Diperbaharui Pada Jumat, 26 Nov 2021 | 11:15

Fitur Baru One UI 4, Tersedia Untuk Galaxy S21 Series


Samsung telah mengumumkan peluncuran resmi One UI 4, mulai 15 November 2021. Beberapa fitur baru telah ditambahkan dengan fokus pada opsi kustomisasi baru, fitur privasi, dan akses ke ekosistem Samsung.

Menurut Janghyun Yoon, Executive Vice President and Head of Software Platform Team at Mobile Communications Business, Samsung Electronics, One UI 4 melengkapi pengguna smartphone Galaxy dengan fitur kustomisasi dan privasi terbaru.

“Tapi kami tidak akan berhenti di situ. Segera, pengguna smartphone dan tablet lainnya juga akan dapat memanfaatkan pembaruan perangkat lunak ini, memperoleh pengalaman yang lebih mulus di seluruh ekosistem kami,” ujar Janghyun Yoon.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa fitur baru yang telah dikembangkan pada One UI 4 :

Kustomisasi Terbaru


One UI 4 menawarkan berbagai macam Color Palettes terbaru untuk dipilih, pengguna dapat mengubah tampilan dan merasakan perubahannya mulai dari home screen hingga ikon, menu, tombol, dan background.

Singkatnya, user Interface One UI menghadirkan interaksi yang disederhanakan serta desain yang bersih dan elegan. Widget yang sudah didesain ulang dan ditingkatkan menawarkan penyesuaian yang mendalam.

Anda pun dapat meletakkan widget penting di Lock screen seperti kalender untuk mengecek jadwal sekilas hingga Voice Recorder untuk merekam ide-ide yang muncul tiba-tiba, tanpa perlu membuka lock screen.

Tidak hanya itu, Anda juga mendapatkan akses mudah ke rangkaian emoji yang lebih menarik dan beragam di satu tempat, sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan konfigurasi pilihan Anda untuk menikmati pengalaman komunikasi yang lebih seru.

Jika satu emoji masih kurang, Anda juga dapat menggabungkan dua emoji ke dalam satu animasi untuk benar-benar mengekspresikan perasaan Anda saat itu. Ekspresikan diri dengan lebih banyak variasi fitur emoji, GIF, dan stiker yang tersedia langsung dari keyboard Anda.

Privasi dan Keamanan Terbaru


One UI 4 menghadirkan fitur privasi dan keamanan terbaru. Memonitor dan mengontrol pengaturan privasi menjadi lebih mudah, mulai dari memberikan peringatan untuk Anda hingga saat aplikasi mencoba mengakses kamera atau mikrofon Anda, hingga dashboard privasi baru yang meletakkan semua pengaturan dan kontrol Anda ke satu tempat yang nyaman dipantau.

Contohnya, dari dashboard ini Anda dapat langsung memblokir sementara akses kamera dan mikrofon ke semua aplikasi.

One UI 4 juga memanfaatkan perluasan pada opsi izin Android 12, memungkinkan pengguna untuk melihat riwayat hal-hal yang mereka izinkan dalam tujuh hari terakhir, bukan hanya 24 jam terakhir. Anda juga dapat memeriksa penggunaan data saat ini dari hal-hal yang Anda izinkan dan aplikasi yang Anda gunakan.

Terhubung ke Ekosistem yang Lebih Luas


One UI 4 membantu Anda memaksimalkan ekosistem luas yang mencakup rangkaian perangkat Samsung hingga aplikasi pihak ketiga, menyajikan pengalaman mobile yang lebih mantap.

Kerja sama Samsung dengan pemimpin industri lainnya, seperti Google, memastikan pengalaman yang seamless saat menggunakan aplikasi dan layanan pihak ketiga favorit Anda.

Hal tersebut berarti Anda dapat menikmati aplikasi seperti Google Duo, yang menyediakan panggilan video berkualitas tinggi dengan teman dan keluarga.

Dan baik saat menggunakan Galaxy Fold, Galaxy Watch, maupun Galaxy Tab, Anda akan mendapatkan tampilan dan nuansa yang senada di seluruh perangkat Anda, dan akan dapat melakukan sinkronisasi perangkat dengan mulus.

Ketersediaan

One UI 4 tersedia di seri Galaxy S21 5G, termasuk Galaxy S21 Plus 5G dan Galaxy S21 Ultra 5G mulai 15 November. Kemudian akan segera tersedia di seri Galaxy S dan Galaxy Note sebelumnya serta seri Galaxy A, foldables dan tablet Samsung.

Content Writter

2485 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.