Dipublish Pada Selasa, 2 Jan 2018 | 11:59

Kredit Multiguna: Alasan Utama Kita untuk Menggunakannya

Mengajukan pinjaman, seperti Kredit Multiguna (KMG) terkadang merupakan salah satu solusi yang diambil seseorang dalam menghadapi kebutuhan mendadak. Misalnya, untuk biaya anak sekolah, biaya renovasi rumah, modal usaha dan lain sebagainya. Mereka cenderung akan mengajukan kredit lewat bank karena prosedurnya yang cukup mudah dan keamanannya yang terjamin.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu produk bank yang menjadi pilihan sebagian orang dalam urusan pinjam-meminjam adalah Kredit Multiguna (KMG), prosesnya cukup mudah dan jumlah pinjaman yang besar merupakan salah satu alasannya.

Selain itu, masih banyak lagi alasan mengapa Kredit Multiguna banyak dipilih sebagai solusi keuangan saat ini. Mau tau lebih lanjut tentang KMG? Baca ulasan lengkapnya berikut.

Apa itu Kredit Multiguna?


kredit multiguna via nationwidemortgagerates.com

Kredit Multiguna atau lebih dikenal sebagai KMG adalah salah satu produk perbankan yang menyediakan pinjaman kepada nasabah. Untuk menikmati fasilitas kredit satu ini, bank mensyaratkan adanya sebuah agunan sebagai jaminan untuk kredit ini.

Aset yang bisa diagunkan bisa bermacam-macam, mulai dari emas, rumah, tanah, mobil, motor, surat-surat berharga dan lain sebagainya. Tentunya, nilai aset tersebut digunakan untuk menentukan besaran pinjaman yang akan didapatkan.

Misalnya, Anda mengagunkan rumah seharga Rp1 miliar, maka jumlah kredit yang didapat tidak sama dengan jika Anda mengagunkan motor yang hanya seharga Rp15 juta. Namun, Anda juga harus ingat bahwa plafon kredit yang didapat juga tidak bisa melebihi dari nilai aset yang dijaminkan. Oleh karena itu, bank akan menghitung kembali jumlah nilai dari aset yang dijaminkan dan jumlah kredit yang Anda ajukan.

Kelebihan Kredit Multiguna


kredit multiguna memiliki sejumlah kelebihan via quickloans.com

Jenis fasilitas KMG memiliki beberapa keuntungan yang ditawarkan kepada konsumen. Kelebihan ini tentu saja belum tentu dimiliki oleh jenis pinjaman lainnya. Apa saja kelebihan KMG? Ini dia.

1. Limit Kredit Multiguna Tinggi

Ini dia salah keunggulan KMG yang paling menonjol. Ya, batas pinjaman dari KMG tentunya tinggi. Hal ini terkait adanya aset yang diagunkan sebagai jaminan dari pengajuan pinjaman. Besarnya plafon yang ditawarkan oleh KMG mulai dari Rp2 juta hingga Rp2 miliar. Cukup besar bukan? Oleh karena itu, jenis kredit ini cocok untuk modal untuk membuka usaha.

Lalu berapakah pinjaman yang akan didapatkan dari KMG? Besaran pinjaman yang akan didapatkan dari KMG tentunya akan disesuaikan menurut nilai aset yang akan Anda agunkan. Mudahnya, Anda dapat mengagunkan lebih dari satu aset untuk mendapatkan pinjaman.

Maksudnya apa? Misalnya, Anda mengiginkan pinjaman sebesar Rp1 miliar, lalu Anda menjaminkan rumah tempat tinggal sebagai jaminan, tapi bank merasa nilai rumah Anda tidak sesuai dengan besaran pinjaman yang diajukan. Dengan begitu, Anda bisa menambahkan aset untuk diagunkan hingga bank merasa aset yang diagunkan cukup. Contohnya, Anda bisa menambahkan mobil yang terpajang di garasi sebagai tambahan agunan.

2. Kredit Multiguna Bisa Digunakan Untuk Kebutuhan Apa Saja

Karena limit yang ditawarkan oleh KMG besar, dana yang didapatkan setelah pinjaman cair nanti dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, untuk renovasi rumah, biaya pernikahan, biaya pendidikan anak, biaya pengobatan, modal usaha dan keperluan lainnya.

Hal menarik adalah KMG dapat digunakan untuk modal usaha, jadi keuntungan usaha yang didapatkan dari hasil usaha nanti bisa dibayarkan untuk cicilannya. Hal ini tentunya sangat menguntungkan.

3. Kredit Multiguna Menyediakan Tenor Panjang

Anda akan mendapatkan tenor panjang jika mengajukan pinjaman lewat KMG. Mengapa? Ya ini merupakan salah satu kelebihan fasilitas pinjaman ini karena bank memiliki jaminan berupa aset yang Anda agunkan jika terjadi sesuatu selama masa pinjaman.

Masa tenor yang disediakan KMG mencapai 25 tahun. Cukup panjang bukan? Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu terdesak setiap bulannya untuk melunasi cicilan. Tersedia cukup waktu untuk melunasi cicilan KMG.

Panjangnya tenor yang diberikan tentunya juga berpengaruh kepada jumlah cicilan yang dibayarkan perbulannya. Semakin panjang tenor, maka jumlah cicilan akan semakin ringan. Bagi Anda yang akan menginginkan cicilan ringan, pilihlah tenor yang panjang. Akan tetapi ingat, semakin panjang tenor maka bunga juga akan semakin besar.

4. Dengan Kredit Multiguna, Anda Tidak Perlu Menjual Aset

Adanya KMG membuat orang tidak perlu menjual aset untuk mendapatkan uang. Ajukan saja KMG, maka aset yang dimiliki akan diagunkan untuk selanjutnya mendapatkan uang. Mirip dengan pegadaian yang sewaktu-waktu aset dapat ditebus jika pinjaman sudah lunas.

Apa Beda Kredit Multiguna (KMG) dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)?


KMG tidak sama seperti KTA dan KPR via sherridonhomes.com.au

Dari nama kedua produk pinjaman tersebut tentu saja kita dapat dengan mudah menyimpulkan perbedaannya. Ya, berbeda dengan KTA yang tidak memerlukan aset untuk diagunkan, KMG membutuhkan aset sebagai agunan untuk mencairkan dana kredit Multiguna.

Loh berarti menguntungkan KTA, kan tidak ada jaminannya? Tidak juga. Hal ini tentu saja kembali ke kebutuhan si peminjam. Karena limit pinjaman KTA terbatas hanya sekitar Rp200-300 juta sedangkan KMG bisa mencapai Rp2 miliar. Tenor KTA juga terbilang pendek hanya berkisar 1-2 tahun, berbeda dengan KMG yang bisa mencapai 25 tahun.

Jadi lihat dulu kebutuhan Anda, jika ingin meminjam uang yang jumlahnya cukup besar, pilihannya adalah KMG. Namun bagaimana perbedaan Kredit Multiguna dan Kredit Pemilikan Rumah? Tentu saja dua produk perbankan ini sangat berbeda, walaupun sama-sama menyangkut aset berupa rumah.

KPR adalah produk pembiayaan untuk keperluan pembelian rumah yang dijual oleh pengembang perumahan (developer). Sedangkan, KMG adalah produk pinjaman yang memerlukan rumah sebagai salah satu aset yang diagunkan.

Syarat dan Dokumen Pengajuan Kredit Multiguna


mau ajukan KMG? ada syarat dan dokumen yang mesti disiapkan via ramani.co.id

Seperti layaknya pengajuan kredit lainnya, Kredit Multiguna juga memberikan sejumlah syarat dan dokumen ketika Anda ingin mengajukannya. Apa saja syarat-syarat dan dokumen yang umumnya diminta bank atau lembaga keuangan lain? Berikut diantaranya:

Syarat Umum Pengajuan Kredit Multiguna (KMG)

Umumnya, untuk mengajukan KMG, syaratnya sangat mudah. Apa saja kah persyaratan umum dari bank untuk bisa mendapatkan pinjaman lewat KMG? Ini syaratnya.

  1. Pendapatan Harus Sesuai dengan Produk KMG yang dipilih
  2. Usia Pemohon Diatas 21 Tahun
  3. Usia Pemohon Tidak Melebihi 55-60 Tahun saat Pelunasan

Dokumen Umum Pengajuan Kredit Multiguna (KMG)

  1.    Formulir Aplikasi yang Sudah Dilengkapi
  2.    Fotokopi KTP/KITAS dan pasangan
  3.    Fotokopi Kartu Keluarga
  4.    Fotokopi Akta Nikah
  5.    Akta Cerai/Akta Kematian (untuk debitur dengan status janda/duda)
  6.    Fotokopi NPWP
  7.    Fotokopi Rekening (3 bulan terakhir)
  8.    Slip Gaji/SKP/SPT
  9.    Fotokopi Rekap Penghasilan (untuk wirausaha)
  10.  Fotokopi Surat Izin Profesi (untuk peminjam profesi)
  11.  Fotokopi akta Pendirian/SIUP/TDP (untuk wiraswasta)
  12.  Foto Tempat Usaha (untuk wiraswasta)
  13.  Fotokopi Rekening Listrik (6 bulan terakhir)
  14.  Fotokopi PBB (2 tahun terakhir)

Pikirkan Kebutuhan Sebelum Mengajukan Kredit Multiguna (KMG)

Sebelum mengajukan KMG, ada baiknya Anda memikirkan matang-matang kebutuhannya. Pikirkan matang-matang untuk apa dana yang akan didapatkan dari Kredit Multiguna, apakah mendesak ataukah bisa ditunda. Jangan lupa juga untuk melunasi cicilan sampai tuntas. Karena jika tidak, aset Anda akan hilang disita oleh pihak bank.

Contributor

300 Posts