Dipublish Pada Selasa, 2 Jan 2018 | 17:11

KTA Tanpa Kartu Kredit, Hal-Hal yang Mesti Anda Ketahui

Anda mungkin sudah pernah mendengar apa itu kredit tanpa agunan atau KTA dan saudaranya, kredit multiguna (KTM). Ya, keduanya merupakan produk kredit populer yang ditawarkan oleh bank maupun perusahaan pembiayaan. Bila kredit multiguna mensyaratkan debitur untuk memberikan agunan, atau jaminan, berupa aset berharga agar dapat memperoleh pinjaman, KTA tak mensyaratkan debitur untuk menjaminkan sesuatu.

Semula, bank hanya menetapkan satu syarat krusial untuk mendapatkan KTA, yaitu kepemilikan kartu kredit. Histori kredit Anda yang dapat diakses dari aktivitas kartu kredit inilah yang akan menjadi pertimbangan diterima atau ditolaknya pengajuan KTA Anda. Kini, banyak kreditor yang juga menawarkan KTA tanpa kartu kredit. Apa yang terlintas di pikiran ketika mendengar kata, KTA tanpa kartu kredit? Kemudahan?

Ya, kalau Anda iseng mencari tahu tentang KTA tanpa kartu kredit di internet, Anda mungkin akan membaca banyak artikel yang menyatakan KTA tanpa kartu kredit memberikan kemudahan, baik dalam proses pengajuan maupun dalam kemungkinan memproleh pinjaman. Benarkah KTA tanpa kartu kredit semanis yang diiklankan? Benarkah hanya kemudahan yang ditawarkan?

Jika hendak mengajukan KTA tanpa kartu kredit sebagai salah satu syaratnya, berikut hal-hal yang mesti diketahui.

Perbedaan Antara KTA dengan KTA Tanpa Kartu Kredit


perhatikan perbedaannya dengan kartu kredit via debt org

Keduanya adalah produk kredit yang sama-sama tak mensyaratkan agunan untuk mendapatkan pinjaman. Bedanya, KTA umumnya mensyaratkan debitur untuk memiliki kartu kredit, sedangkan KTA tanpa kartu kredit, sesuai namanya, tak mensyaratkan kepemilikan kartu kredit atau histori kredit bagi debitur untuk mendapatkan kredit. Jadi, KTA tanpa kartu kredit, cocok untuk calon debitur yang tidak memiliki kartu kredit.

Syarat Pengajuan KTA Tanpa Kartu Kredit


ajukan sesuai syarat yang diminta via installmentcredits.com

Lantas, kalau tidak memerlukan kartu kredit, apa syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan KTA tanpa kartu kredit? Ada dua persyaratan umum yang berlaku hampir di seluruh bank atau perusahaan pembiayaan. Pertama, debitur umumnya harus sudah berumur 21 tahun dan maksimal berumur 55–60 tahun saat tenor berakhir. Kedua, debitur memiliki pendapatan bersih sedikitnya Rp3 juta yang dapat dibuktikan dengan slip gaji.

Bila memenuhi kedua persyaratan di atas, Anda perlu melengkapi pengajuan KTA tanpa kartu kredit dengan dokumen pendukung, seperti fotokopi identitas diri, NPWP, slip gaji bagi calon debitur yang berprofesi sebagai karyawan, surat izin profesi bagi calon debitur yang berprofesi sebagai pengusaha atau profesional, rekening koran selama 3–6 bulan terakhir, keterangan ada atau tidaknya pinjaman lain yang sedang diambil, dan mengisi formulir pengajuan kredit.

Keunggulan dan Kekurangan KTA Tanpa Kartu Kredit


ketahui keunggulan dan kekurangannya via businesstimes.com.sg

Sebagai sebuah produk perbankan, KTA Tanpa Kartu Kredit juga memiliki sejumlah keunggulan dan kekurangan. Karena itu, Anda jangan sampai asal mengajukannya, karena pada proses pengajuan hingga pelunasannya, produk ini bisa menjadi kawan atau masalah bagi si kreditur.

1. Keunggulan KTA Tanpa Kartu Kredit

Bila dibandingkan dengan dua produk kredit lainnya, yaitu kredit multiguna dan kredit tanpa agunan biasa, KTA tanpa kartu kredit memiliki keunggulan tersendiri, yaitu:

  • Tidak membutuhkan kartu kredit
  • Menawarkan limit pinjaman yang cukup besar, hingga Rp200 juta
  • Menawarkan tenor pinjaman yang cukup lama, yaitu 1–5 tahun
  • Proses pencarian pinjaman cukup cepat, dalam hitungan hari

2. Kekurangan KTA Tanpa Kartu Kredit

Pengajuan KTA tanpa kartu kredit mungkin terlihat mudah dan memberikan banyak keuntungan pada calon debitur. Namun, sejatinya Anda harus mengingat, tak ada kemudahan yang diberikan dengan cuma-cuma. Pinjaman tanpa jaminan bukan berarti Anda akan aman apabila mengalami kesulitan dalam membayar karena toh tak ada aset yang dijaminkan, seperti pada kredit multiguna. Itu adalah anggapan yang salah.

Bila perbandingan bunga yang ditetapkan pada KTA saja sudah jauh berbeda besarnya dari KTM, pada KTA tanpa kartu kredit besarnya bunga yang ditetapkan pun bukan main tingginya. Hal ini dikarenakan pihak kreditor belum tahu kemampuan Anda dalam membayar pinjaman karena tidak adanya histori kredit Anda yang bisa mereka jadikan bahan pertimbangan.

Akibatnya, pihak kreditor akan menetapkan bunga tinggi sebagai “imbalan” telah mau memercayai permohonan pinjaman Anda. Penetapan bunga yang tinggi jelas harus diwaspadai sebagai risiko dari KTA tanpa kartu kredit.  

Biaya yang Dibebankan Kepada Debitur KTA Tanpa Kartu Kredit


ada biaya tambahan yang mungkin dibebankan pada Anda via pdatacorp.com

Pengajuan KTA tanpa kartu kredit jika disetujui tidak hanya sebatas pencairan dana pinjaman kepada Anda selaku debitur. Anda harus tahu, ada biaya-biaya lain yang harus ditanggung selama menerima kredit. Berikut adalah biaya yang biasanya dibebankan kepada debitur KTA tanpa kartu kredit:

  • Biaya administrasi, dilihat sebagai biaya balas jasa karena telah mengurus dan menyetujui pinjaman, dikenakan hanya satu kali dan dipotong langsung dari jumlah pinjaman yang disetujui bank atau perusahaan pembiayaan. Besarnya biaya administrasi dapat berbeda-beda antara satu kreditor dengan kreditor lainnya. Namun, umumnya biaya administrasi berkisar antara 1–3,5% dari total pinjaman yang disepakati.
  • Biaya materai.
  • Biaya di muka, dibayarkan di luar cicilan dan besarnya sekitar 1,5–5% dari total pinjaman, tergantung ketentuan pihak kreditor.
  • Biaya bunga, sifatnya flat, dan besarnya tergantung ketentuan kreditor. Umumnya, biaya bunga bisa mencapai 10–23% per tahun.
  • Biaya penalti, dikenakan bila debitur ingin melunasi kredit lebih cepat dari tenggat yang telah ditetapkan sebelumnya. Besarnya biaya penalti berkisar antara 5–6% dari sisa pinjaman Anda.
  • Biaya asuransi, ditetapkan oleh beberapa kreditor kepada debiturnya, dianggap sebagai penjamin untuk menanggulangi risiko bila debitur meninggal dunia. Oleh karena itu, pilihan asuransi ditentukan oleh pihak bank bukan dari pihak debitur.

Proses Pengajuan KTA Tanpa Kartu Kredit


ikuti prosesnya sampai kredit Anda disetujui via quickloans.com

Bila sudah menimbang untung rugi dan mantap mengajukan KTA tanpa kartu kredit kepada bank atau lembaga pembiayaan yang dipercayai, Anda dapat menghubungi pihak kreditor dan memulai proses pengajuan KTA tanpa kartu kredit. Umumnya, proses pengajuan KTA tanpa kartu kredit adalah sebagai berikut:

  • Verifikasi syarat utama pengajuan kredit
  • Verifikasi kelengkapan dokumen pendukung
  • Analisis rekening koran calon debitur. Beberapa kreditor, bila merupakan bank, juga menetapkan syarat tambahan, yaitu telah menjadi nasabah bank tersebut selama beberapa waktu.
  • Analisis profesi calon debitur dengan jumlah pinjaman yang diajukan. Bila Anda adalah seorang karyawan, beberapa kreditor mempertimbangkan status karyawan Anda, apakah tetap atau masih kontrak. Beberapa kreditor juga mempertimbangkan lama masa kerja Anda.
  • Verifikasi kontak yang dicantumkan calon debitur. Umumnya, pihak kreditor akan meminta Anda mencantumkan nomor telepon pribadi, telepon kantor, dan telepon keluarga yang tak serumah dengan Anda.

Pertimbangkan Dulu Matang-Matang Sebelum Mengambil KTA Tanpa Kartu Kredit

Nah, apakah kini Anda sudah memahami apa itu KTA tanpa kartu kredit? Sekalipun Anda berada dalam kondisi sedang membutuhkan dana tambahan dalam kurun waktu yang cepat, biasakan diri untuk mencari tahu efek samping dari keputusan yang diambil.

Sebaliknya bila kebutuhan dana tambahan Anda tak mendesak, pikirkan matang-matang sebelum mengajukan pinjaman dan mulailah mengatur keuangan Anda lebih baik lagi agar tak perlu mengajukan pinjaman.

Contributor

300 Posts