Dipublish pada Selasa, 23 Mar 2021 | 14:26

Spotify Siapkan Fitur dan Tampilan Baru di Android dan iOS

Spotify Siapkan Fitur dan Tampilan Baru di Android dan iOS-0Foto: Fixelgraphy (Unsplash)

Siapa, sih  yang tidak mengenal Spotify? Salah satu streamer musik paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Selain lagu-lagu asik yang disediakan, Spotify juga memiliki sejumlah fitur dan desain mewah untuk aplikasinya.

Baru-baru ini, Spotify resmi mengumumkan bahwa mereka sedang membuat perubahan tampilan beranda pada aplikasinya untuk perangkat Android dan iOS.

Kelebihan Tampilan Beranda dan Fitur Baru Spotify

Menurut informasi dari halaman blog Spotify, perubahan tampilan beranda ini bertujuan memudahkan pengguna untuk mencari lagu dan podcast yang mereka sukai, melanjutkan lagu yang sudah diputar sebelumnya, serta menemukan lagu-lagu baru yang direkomendasikan oleh Spotify.

Spotify juga akan meluncurkan sejumlah fitur baru, yang salah satunya disebut fitur ‘Recently played’, dimana fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk memutar lagu yang telah didengarkan selama tiga bulan terakhir.

Untuk para pengguna premium maupun gratis, nantinya akan dapat menelusuri lagu-lagu atau podcast yang belum lama diputar di dalam menu playlist, album, dan tempat streaming.

Selain itu, para pengguna premium nantinya dapat melihat apakah episode podcast tersebut sudah pernah diputar sebelumnya atau belum. 

Spotify Siapkan Fitur dan Tampilan Baru di Android dan iOS-1Foto: Spotify

Episode podcast terbaru akan ditandai dengan notifikasi titik biru di atasnya, sedangkan episode yang telah diputar akan ada semacam bar yang menunjukkan seberapa banyak podcast tersebut telah didengarkan oleh pengguna.

Selain itu, pengguna premium juga akan menerima rekomendasi personalized discovery-oriented dari beranda terbaru, yang memungkinkan pengguna premium untuk mendapatkan rekomendasi lagu-lagu yang disesuaikan oleh selera.

Sebagai contoh, kamu menyukai lagu EDM dari salah satu artis terkenal. Nantinya, Spotify akan memberikan kamu sejumlah rekomendasi lagu EDM yang disesuaikan sesuai selera, dan akan ditampilkan pada halaman beranda akun Spotify.

Hingga kini belum ada informasi terkait tanggal perilisannya, namun kabarnya update Spotify ini akan diluncurkan secara global pada Maret 2021.

Share :
Suci Risanti

Suci Risanti

Contributor

0

ARTIKEL TERKAIT