Diperbaharui pada Senin, 2 Januari 2023 | 15:19

Rekomendasi Spesifikasi Komputer Kantor Terbaik

Pada zaman sekarang ini perkantoran umumnya para karyawan lebih banyak menggunakan laptop dibandingkan dengan komputer. Hal ini dikarenakan laptop yang ideal untuk dibawa kemana-mana. Namun jangan salah, masih banyak juga perkantoran yang menggunakan komputer untuk para karyawannya. Selain performa komputer yang lebih maksimal, merakit komputer kantoran juga tidak memakan biaya yang terlalu mahal.

Ada beberapa pertimbangan untuk merakit sebuah komputer kantor. Diantaranya adalah konsumsi listrik yang tidak terlalu boros dan garansi hardware yang panjang.

Lalu bagaimana spesifikasi komputer kantor terbaik? Mari simak rekomendasinya.

Prosesor - Intel Core i5-3470

Rekomendasi prosesor yang dapat digunakan untuk komputer kantor terbaik adalah Intel Core i5-3470. Walau prosesor ini generasi lama, namun prosesor ini masih mempunyai performa yang mumpuni.

Prosesor ini memiliki clock sampai dengan 3,6 Ghz dengan Turbo boost. Selain itu, prosesor ini juga sudah terintegrasi IntelĀ® HD Graphics 2500. Konsumsi daya juga cukup hemat yang mana prosesor ini hanya mengkonsumsi listrik 77 watt saja.

Motherboard - ASUS H61M-E

Untuk motherboard, merek dan tipe yang direkomendasikan adalah ASUS H61M-E. Motherboard socket LGA 1155 ini memiliki 2 slot RAM DDR3 dengan memori maksimal 16GB.

Motherboard rekomendasi untuk komputer kantor ini juga memiliki garansi resmi yang cukup panjang yakni sampai dengan 3 tahun.

RAM - Corsair CMV4GX3M1A1600C11 4GB DDR3

Untuk memory, Corsair CMV4GX3M1A1600C11 4GB DDR3 menjadi pilihan tepat. Selain karena merek Corsair yang terkenal awet dan performanya bandel. RAM ini juga memberikan garansi seumur hidup.

Dengan memory RAM berkapasitas 4GB, rasanya sudah cukup untuk menyelesaikan tugas kantor sehari-hari.

Harddisk - Seagate Barracuda 320GB

Pada bagian penyimpanan, harddisk yang yang direkomendasikan untuk komputer kantor adalah Seagate Barracuda 320GB. Seagate Barracuda 320GB terkenal dengan performanya yang mumpuni dan harganya yang terjangkau.

Harddisk ini mempunyai antarmuka SATA III kecepatan 7200 RPM dan cache sebesar 16MB. Dan kapasitas 320GB rasanya sudah cukup untuk menyimpan pekerjaan kantor.

Casing - Powerlogic Azzura Z1VX

Casing komputer rekomendasi untuk komputer kantor adalah Powerlogic Azzura Z1VX. Casing mid tower ini sudah termasuk PSU 450 watt, artinya Anda bisa hemat karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk PSU lagi.

Casing ini memiliki banyak slot diantaranya 2 X USB 2.0, 1 X Audio Port, 1 X Microphone Port, 2 X 2,5 SSD Drive Bay, 1 X 5.25 External Drive Bay, 3 X 3.5 HDD Drive Bay dan 4 X Expansion Slot.

Monitor - AOC E1670S

Monitor yang direkomendasikan untuk komputer kantor adalah AOC E1670S. Monitor LED 16 inch ini memiliki 1 buah display port VGA. Pada paket penjualan juga sudah disediakan kabel VGA. Yang terakhir, monitor ini mempunyai resolusi 1366 X 768.

AOC E1670S

Belum ada harga

Merakit komputer untuk kantor sebenarnya bukan perkara yang sulit. Yang dibutuhkan hanyalah kejelian untuk menghemat biaya dengan cara memangkas fitur-fitur yang tidak diperlukan. Dengan rekomendasi spesifikasi komputer di atas, Pricebook harap Anda bisa bekerja dengan semakin efektif dan efisien.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1717 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.