Dipublish pada Kamis, 26 Okt 2017 | 08:20

7 Perbedaan ASUS Zenfone 4 Selfie dan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro

ASUS Zenfone 4 Selfie
ASUS telah merilis secara resmi dua varian hp selfie terbaru mereka, yaitu ASUS Zenfone 4 Selfie dan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. Kedua perangkat ini hadir dengan beberapa perbedaan, mencakup spesifikasi, fitur, hingga harga. Sehingga memudahkan kamu dalam memilih sesuai kebutuhan dan dana yang dimiliki. 

Meski berbeda, namun pada dasarnya dua hp selfie ASUS ini memang ditujukan untuk penggemar selfie atau swafoto. Apalagi kini semakin banyak vendor yang serius menggarap segmen tersebut, tidak terkecuali ASUS. Tak tanggung-tanggung, jika sebelumnya hanya ada satu varian ZenFone Selfie yang disajikan, kini ASUS menghadirkan dua varian khusus swafoto disiapkan untuk penggemar selfie di tanah air. 

“Kami merasa sudah waktunya ASUS menghadirkan solusi terbaru untuk penggemar selfie di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sebagai bukti keseriusan ASUS menggarap pasar ini, kami menyediakan langsung 2 model ASUS ZenFone 4 Selfie untuk dipilih. Keduanya punya karakteristik berbeda dan cocok untuk berbagai segmen pengguna,” ucap Jerry Shen, Chief Executive Officer ASUS. 

Untuk memudahkan kamu membedakan antara ASUS Zenfone 4 Selfie dan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro, berikut kami sajikan informasinya: 

Perbedaan Desain

ASUS Zenfone 4 Selfie ProASUS Zenfone 4 Selfie Pro sedikit lebih tipis dari ASUS Zenfone 4 Selfie

Perbedaan secara kasat mata yang dapat dilihat dari kedua perangkat ini ada pada ketebalan bodinya. Dimana ASUS Zenfone 4 Selfie sedikit lebih tebal dibanding ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. Berdasarkan spesifikasi yang kami terima, ASUS Zenfone 4 Selfie memiliki dimensi 155.66 x 75.9 x 7.85 mm dengan bobot 144 gram.

Sedangkan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro hadir dengan ukuran 154.02 x 74.83 x 6.85mm berbobot 147g. Itu artinya ASUS Zenfone 4 Selfie Pro lebih ramping 1mm dibanding ASUS Zenfone 4 Selfie. Namun yang menarik, meski lebih tipis tapi bobot ASUS Zenfone 4 Selfie Pro sedikit lebih berat 2g. 

Posisi Dua Kamera Depan

ASUS Zenfone 4 Selfie ProDual kamera depan ASUS Zenfone Selfie Pro saling berdekatan

Secara fisik, untuk membedakan ASUS Zenfone 4 Selfie dan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro bisa dilihat dari penempatan kamera. Untuk ASUS Zenfone 4 Selfie, dua kamera selfie ditempatkan pada posisi yang agak berjauhan. Dua kamera ini mengapit speaker untuk menerima panggilan dan flash LED. 

Sedangkan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro menempatkan dua kamera depan pada posisi yang berdampingan, tepatnya berada di sisi kiri call speaker.  

Port Jack 3,5mm

Perbedaan lain juga dapat dilihat pada posisi port jack 3,55mm. Dimana pada ASUS Zenfone 4 Selfie, posisi port jack 3,55mm bisa ditemukan dibagian atas perangkat. Sedangkan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro menempatkan port jack 3,55mm diposisi bawah bersama port microUSB dan speaker.

Layar

ASUS Zenfone 4 SelfieLayar ASUS Zenfone 4 Selfie Pro sudah FullHD dan dilindungi Gorilla Glass 5

JIka dilihat, keduanya sama-sama dibekali dengan layar berukuran 5,5 inci. Namun dari sisi teknologi dan resolusi memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Untuk ASUS Zenfone 4 Selfie layar 5,5 inci yang dimiliki masih beresolusi HD 720 x 1280 pixel dengan density 267 ppi yang memenuhi 70.6% bagian deapn.

Sedangkan layar 5,5 inci di ASUS Zenfone 4 Selfie Pro sudah mengusung resolusi FullHD 1080 x 1920 pixel dengan density 401 ppi yang memenuhi 72.4% bagian depan perangkat. Tidak hanya itu, layar di ASUS Zenfone 4 Selfie Pro juga sudah dilindungi dengan Gorilla Glass 5 untuk menghindari resiko tergores. 

Resolusi Kamera

Jika membutuhkan keseimbangan antara performa dan kemampuan kamera yang baik namun dengan harga yang lebih terjangkau, kamu bisa memilih ASUS ZenFone Selfie ZD553KL. Untuk aktivitas selfie, telah disediakan kamera depan resolusi 20MP lengkap bersama kamera wide dengan resolusi 8MP. Lalu untuk kamera belakangnya sendiri memiliki resolusi 16MP. 

Sedangkan ASUS ZenFone Selfie Pro ZD552KL memanfaatkan kemampuan dua buah pixel image sensor Sony IMX362 yang setelah dikombinasikan dengan teknologi ASUS DuoPixel dapat menghasilkan foto dengan resolusi tinggi, 24MP. Lensa dengan aperture besar, yakni f/1.8, diperkuat ASUS SuperPixel Engine, memastikan performa fotografi yang sangat baik pada kondisi low-light. Sementara satu kamera lagi berjenis wide dengan resolusi 5MP. 

ASUS Zenfone 4 SelfiePerbedaan port jack 3,55mm di ASUS Zenfone 4 Selfie series

Performa

Performa ASUS ZenFone Selfie ZD553KL ditunjang prosesor Qualcomm Snapdragon 430 dengan sokongan memori RAM berkapasitas 4GB dan memori internal 64GB.

Sedangkan ASUS ZenFone 4 Selfie Pro diperkuat prosesor Qualcomm Snapdragon 625, RAM 4GB dan memori 64GB. Hal ini tentu berpengaruh pada kinerja perangkat secara keseluruhan, dimana ASUS Zenfone 4 Selfie Pro memiliki performa lebih baik.

Harga

ASUS Zenfone 4 selfie proDengan spesifikasi lebih baik, harga ASUS Zenfone 4 Selfie Pro lebih tinggi  

Perbedaan dari sisi spesifikasi dan performa tentu mempengaruhi harga keduanya. ASUS Zenfone 4 Selfie memang memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibanding ASUS Zenfone 4 Selfie Pro, sehingga harganya jauh lebih murah.

Dimana harga ASUS Zenfone 4 Selfie sendiri dipasarkan Rp3.499.000, sedangkan harga ASUS Zenfone 4 Selfie Pro dibanderol Rp4.999.000.

Nama Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Resolusi Kamera Depan 2
ASUS Zenfone 4 Selfie ZD553KL RAM 4GB ROM 64GB 5.5 inch Snapdragon 430 7 4 GB 64 GB Adreno 430 16 MP 8 MP
ASUS Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL RAM 4GB ROM 64GB 5.5 inch Snapdragon 625 7 4 GB 64 GB Adreno 506 16 MP 12 MP
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :

ASUS Zenfone V Resmi Dipasarkan Bawa kamera 23 MP 

ASUS Zenfone 4 Max Pro Dirilis, Ini Hasil Foto Dual Kameranya 

Kelebihan ASUS Zenfone 4 Max Pro ZC554KL, Dual Kamera dengan Baterai 5.000 mAh 

Share :
Nur Abdillah

Nur Abdillah

Content Writer

1361 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.

ARTIKEL TERKAIT

HARGA TERENDAH DENGAN PRODUK TERKAIT