Dipublish Pada Selasa, 2 Jan 2018 | 11:20

Mengenal Asuransi Jiwa, Apakah Kita Harus Menggunakannya?

Hari esok adalah misteri. Karena itu, siapa yang bisa menebak apa yang akan terjadi pada hari esok? Siapa pun pastinya berharap hari esok lebih baik dari hari ini. Tapi, bagaimana kalau hal buruk yang sama sekali tak diharapkan terjadi pada hidup Anda? Inilah kenapa asuransi terutama asuransi jiwa diperlukan sebagai salah bentuk proteksi diri terhadap risiko-risiko yang muncul sebagai akibat dari hal buruk yang terjadi dalam hidup.

Risiko-risiko tersebut bila tak diantisipasi bisa mengancam keuangan Anda. Imbasnya, kondisi keuangan bisa-bisa memburuk karena tak terproteksi. Anda tentunya tidak mengharapkan hal tersebut terjadi, bukan? Sayangnya, masih ada saja yang mengabaikan manfaat yang diberikan asuransi, khususnya asuransi jiwa.

Hampir semua orang setuju betapa berharganya hidup ini. Sedih membayangkan bagaimana nantinya keluarga memenuhi kebutuhan tanpa hadirnya diri Anda. Membayangkan bagaimana anak-anak membiayai pendidikan tanpa adanya peran Anda. Baru membayangkan dua hal itu saja sudah ngeri, bagaimana memikirkan hal-hal yang lainnya? Inilah alasannya asuransi jiwa penting sekali dimiliki.

Selama ini, karena kurangnya pemahaman, sering kali orang-orang mengurungkan niatnya mengambil asuransi jiwa. Padahal, banyak manfaat yang didapat dari asuransi jiwa. Supaya tidak bingung dan ragu dengan asuransi jiwa, berikut ini akan diulas apa itu asuransi jiwa dan kenapa harus digunakan.

Apa Itu Asuransi Jiwa? Inilah Penjelasannya


asuransi jiwa untuk melindungi keluarga Anda via dollarsandsense.sg

Dari apa yang disampaikan di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa asuransi jiwa merupakan bentuk pertanggungan yang mengganti kerugian atas risiko yang mengakibatkan kematian pemegang polis. Perusahaan asuransi memberi ganti rugi yang disebut sebagai uang pertanggungan kepada ahli waris.

Hanya dengan menjadi pemegang polis asuransi jiwa dan rutin membayarkan premi tiap bulannya, Anda telah menjanjikan jaminan rasa aman di masa yang akan datang kepada keluarga Anda. Begitu sosok Anda yang berperan dalam keluarga hilang, asuransi jiwa mengambil alih peran tersebut. Keuangan keluarga dapat terhindar dari kesulitan karena dibantu uang pertanggungan dari asuransi jiwa.

Perlu diketahui agar jangan sampai salah paham, asuransi jiwa bukanlah proteksi untuk menghadapi kematian, melainkan proteksi terhadap risiko-risiko akibat kematian yang bisa menghantam keuangan.

Mereka Inilah yang Harus Memiliki Asuransi Jiwa, Siapa Saja Mereka?


tiap orang sebaiknya menggunakan asuransi jiwa via kiplinger.com

Sudah jelas mereka yang bekerja untuk memenuhi seluruh kebutuhan keluarga harus memiliki asuransi jiwa, bahkan mesti jadi prioritas. Kalau Anda jadi bagian dari mereka yang berperan besar dalam keuangan keluarga, sudah saatnya untuk segera mengambil asuransi jiwa. Apalagi kalau Anda baru saja membentuk keluarga kecil.

Kebutuhan-kebutuhan yang sebelumnya belum ada mau tak mau mesti dipenuhi saat telah memiliki pasangan hidup dan anak. Kebutuhan pokok, kebutuhan akan rumah, kebutuhan pendidikan, dan kebutuhan lainnya yang memengaruhi rumah tangga Anda menuntut banyak biaya. Semuanya mustahil terpenuhi tanpa peran Anda atau pasangan Anda yang juga bekerja.

Untuk itu, milikilah asuransi jiwa supaya kelak jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, uang pertanggungan yang diberikan ke ahli waris mampu mencukupi seluruh kebutuhan yang harusnya jadi tanggung jawab Anda.

Sebelum Mengambil Asuransi Jiwa, Ketahui Dahulu Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Berikut Ini


asuransi keluarga dikategorikan dalam beberapa jenis via helwigagency.com

Ada beberapa asuransi jiwa yang beredar saat ini. Di bawah ini adalah beberapa jenis asuransi jiwa tersebut.

1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Pemegang polis asuransi jenis ini mendapat proteki dalam jangka waktu tertentu saja. Entah jangka waktu yang singkat dalam hitungan hari atau jangka waktu yang panjang dalam hitungan tahun. Penting untuk dicatat, seandainya selama dalam jangka waktu yang disepakati tak terjadi hal-hal buruk yang berisiko kematian, premi yang dibayarkan dinyatakan hangus.

Ada sejumlah kelebihan dari asuransi jiwa berjangka. Pertama, premi yang dibayarkan terbilang sangat murah. Kedua, uang pertanggungan yang diberikan nilainya besar hingga miliaran rupiah. Ketiga, boleh menentukan kebutuhan uang pertanggungan yang disesuaikan dengan kesanggupan membayar premi.

Sementara kekurangan dari asuransi jiwa berjangka seperti yang dikatakan sebelumnya adalah premi yang dibayarkan hangus begitu saja apabila kondisi pemegang polis baik-baik saja sampai jangka waktu yang disepakati berakhir.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Jika mencari proteksi seumur hidup, pakailah asuransi jiwa jenis ini. Namanya memang asuransi jiwa seumur hidup. Tapi, yang dikatakan seumur hidup menurut perusahaan asuransi cuma mencapai usia 99 tahun atau 100 tahun.

Sebagian dari premi yang dibayarkan untuk asuransi ini ditempatkan sebagai investasi. Saat waktu yang disepakati berakhir tanpa adanya risiko yang menimbulkan kematian, si pemegang polis akan mendapatkan uang hasil investasi tersebut.

Terdapat sejumlah kelebihan dalam asuransi jiwa seumur hidup. Pertama, adanya investasi yang memberikan return kepada pemegang polis. Kedua, pemegang polis terbantu investasi yang menutupi biaya premi yang tak terbayarkan. Ketiga, investasi dapat dimanfaatkan sebagai jaminan pinjaman. Keempat, hasil investasi boleh diambil selama jangka waktu asuransi belum usai.

Sementara kekurangan yang ada dalam asuransi jiwa seumur hidup, di antaranya: Pertama, premi yang dibayarkan terbilang mahal. Kedua, nilai premi yang dibayarkan dua kali premi asuransi jiwa berjangka. Ketiga, hasil investasi bisa jadi tidaklah cukup akibat adanya risiko dari segi pengelolaan ataupun inflasi.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Dikatakan sebagai asuransi jiwa dwiguna karena asuransi jenis ini menawarkan dua manfaat, yaitu sebagai asuransi berjangka dan tabungan. Saat terjadi risiko, pemegang polis akan mendapatkan uang pertanggungan. Saat itu juga pemegang polis diperbolehkan menarik investasi dari asuransi sekalipun jangka waktu belum berakhir.

Beberapa kelebihan diberikan asuransi jiwa dwiguna. Pertama, hasil investasi boleh ditarik sekalipun jangka waktu asuransi belum selesai. Kedua, jika pemegang polis meninggal, ahli waris punya hak atas uang pertanggungan penuh.

Sementara kekurangan dari asuransi jiwa dwiguna: Pertama, premi yang dibayarkan lumayan mahal sebagai konsekuensi dari manfaat ganda yang diberikan. Kedua, nilai investasinya terkadang sulit mengimbangi inflasi.

4. Asuransi Jiwa Unit Link

Ingin membayar premi untuk mendapatkan manfaat proteksi sekaligus investasi? Gunakan asuransi jiwa unit link. Bisa dibilang apa yang ditawarkan asuransi jiwa unit link sama dengan yang ditawarkan asuransi jiwa seumur hidup. Kedua asuransi tersebut sama-sama menawarkan manfaat proteksi sekaligus investasi.

Ada sejumlah kelebihan yang bisa dinikmati pemegang polis dari asuransi jiwa unit link. Pertama, dua manfaat sekaligus: proteksi dan investasi. Kedua, hasil dari investasi dapat diambil kapan saja.

Namun, sama seperti dengan asuransi lainnya, asuransi jiwa unit link juga memiliki kelemahan. Pertama, biaya preminya yang tergolong mahal sebagai konsekuensi manfaat ganda yang diberikan. Kedua, hasil investasinya masih kalah dari segi return dibanding reksa dana. Ketiga, uang pertanggungan belum dirasa mencukupi, kecuali mau membayar premi lebih. Keempat, investasi yang dikelola bisa saja gagal.

Berapa Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa yang Diberikan? Beginilah Cara Menghitungnya


asuransi jiwa memberikan uang pertanggungan bagi pemilik polis via usnews.com

Ada beberapa metode yang digunakan untuk menghitung uang pertanggungan asuransi jiwa. Di bawah ini adalah metode-metode yang umum digunakan.

  1. Human Life Value

Cara perhitungan dengan metode ini berdasarkan pendapatan rata-rata per bulan diakumulasi setahun dikali kira-kira berapa lama dana digunakan untuk kebutuhan hidup ahli waris.

  1. Income Based Value

Cara perhitungan dengan metode ini berdasarkan pendapatan rata-rata per bulan diakumulasi setahun dibagi dengan faktor pertumbuhan dana (karena dana ditempatkan di instrumen investasi).

  1. Financial Needs Based Value

Cara perhitungan dengan metode ini berdasarkan proteksi kebutuhan keuangan pada masa yang akan datang semisal dana pendidikan. Metode yang satu ini berbeda dari dua metode sebelumnya. Metode Financial Needs Based Value harus digabungkan dengan investasi yang dilakukan yang return-nya lebih dari deposito.

Miliki Sekarang demi Terjaminnya Kebutuhan Keluarga di Masa Mendatang

Peduli dengan keluarga, selain dengan memenuhi kebutuhan sehari-hari bisa dilakukan lewat asuransi. Memiliki asuransi jiwa sama artinya menjamin kebutuhan keluar di masa depan. Anda pastinya tidak mau keluarga nantinya berada dalam kondisi yang memprihatinkan. Untuk itu, selagi sempat, mulailah mengambil asuransi jiwa dari sekarang.

Contributor

300 Posts