Dipublish pada Selasa, 5 Okt 2021 | 09:43

Warga Papua Sudah Bisa Menikmati Jaringan 5G Telkomsel

layanan 5g telkomselFoto: Pixabay

Telkomsel menghadirkan jaringan 5G di Papua untuk pertama kalinya, sekaligus memberikan pengalaman digital teknologi terbaru kepada warga di Bumi Cendrawasih, sebagai bentuk komitmen untuk memperluas edukasi dan akses 5G di Indonesia.

Pengalaman menggunakan jaringan 5G Telkomsel dilakukan secara bertahap dan terukur agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia, termasuk di wilayah Indonesia Timur.

Selain itu, hadirnya jaringan 5G di Papua juga termasuk dalam momentum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, sehingga masyarakat dan pengunjung dapat menikmati layanan 5G dari Telkomsel selama gelaran berlangsung.

Menurut Hendri Mulya Syam selaku Direktur Utama Telkomsel, PON XX Papua 2021 merupakan salah satu momen yang tepat untuk memperkenalkan dan memberikan pengalaman akses konektivitas digital berteknologi 5G.

Upaya ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif kepada masyarakat di kawasan Indonesia Timur, terutama Papua, sekaligus sebagai inisiatif untuk memperkuat ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan.

Trifecta Digital Telkomsel hadir sebagai penyedia Digital Connectivity, Digital Platfrom, dan Digital Services. Untuk mencoba layanan 5G Telkomsel, masyarakat dapat mengunjungi ‘Telkomsel 5G Experience Center’ yang berada di Kawasan Stadium Lucas Enembe, Papua.

Pelanggan Telkomsel yang telah memiliki perangkat smartphone 5G dapat mengakses jaringan 5G secara langsung, melalui fitur self-provisioning layanan 5G yang dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel.

Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk mengonfirmasi apakah perangkat, sim card, dan lokasi mereka berada, telah mendapatkan akses jaringan dan layanan 5G dari Telkomsel. Pelanggan juga dapat melakukan aktivasi melalui fitur ini.

Untuk dapat menikmati jaringan dan layanan Telkomsel 5G secara maksimal, pelanggan harus memastikan nomor telah mengaktifkan layanan 5G, smartphone sudah mendukung jaringan Telkomsel 5G, menggunakan SIM card lama dengan tipe USIM, dan berada di lokasi yang sudah tercakup jaringan 5G.

Selama periode persiapan gelaran jaringan 5G di Papua, Telkomsel telah melakukan uji kecepatan jaringan 5G di Sorong, dan diklaim mencatatkan kecepatan download hingga 1Gbps dengan latensi 8ms.

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT