jaringan purna jual sehingga makin mudah untuk mendapatkan layanan yang memanjakan pengguna. Tidak ketinggalan lebih banyak orang yang akan direkrut untuk menggarap pasar daerah.

Sebagai catatan, di sepanjang tahun 2021, Xiaomi telah meraih sejumlah pencapaian seperti menghadirkan produk high-end termasuk kategori baru produk AIoT berupa laptop dan tablet.

Di tahun 2021, Xiaomi telah memiliki 400+ Xiaomi Store dan 4000+ Xiaomi Preferred Partner di seluruh Indonesia. Begitu pula dengan layanan purna jual meliputi 400 titik servis di seluruh Indonesia yang akan memudahkan pengguna.

Pencapaian paling bersejarah tentunya adalah menjadi brand smartphone nomor 1 di Indonesia pada Q2 2021 dengan pangsa pasar 28% serta pertumbuhan paling pesat yakni 112% year-on-year. 

Alvin menutup dengan harapan agar pencapaian-pencapaian tersebut dapat menjadi momentum bagi Xiaomi untuk melaju kencang di tahun 2022.

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT