Dipublish Pada Selasa, 2 Jan 2018 | 11:19

Jenis-Jenis Asuransi yang Mesti Keluarga Anda Gunakan

Keluarga adalah salah satu bagian yang terpenting dalam hidup. Karenanya apa pun akan dilakukan asal keluarga bahagia. Mulai dari bekerja untuk memenuhi seluruh kebutuhan keluarga, memiliki tabungan, membeli rumah, hingga memiliki kendaraan agar bisa membawa keluarga berekreasi.

Sekalipun merasa sudah mempunyai dan menyediakan apa saja yang perlu bagi keluarga, terkadang masih ada yang luput dari perhatian, yaitu proteksi dari asuransi. Alangkah percuma uang yang dikumpulkan susah payah dengan bekerja, tapi berkurang drastis karena ada risiko yang tak diinginkan menimpa keluarga.

Di sinilah asuransi membantu untuk meringankan beban kekurangan yang diakibatkan risiko tersebut. Untuk itu, ada beberapa jenis asuransi yang mesti dimiliki karena kehadirannya sangat penting dalam keluarga. Apa saja jenis-jenis asuransi tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Asuransi Jiwa


asuransi jiwa via helwigagency.com.

Jika Anda berperan besar dalam memenuhi kebutuhan keluarga, asuransi yang satu ini perlu dimiliki. Tentunya tidak mau bukan kalau sampai keluarga yang dicintai berada dalam kondisi keuangan yang sulit karena hilangnya sosok Anda yang begitu berperan? Sebab tidak ada yang tahu hal buruk seperti apa yang bisa Anda alami.

Karena itu, asuransi jiwa menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Asuransi jiwa nantinya akan berperan dalam mencukupi kebutuhan keluarga sebagai bentuk proteksinya. Singkat kata, mempunyai asuransi jiwa sama dengan mengasuransikan hidup Anda demi melindungi keluarga yang Anda cintai.

Perlu diingat sebelum Anda benar-benar memilih untuk mengambil asuransi jiwa, pastikan terlebih dahulu menghitung penghasilan yang didapatkan tiap bulan. Tidak ketinggalan juga menghitung masih berapa lama lagi Anda akan bekerja.

Cari tahu apakah asuransi jiwa yang Anda pilih meng-cover penghasilan yang tak lagi didapat karena hal buruk yang Anda alami atau tidak. Masih bingung mau pilih asuransi jiwa yang seperti apa, asuransi jiwa berjangka boleh jadi pilihan. Asuransi jiwa berjangka memberi uang pertanggungan yang besar dengan pembayaran premi yang kecil.

Selain membantu keluarga dalam mencukupi kebutuhannya, asuransi jiwa memberikan beberapa manfaat lainnya. Pertama, sebagai langkah antisipatif terhadap risiko-risiko yang ada. Kedua, menjaga keuangan keluarga. Ketiga, secara tidak langsung merupakan bentuk investasi masa depan.

2. Asuransi Kesehatan

Kesehatan mahal harganya. Bagaimana tidak? Beragam biaya yang mesti dibayarkan saat Anda dan keluarga berobat ke rumah sakit lumayan besar. Dari biaya administrasi, biaya dokter, biaya laboratorium, sampai biaya obat terasa mengambil porsi yang lumayan besar dalam pos pengeluaran. Belum lagi jika sakit yang diderita mengharuskan untuk rutin diperiksa atau rawat inap, berapa banyak biaya lagi yang akan keluar.

Tentu Anda sama sekali tak mengharapkan ini terjadi pada Anda, terutama anggota keluarga, bukan? Untungnya, keberadaan BPJS Kesehatan sangat membantu untuk urusan biaya berobat yang cukup besar tersebut. Cukup membayar premi yang terbilang murah, sejumlah biaya berobat mestinya Anda bayar telah ditanggung BPJS Kesehatan.

Demi proteksi yang maksimal bagi kesehatan keluarga dan Anda, alangkah baiknya BPJS Kesehatan yang dimiliki juga ditunjang dengan asuransi kesehatan. Bukan berita baru lagi kalau berobat dengan BPJS, antrean pasien yang berobat luar biasa panjangnya. Lain cerita bila Anda berobat dengan asuransi kesehatan. Antrean yang panjang tersebut setidaknya bisa dihindari.

Ada yang bilang premi yang dibayarkan untuk asuransi kesehatan keluarga begitu mahal. Nyatanya, tidak juga. Ada satu kasus di mana biaya rumah sakit hingga Rp40 jutaan, cukup dibayarkan Rp5 jutaan. Sisanya, perusahaan pengelola asuransi kesehatan yang meng-cover. Masihkah berpikiran asuransi kesehatan itu terlalu mahal?

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat dari asuransi kesehatan bagi keluarga. Pertama, asuransi kesehatan dapat disesuaikan dengan kebutuhan (kondisional) semisal rawat jalan, rawat inap, atau perawatan lainnya. Kedua, biaya pengobatan di-cover perusahaan asuransi (seluruhnya atau sebagian besar). Ketiga, memiliki asuransi keluarga berarti menghindarkan keuangan dari beban yang berat.

3. Asuransi Kecelakaan

Sama sekali tak diinginkan, tapi sulit dihindari. Itulah kecelakaan. Risau rasanya sampai kecelakaan dialami salah satu anggota keluarga. Katakanlah kecelakaan ringan bukanlah persoalan besar. Bagaimana jika kecelakaan berat? Bukan cuma sedih, melainkan stres karena mau tak mau mengorbankan kebutuhan lain demi menanggung biaya akibat kecelakaan.

Melihat situasi yang tak menguntungkan tersebut, asuransi kecelakaan disediakan sebagai jalan keluar. Asuransi kecelakaan menghindarkan Anda dan keluarga untuk mengeluarkan biaya yang lumayan besar yang ditimbulkan dari kecelakaan yang terjadi. Sebagai contoh, asuransi Jasa Raharja yang meng-cover akibat dari kecelakaan lalu lintas.

Untuk diperhatikan, terdapat syarat dan situasi tertentu dalam polis yang mengatur apa yang disebut sebagai kecelakaan. Seandainya saja kecelakaan yang terjadi dikarenakan Anda atau anggota keluarga mengendarai mobil dalam kondisi mabuk maka biaya yang perlu dibayarkan tidak di-cover asuransi kecelakaan.

Dengan mengambil asuransi kecelakaan, Anda dan keluarga akan merasakan beberapa manfaat. Pertama, adanya santunan yang akan diterima ahli waris. Kedua, santunan seandainya korban mengalami kecacatan. Ketiga, biaya perawatan di-cover asuransi kesehatan hingga jumlah tertentu.

4. Asuransi Rumah


asuransi rumah via king-insurance.com

Rumah yang ditempati atas jerih payah yang telah dilakukan seketika tinggal puing-puing karena kebakaran. Kerugian yang ditanggung keluarga Anda pun sangat besar angkanya. Supaya musibah yang susah tersebut jangan sampai merugikan Anda, gunakan proteksi yang diberikan asuransi rumah.

Untuk mendapatkan asuransi yang pas bagi anggota keluarga, Anda perlu teliti saat membaca isi polis dari asuransi rumah yang dipilih. Ketahui apa saja yang di-cover asuransi rumah. Penting untuk dicatat asuransi rumah bergantung pada usia bangunan dan barang-barang yang ada dalam rumah. Tidak ketinggalan untuk memastikan proteksi asuransi rumah yang diberikan juga mencakup kecelakaan kerja ketika membangun atau merenovasi rumah.

5. Asuransi Kendaraan

Saat berkendara tanpa diduga-duga, Anda atau anggota keluarga lain terlibat dalam kecelakaan. Syukurlah, Anda masih selamat. Tapi, mobil Anda mengalami kerusakan yang lumayan berat. Sejumlah biaya yang lumayan besar mesti dikeluarkan untuk perbaikan. Pengeluaran untuk perbaikan mobil ini tak sedikit memengaruhi kondisi keuangan.

Cara untuk menghindari hal tersebut adalah dengan memiliki asuransi kendaraan. Soal premi yang dibayarkan, tak usah khawatir karena uang yang mesti dibayarkan per bulannya tidak sebanyak uang yang mesti Anda bayarkan kalau tidak memakai asuransi kendaraan. Biaya premi yang terjangkau ini tak lepas dari sistem asuransi kendaraan yang berjangka.

Selain itu, banyak keuntungan dari asuransi kendaraan yang bisa dinikmati. Mulai dari terlepas dari rasa khawatir, lepas dari keharusan membayar biaya ketika mengalami kecelakaan lalu lintas, lepas dari keharusan menanggung pihak ketiga, sampai tak perlu membayar biaya servis akibat bencana alam. Anda tenang, keluarga pun aman.

6. Asuransi Pendidikan

Siapa pun mengamini pendidikan itu adalah kunci masa depan. Senang rasanya melihat keluarga sejahtera, anak-anak bersekolah, mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi. Agar rencana yang terbaik bagi masa depan berjalan dengan baik, diperlukan asuransi pendidikan.

Sebab asuransi pendidikan memberikan manfaat berupa jaminan bagi pendidikan anak-anak demi masa depannya nanti. Dan sekalipun peran dalam membiayai pendidikan hilang, anak-anak Anda tetap bisa bersekolah karena dibiayai asuransi pendidikan. Di samping itu, kehidupan keluarga juga terjamin.

7. Asuransi Pensiun


asuransi pensiun via hswstatic.com

Setelah pensiun, penghasilan yang biasa diterima setiap bulannya berhenti seketika. Praktis, kebutuhan sehari-hari keluarga bergantung dari uang pensiun yang Anda terima. Entah itu didapat dari BPJS Ketenagakerjaan ataupun Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Kadang-kadang uang yang didapat dari BPJS atau DPLK masih jauh dari kata cukup.

Inilah saatnya untuk mulai mengambil asuransi pensiun. Ciptakan masa pensiun yang bahagia dengan memiliki asuransi pensiun. Ada keuntungan yang nantinya Anda dan anggota keluarga rasakan dari asuransi pensiun saat pensiun nanti. Dari masa tua yang menjanjikan hingga rasa tenteram dalam menjalani hari-hari sebagai seorang pensiun.

Pastikan Keluarga dan Diri Anda untuk Berasuransi

Akan percuma penghasilan yang Anda kumpulkan karena habis untuk menanggung risiko dari musibah yang tak diinginkan. Sia-sia saja tabungan dan investasi yang Anda lakukan jika pada akhirnya terpakai banyak bukan untuk hal yang sudah direncanakan, tapi mengganti kerugian sebagai akibat dari risiko yang menimpa Anda. Dari sekarang mulailah segera pastikan keluarga dan diri Anda terproteksi asuransi. Dengan begitu, keuangan tetap sehat, keluarga pun tetap bahagia.

Contributor

300 Posts