Diperbaharui Pada Rabu, 2 Mei 2018 | 16:07

Harga Vivo V7 Turun Drastis, Vivo V9 Laris Manis

Resmi sebulan sudah Vivo V9 dipasarkan di Indonesia sejak masa pre order yang dimulai 29 Maret 2018 lalu. Hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Gold in Black dan Gold serta satu warna special Cool Blue. Pre order Vivo V9 dilakukan di 5 E-Commerce Official Online Store Vivo Indonesia, yaitu: Lazada.id, JD.id, Shopee, AkuLaku.com, dan Dinomarket. Harga Vivo V9 saat dirilis adalah Rp3.999.000.

Hanya saja, masuknya Vivo V9 ternyata memberi pengaruh yang cukup signifikan pada generasi sebelumnya yaitu Vivo V7. Dalam pantauan kami di sentra hp ITC Roxy Mas, harga Vivo V7 mengalami penurunan yang cukup drastis.

Saat diluncurkan akhir tahun lalu, harga Vivo V7 adalah Rp3.799.000. Namun kini toko hp di ITC Roxy Mas menjual Vivo V7 seharga Rp3.199.000. Meski sudah turuh harga, namun penjualan Vivo V7 terbilang seret.

Menurut para pedagang, Vivo V7 ini sudah jarang terjual karena selisih harganya tidak terlalu jauh dengan Vivo V9. “Untuk penjualannya sendiri paling terjual 1-3 unit dalam 1 minggu,” ujar Reza dari toko hp Berry Solutions.

Hal yang sama juga ditemui di ITC Cempaka Mas. Banyak pedagang yang mengaku jika penjualan Vivo V7 mengalami penurunan sejak Vivo V9 dirilis. “Untuk Vivo V7 penjualannya hanya sekitar 300 unit untuk bulan lalu (April), karena sekarang fokus jualan nya ada di Vivo V9,” ujar sales Vivo yang tidak ingin disebutkan namanya. Harga Vivo V7 kini juga sama dengan ITC Roxy Mas yaitu dikisaran Rp3.199.000.

Bahkan kembaran Vivo V7 sendiri yaitu Vivo V7+ sudah tidak ada di etalase-etalase toko. Hal ini dikarenakan Vivo V7+ sudah menjadi hp discontinue, alias sudah tidak diproduksi lagi. “Untuk Vivo V7+ sudah tidak ada yang mencari dan barangnya juga discontinue,” tambahnya.

Sementara itu, di Mall Ambassador agak sedikit berbeda dimana masih banyak yang mencari Vivo V7. “Untuk Vivo V7 masih banyak yang mencari walaupun V9 sudah keluar. Saat ini harga Vivo V7 yang kami jual adalah Rp3.200.000,” kata Zidann dari toko hp Ca Cell.

Sedangkan untuk Vivo V7+ sudah tidak ada barang karena sudah discontinue. Bila masih ada yang mencari Vivo V7+, kemungkinan dialihkan ke V9. Meski demikian, di ITC Kuningan masih ada beberapa toko yang memiliki stok Vivo V7+. Hanya saja tidak banyak, paling hanya 1 sampai 2 saja. “Dan biasanya toko tersebut tidak mau lempar ke toko lain melainkan langsung ke user,” ujar Ryan dari toko hp Khatulistiwa.

Vivo V9 Laris Manis

Kehadiran Vivo V9 ternyata mendapat sambutan yang positif dari konsumen. Terlihat dari momen pre-order per-29 Maret dengan menjadi No.1 Selling Smartphone (kategori harga Rp 3-4 juta) di hampir seluruh e-commerce partner, serta lebih dari 20.000 unit smartphone V9 sudah ditangan konsumen pada Super Selling Day per 5 April 2018 lalu.

Begitu juga dari hasil pemantauan kami di sentra penjualan hp seperti ITC Roxy, ITC Cempaka Mas, dan Mall Ambassador atau ITC Kuningan. Menurut sejumlah pedagang di ITC Roxy Mas, peminat Vivo V9 saat ini meningkat signifikan. Meski tiap toko berbeda, namun penjualan Vivo V9 terbaru ini terbilang cukup tinggi.

“Untuk V9 penjualan saat ini sudah banyak peminatnya dan penjualannya juga naik. Di toko kami, Vivo V9 ini bisa terjual 1-4 unit dalam 1 hari. Dan semakin hari juga makin meningkat,” ujar Ade dari Citra Cell.

Bahkan untuk Vivo V9 di area ITC Cempaka Mas penjualan dari seluruh sales cukup tinggi. Berdasarkan informasi dari para sales Vivo di beberapa toko, penjualan Vivo V9 mencapai 1.100 unit untuk bulan April 2018 saja.

Dimana para sales memiliki target dengan terkecil itu di angka 15 unit per bulan. Meski demikian ada juga yang di beri target 30 unit per bulan. “Jadi beda toko beda target,” ujar sales Vivo yang tidak mau disebutkan namanya.

Hal ini cukup wajar mengingat Vivo V9 menjadi keluaran terbaru yang dirilis secara mewah dengan mengambil lokasi di kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah serta disiarkan langsung oleh 12 TV nasional di jam prime time. Wajar bila produk mereka begitu mengena di mata konsumen.

Spesifikasi Vivo V9 dan Vivo V7

Secara spesifikasi, Vivo V9 sendiri menjadi perangkat teranyar di lini Vivo V series yang menyuguhkan fitur terkini yang disesuaikan dengan tren saat ini. Salah satunya adalah penggunaan fitur full display, dimana ukuran layar Vivo V9 adalah 6.3 inch.

Layar ini juga memiliki notch atau poni di bagian atas yang mulai banyak diterapkan para vendor. Layar ini sudah beresolusi FullHD+ dengan screen-to-body ratio mencapai 90%. Hp Vivo V9 juga menawarkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk menambah kemampuannya di sektor fotografi.

Hanya saja, yang sangat disayangkan adalah spesifikasi Vivo V9 hanya ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 450. Penggunaan prosesor ini berbeda dengan Vivo V9 yang rilis untuk pasar India dan Malaysia yang menanam prosesor Snapdragon 626. 

Bagaimana dengan Vivo V7? Hp ini hadir dengan konsep layar FullView di Vivo V7 mengusung inovasi Comfortable Hand Grip. Dimana dengan layar penuh berukuran 5,7 inci serasa seperti menggenggam hp berukuran layar 5,2 inci. Layar FullView ini sendiri memiliki rasio bodi 83,6% dengan bezel yang sangat tipis.

Kamera masih menjadi salah satu fitur yang diunggulkan Vivo pada perangkat mereka, terutama kamera depan untuk foto selfie. Vivo telah memasang kamera depan beresolusi 24MP Clearer Selfie Perfect Camera pada Vivo V7. Kamera ini akan di dukung fitur Face Beauty 7.0 dengan Smart beauty untuk mengidentifikasi gender yang menyesuaikan efek wajah pada pria dan wanita agar terlihat natural.

Sedangkan kamera belakangnya juga tidak kalah mumpuni dengan berbekal sensor beresolusi 16MP. Kamera belakang Vivo V7 dibekali dengan teknologi PDAF dan foto Ultra HD untuk menghasilkan foto dalam ukuran setara 64MP.

Nama Jumlah Core Kecepatan CPU Ukuran Layar Screen Resolution Resolusi Kamera Belakang Resolusi Kamera Depan Kapasitas Baterai Detail Prosesor GPU
Vivo V7 RAM 4GB ROM 32GB Octa Core 1.8 GHz 5.7 inch 1440 x 720 Pixel 16 MP 24 MP 3000 mAh Snapdragon 450 -
Vivo V9 RAM 4GB Octa Core 2.2 GHz 6.3 inch 2880 x 1080 Pixel 13 MP 24 MP 3260 mAh Snapdragon 450 Adreno 506
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

 

Content Writter

2485 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.