Dipublish Pada Jumat, 24 Sep 2021 | 17:05

Perbarui OPPO Communication Lab, OPPO Berkolaborasi dengan Ericsson


OPPO mengungkapkan pengembangan teknologi 5G mereka yaitu OPPO Communication Lab. OPPO bermitra dengan Ericsson, sebagai penyedia Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) terkemuka di dunia, untuk memperbarui OPPO Communication Lab.

Dengan Communication Lab yang telah diperbarui, OPPO mampu mewujudkan penelitian dan pengembangan teknologi 5G terbarunya, mulai dari pengembangan RF front-end, hingga protokol upgrade software serta melakukan testing dan tuning secara regional. 

Communication Lab yang mutakhir ini akan menjadikan smartphone OPPO sebagai pelopor teknologi 5G terbaru serta menjadikan OPPO sebagai mitra ideal bagi provider dan operator teknologi global dalam memperluas jangkauan 5G mereka.

Lab ini juga merupakan cara bagi OPPO untuk menjadi pemain utama dalam memajukan evolusi teknologi komunikasi global.

Menurut Chris Shu, Vice President and General Manager of Product Strategy Planning and Cooperation Center, OPPO, Communication Lab yang telah diperbarui ini merupakan sebuah pencapaian baru dalam pengembangan teknologi 5G OPPO dan merepresentasikan kerja sama yang lebih dekat dengan perusahan teknologi global terkemuka lainnya.

“Seiring dengan kemajuan evolusi teknologi 5G global, kami dengan senang hati bermitra dengan Ericsson dan Keysight untuk memanfaatkan standar, produk, dan aplikasi teknologi 5G kami untuk meningkatkan ekosistem 5G di seluruh dunia,” ujar Chris Shu.


OPPO Communication Lab sendiri terdiri dari tiga modul, yaitu Radio Frequency Lab, Protocol Lab, dan Network Simulation Lab.

The Network Simulation merupakan bentuk kolaborasi antara OPPO dan Ericsson,  sementara Protocol Lab diciptakan oleh OPPO bersama dengan Keysight, sebuah perusahaan penguji teknologi ternama.

Berkaitan dengan hal tersebut, Magnus Ewerbring, Vice President and CTO Asia-Pacific, Ericsson, mengatakan, peningkatan kolaborasi antara OPPO dan Ericsson akan menghasilkan produk dan teknologi yang dapat memenuhi permintaan dan memimpin arah pasar 5G, serta meningkatkan pengalaman pengguna jaringan 5G.

Dan Ericsson senantiasa bekerja sama degan rekan industri dalam rangka membangun ekosistem 5G dan menciptakan inovasi untuk merealisasikan potensi teknologi 5G.

Sedangkan Cao Peng, Vice President and General Manager, Keysight's wireless test group mengungkapkan, Protocol Lab dan Radio Frequency Lab adalah sebuah pencapaian penting untuk OPPO dan Keysight dalam pengembangan 5G.

Inovasi teknologi 5G Keysight memungkinkan teknisi OPPO untuk melakukan pengujian produk secara efisien, seperti  power consumption testing, regression testing, dan new feature interoperability testing.

“Selain itu, kami dapat melakukan simulasi keramaian jalan ataupun kereta dengan kecepatan tinggi. Simulasi seperti ini dapat membantu OPPO dalam menerapkan teknologi 5G-nya dalam kondisi yang berbeda serta membantu OPPO dalam meluncurkan berbagai produk 5G yang muktahir ke pasar global,” tutur Cao Peng.

Ke depannya, OPPO akan terus mengingkatkan penelitian dan pengembangan teknologi mutakhir, bekerja sama dengan perusahaan terkemuka lainnya seperti Ericsson, memfasilitasi pengembangan 5G, dan merealisasikan potensi teknologi 5G serta mendorong industri menuju era Internet of Experience.

Content Writter

2543 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.