Dipublish pada Selasa, 28 Feb 2017 | 11:06

5 Alasan Mengapa Samsung Galaxy A3 2017 Layak Kamu Miliki

Samsung akhirnya merilis varian Galaxy A series terbaru beberapa waktu lalu. Dalam varian ini, Samsung menghadirkan perangkat ponsel kelas menengah dengan sejumlah fitur dan teknologi yang berfungsi dengan optimal. Salah satu smartphone tersebut ialah Samsung Galaxy A3 2017.

Smartphone ini hadir untuk menyasar pengguna kelas menengah berbudget tipis. Walaupun varian terendah, smartphone ini hadir dengan spesifikasi yang cukup menggoda.

Meski diklaim cukup tangguh untuk bersaing di pasar ponsel kelas menengah, Samsung Galaxy A3 2017 sendiri memiliki beberapa kelemahan. Smartphone ini masih menggunakan sistem Android Marshmallow. Tidak hanya itu, Samsung juga masih menggunakan user interface lama. Padahal, beberapa produk ponsel Android terbaru sudah menggunakan sistem Android terbaru, Nougat, yang lebih kaya fitur. Alasan Samsung masih menggunakan sistem lama karena menganggap masih banyak bug yeng terdapat dalam Android 7.0.

Tidak hanya itu, bagi kamu pecinta smartphone dengan memori pennyimpanan besar, pasti sedikit kecewa melihat ponsel Samsung terbaru ini. Hal ini disebabkan karena Samsung hanya menggunakan memori internal 16GB saja. Untuk penggemar fotografi atau penggemar multimedia, memori internal ini tentu terasa kecil, meski masih ada dukungan slot microSD. Kelemahan lainnya tentu harga yang sedikit lebih mahal dibanding produk sekelasnya.

Walaupun demikian, tetap saja ada beberapa alasan yang membuat Samsung Galaxy A3 217 layak dimiliki. Apa saja alasan tersebut? berikut ulasannya.

Sudah Anti Air


Fitur anti air atau waterproof biasanya hanya hadir pada ponsel – ponsel Android premium, seperti yang dihadirkan Samsung pada beberapa seri Galaxy kelas atas. Untungnya, Samsung mencoba melakukan ubahan tahun ini. Samsung sudah memutuskan untuk membawa fitur premium ini ke Samsung Galaxy A3 dan Samsung Galaxy A5. Kedua smartphone ini bahkan sudah dibekali sertifikasi IP68. Fitur ini bahkan diklaim sama dengan fitur anti air yang digunakan pada Samsung Galaxy S7.

Sertifikasi IP68 sendiri akan melindungi perangkat dari air maupun debu. Bahkan perangkat tidak hanya bisa digunakan di bawah rintik hujan saja, kamu juga bisa membawa smartphone menyelam hingga kedalaman 1,5 meter dengan durasi 30 menit. Hal ini tentu kabar gembira bagi pengguna gadget yang aktif di lapangan.

Desain dan Ukuran yang Ringkas

Alasan Samsung Galaxy A3 2017 layak dimiliki ialah desan dan ukuran yang ringkas. Ini menjadi daya tarik smartphone ini. Pasalnya tren yang berkembang di beberapa produsen membuat smartphone berlayar lebar. Walaupun demikian, ternyata masih banyak pengguna smartphone yang nyaman menggunakan smartphone dengan layar kecil berukuran dibawah 5 inci. Sayangnya, hanya sedikit produsen smartphone yang memproduksi perangkat berkualitas premium dengan layar kecil saat ini. tercatat hanya Samsung dan Sony yang masih bermain di kelas ini.

Samsung Galaxy A3 terbaru sendiri hadir dengan ukuran layar 4,7 inci. Layar ini akan disokong panel Super AMOLED dan resolusi HD 1280 x 720 pixels. Hal ini membuat pengguna cukup nyaman melihat gambar dan video dengan kualitas visual yang jernih serta detail. Selain itu, Samsung juga sudah membekali layar kompak ini dengan anti gores Gorilla Glass 4 dan fitur always on display.

Baterai yang Tahan Lama

Tahun lalu, Samsung menghadirkan seri A3 dengan baterai yang cukup hemat daya. Samsung pun tetap mempertahankan fitur ini dalam versi 2017. Samsung bahkan menghadirkan baterai yang sedikit lebih besar yakni 2350 mAh dari yang semula hanya 2300 mAh. Disokong layar HD, smartphone ini kian hemat digunakan untuk harian.

Walaupun demikian, perlu diingat daya tahan baterai tetap dipengaruhi juga oleh penggunaan sehari – hari. Semakin sering kamu menonton video atau bermain game, tentu akan membuat baterai cepat habis.

Kamera Berkualitas

Pada umumnya, smartphone kelas menengah tidak dibekali fitur kamera beresolusi tinggi atau sensor yang baik. Namun, hal berbeda coba dihadirkan Samsung dalam sektor kamera Samsung Galaxy A3 2017. Tentu, sensor dan resolusi kamera yang digunakan tidak sama dengan kamera ponsel premium. Namun, kamera Samsung berukuran 13 MP dengan autofocus dan LED Flash ini sudah mumpuni menghasilkan foto kualitas terbaik.

Memang, hasil yang sempurna dari kamera seri A3 dipengaruhi juga oleh pencahayaan. Walaupun demikian kamera utama ponsel Android terbaru ini sudah cukup memadai buat harian. Tak lupa, Samsung menghadirkan kamera depan 8 MP.

Desain Mewah ala Samsung Galaxy S7

Samsung Galaxy S7 tampaknya menjadi inspirasi desain bodi pada seri Galaxy A3 dan A5. Bedanya, Samsung Galaxy A3 2017 hadir lebih ringkas dan lebih elegan. Bodi belakang pun tampak mewah meski masih mengandalkan bodi metal. Dibagian depan, Samsung juga menghadirkan sensor sidik jari yang terpasang pada tombol home.

Tentu alasan-alasan diatas membuat Samsung Galaxy A3 2017 layak dimiliki sekarang. Apalagi pada bagian mesin, ponsel Android 4G ini menggunakan chipset Exynos 7870 disokong dengan RAM 2GB. Gabungan desain dan performa yang terbaik dikelas.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 4.7 inch
Detail Prosesor 7870
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.6 GHz
GPU -
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Kapasitas Baterai 2350 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Chipset Samsung Exynos 9 Dirilis Bakal Jadi Pesaing Snapdragon 835
Samsung Galaxy Note 7 Versi Rekondisi Akan Dipasarkan Untuk Negara Berkembang
5 Kelebihan Hape Samsung Galaxy A Series 2017
Share :
Aris Wibowo

Aris Wibowo

Contributor

0

ARTIKEL TERKAIT