Dipublish Pada Kamis, 6 Jan 2022 | 10:32

Samsung Luncurkan Home Hub untuk Kelola Pekerjaan Rumah Tangga

Foto: Samsung

Samsung mengawali tahun 2022 dengan meluncurkan Home Hub yang merupakan sebuah solusi layar sentuh ala tablet yang ditenagai AI dan didukung oleh SmartThings untuk mengelola semua jenis pekerjaan rumah tangga.

Tidak salah rasanya bila Samsung kami nobatkan sebagai pemenang Best IoT Brand di Pricebook Editorial Choice 2021, karena perusahaan asal Korea Selatan ini selalu menawarkan teknologi yang inovatif.

Samsung Home Hub adalah sebuah cara baru untuk mengelola elektronik rumah tangga melalui sebuah perangkat layar sentuh inovatif yang menyerupai tablet. 

Perangkat ini menyediakan akses instan ke layanan rumah tangga yang dikustomisasi dan saling terhubung, serta menawarkan peningkatan konektivitas dengan berbagai perangkat smart home.

Samsung Home Hub menggunakan AI dan SmartThings untuk memahami kebutuhan pengguna dan secara otomatis memberikan solusi yang tepat. 

Dengan demikian, perangkat ini dapat membantu menyederhanakan pekerjaan rumah tangga dan tanggung jawab pengguna melalui perangkat bersama yang dapat diakses oleh semua orang yang berada di rumah.

Menurut Hyesoon Yang, Executive Vice President and Head of Customer Experience at the Digital Appliances Business, Samsung Electronics, Samsung Home Hub akan memudahkan hidup penggunannya.

Lebih lanjut, Hyesoon mengatakan bahwa perangkat ini dapat memahami preferensi pengguna dan menyesuaikan pengaturan elektronik rumah tangga, termasuk perangkat pintar, berdasarkan preferensi tersebut.

Sebagai sebuah home controller, Samsung Home Hub memberi tampilan seisi rumah pintar secara menyeluruh dan memungkinkan pengguna untuk mengendalikan segalanya.

Samsung memastikan bahwa dalam waktu dekat, Samsung Home Hub juga dapat terkoneksi langsung dengan perangkat lain di dalam sistem, seperti lampu pintar dan sistem kunci pintu digital.

Terhubung dengan Berbagai Perangkat

Foto: Samsung

Untuk pertama kalinya, beragam layanan SmartThings yang berbasis AI dan dapat dikustomisasi telah disatukan serta dapat dikontrol dari satu perangkat khusus melalui Samsung Home Hub. 

Kategori-kategori yang termasuk dalam layanan SmartThings ini diantaranya adalah Cooking, Clothing Care, Pet, Air, Energy, dan Home Care Wizard. Berikut beberapa keunggulannya.

  • SmartThings Cooking: Memungkinkan untuk mencari bahan, merencanakan, membeli, dan mempersiapkan menu mingguan dengan mudah menggunakan Family Hub.
  • SmartThings Clothing Care: Terhubung ke peralatan seperti Bespoke Washer dan Dryer serta Bespoke AirDresser, dan menyediakan opsi perawatan pakaian yang dikustomisasi berdasarkan jenis bahan pakaian, pola pemakaian, dan musim. 
  • SmartThings Pet: Memungkinkan untuk memeriksa kondisi hewan peliharaan dengan kamera pintar pada Bespoke Jet Bot AI+ dan menyesuaikan pengaturan elektronik rumah seperti AC supaya peliharaan menikmati lingkungan yang lebih nyaman.
  • SmartThings Air: Dapat menjalankan dehumidifikasi otomatis dan terhubung dengan AC dan air purifier untuk menjaga kualitas udara di dalam rumah sesuai dengan preferensi pengguna. 
  • SmartThings Energy: Membantu menghemat biaya listrik dengan menganalisa pola penggunaan elektronik dan menggunakan mode hemat daya yang dilengkapi AI untuk membantu mengurangi tagihan listrik.
  • SmartThings Home Care Wizard: Mengendalikan dan memonitor semua peralatan pintar di rumah dan mengirim pemberitahuan saat suku cadang perlu diganti,serta menawarkan panduan jika terjadi gangguan.

Samsung Home Hub akan tersedia di Korea Selatan pada bulan Maret 2022 dan selanjutnya, akan tersedia secara global, termasuk Indonesia.

Content Writter

1606 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.