Dipublish pada Jumat, 7 Jan 2022 | 12:22

Mobil BMW iX Flow Ini Bisa Berubah Warna!

Mobil BMW iX Flow Ini Bisa Berubah Warna!-0Foto: BMW

BMW menghadirkan konsep mobil yang dapat berganti warna melalui debut BMW iX Flow yang jadi primadona di CES 2022. Mobil ini memiliki konsep eksterior e-ink yang bisa merubah warna mobil dari hitam ke putih atau sebaliknya dengan satu tombol saja.

Cara kerja teknologi e-ink adalah dengan menggunakan stimulasi listrik untuk memunculkan pigmen warna yang berbeda dan menampilkannya ke permukaan. Efek perubahan warna itu bisa terjadi dari depan ke belakang, sisi kanan ke sisi kiri, garis-garis, hingga motif.

Teknologi e-ink pada mobil BMW ini sama dengan yang umum digunakan pada produk tablet e-reader. Teknologi ini juga diklaim lebih hemat energi dibanding warna konvensional, yang menjadi salah satu alasan mengapa BMW memilih untuk menggunakannya.

Mobil BMW iX Flow Ini Bisa Berubah Warna!-1Foto: BMW

Selain itu, teknologi ini juga mempunyai dua keunggulan, yang pertama, pengguna bisa mengkustom warna atau mengubah desain sesuai preferensi. Warna yang tersedia saat ini adalah putih, hitam dan abu-abu.

Pemilik BMW iX Flow dapat mengubah warna untuk disesuaikan dengan cuaca. Ketika cuaca sedang terik, warna putih akan membantu mobil tetap dingin karena memantulkan lebih banyak sinar matahari, lalu di musim dingin, warna hitam akan menyerap lebih banyak sinar matahari untuk memberi kehangatan.

Mesin BMW iX Flow mampu menghasilkan 500 tenaga kuda dan jangkauan 300 mil. Mobil ini juga memiliki pembungkus yang terbuat dari e-paper, yang menjadi alasan kenapa mobil ini bisa mengubah warna pada skala abu-abu.

Mobil BMW terbaru ini dijadwalkan mulai tersedia di akhir tahun untuk pasar otomotif Amerika Serikat. Belum ada kabar apakah BMW iX Flow akan dirilis untuk pasar global.

Share :
Salsa Khairunnisa
69 Posts

Contribur

ARTIKEL TERKAIT